mendongkrak popularitas blog

Dunia perblogingan semakin tahun semakin berkembang, perkembangan tersebut ditandai dengan makin banyaknya orang orang baru yang terjun di dunia perbloggingan. Bagi seorang pemula (sama seperti saya) pasti akan dibingungkan dengan yang namanya mengembangkan sebuah blog, ada yang bilang blog akan cepat berkembang jika diisi dengan artikel yang menerapkan kaidah SEO (kita sebut saja artikel SEO). Dilain pihak, ada yang mengatakan, kalau baru terjun ke dunia perblogingan hal terbaik dalam mengembangkan blog adalah dengan mengisi blog tersebut dengan artikel-artikel yang berkualitas.

Baik artikel SEO maupun artikel berkualitas sama sama dapat mendongkrak popularitas sebuah blog. Perbedaan kedua pendapat tersebut hanya pada cara pandang masing-masing. Dan tentu ada kelemahan dan kelebihan masing masing, tergantung pada siapa yang melakukannya. Namun pada artikel kali ini saya akan membahas artikel SEO dulu, untuk Artikel Berkualitas di postingan berikutnya.

Mendongkrak Popularitas Blog dengan Artikel SEO

Apa sih artikel SEO itu?, kita pasti sering mendengar atau membaca kalimat tersebut (bukan kalimat sih, frasa mungkin). Artikel SEO terdiri dari dua kata yang memiliki arti masing masing, yakni “artikel” dan “SEO”.

Artikel sendiri berarti sebuah tulisan yang mengandung informasi tertentu, dengan minimal jumlah kata 300 dan maximal kata 2000. Artikel bisa kita temukan di media media sosial, kita bisa membaca artikel di facebook, di twitter, atau di website baik website yang bersifat personal (blog) dan website berita.

Banyaknya website website lain yang menampilkan artikel dengan informasi yang sama, maka pemilik website harus melakukan sesuatu agar artikel yang dipublishnya bisa terlihat oleh pencari lewat mesin pencari google.  Selain melakukan optimasi pada website mereka, juga harus melakukan optimasi pada artikel yang akan dipublishnya. Nah, alat atau bentuk dari optimasi tersebut adalah dengan menerapkan sistem “SEO”. Apa itu SEO?

SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization yaitu sebuah upaya untuk mengoptimasi website demi mendapatkan peringkat teratas dihasil pencarian. Dengan mendapatkan rank yang baik pada mesin pencari google potensi trafik blog atau website pun meningkat. Jadi kemungkinan orang membaca artikelmu lewat mesin pencari akan meningkat.

SEO  sendiri terbagi dalam dua macam yaitu SEO On Page dan SEO off page.

SEO On Page

SEO on page adalah langkah optimasi sebuah website yang berpacu pada internal website itu sendiri. Optimasi tersebut meliputi; permalink, judul konten, struktur konten, penggunaan heading, kecepatan website, internal linking, hingga template website yang responsif.

Maka optimasi artikel merupakan salah satu bentuk dari SEO On Page, dimana kiat membangun sebuah konten dengan artikel yang mengandung optimasi SEO On Page. Jadi kamu perlu memperhatikan permalink artikel kamu, judul artikel kamu, struktur artikel kamu dan penggunaan heading pada artikel.

SEO Of Page

Jika SEO On Page berpusat pada internal blog itu sendiri, maka SEO Off Page adalah langkah optimasi website yang dilakukan diluar website itu sendiri. Jika kamu merasa cukup dengan melakukan optimasi on page saja, maka jangan heran jika di lain hari ternyata website atau blog kamu tergeser oleh blog lain. Karena pemilik blog lain tentu melakukan optimasi yang lebih untuk menaklukan blog saingannya.

Optimasi SEO Off Page yang paling banyak dilakukan adalah dengan menanam backlink. Backlink atau external link yang menuju website kamu menjadi indikator bahwa konten kamu menjadi rujukan website lain. Semakin banyak website yang merujuk ke website kamu (apalagi jika website tersebut merupakan website yang berkualitas). Maka google akan menilai website kamu sebagai website yang kredibel dan peluang rank kamu bisa meningkat.

Bagaimana SEO itu bekerja pada sebuah artikel?

artikel seo

Salah satu optimasi SEO pada artikel yang pernah eksis adalah Keayword Stuffing. Keayword Stuffing adalah praktik memasukkan keayword yang diincar sebanyak-banyaknya pada sebuah artikel. Tehnik ini dulunya sangat efektif sekali, namun sekarng sudah tak berlaku lagi karena google telah mengupdate algoritma mesin pencari mereka. Dan menganggap teknik ini merupakan sebuah spam karena memang pada kenyataannya banyak sekali yang memasukkan kata kunci terlalu banyak pada sebuah artikel berbanding terbalik dengan kualitas artikel yang diberikan.

Maka dari itu kamu harus mengupdate pula optimasi SEO artikel kamu. Pasa update algoritma terbaru ini, google lebih memperhatikan artikel yang berisi informasi yang padat dan jelas. Untuk mendapatkan artikel yang padat dan jelas kita bisa melakukan beberapa optimasi SEO yang harus diperhatikan anatara lain:

Topik Konten

Google akan menampilkan sebuah blog yang relevan dengan kata kunci atau jenis artikel yang dicari. Jika seseorang mencari berita tentang bola, maka google hanya menampilkan blog yang mempunyai tema bola, google dapat mengetahui teman sebuah blog berdasarkan topik konten pada blog tersebut, kita mengenal itu dengan niche blog.

Yang harus kamu perhatikan adalah, kamu harus memiliki beberapa topik utama yang saling berhubungan untuk membangun struktur blog yang baik. Jadi kamu harus menentukan beberapa topik saja yang akan kamu bahas. Jangan terlalu banyak mengampil topik, karena google tidak akan memperhatikan blog tersebut.

Maka langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah paling tidak kamu memiliki 10 artikel yang saling berkaitan, semakin banyak artikel yang berkaitan maka posisi salah satu atau bahkan semua artikel tersebut untuk tampil di halaman utama google sangat besar.

Struktur Konten

Seperti yang saya sebutkan diatas, optimasi artikel merupakan bentuk optimasi SEO On Page, dan salah satu bentuk optimasi SEO pada artikel adalah dengan memperhatikan struktur pada konten kamu, struktur pada artikel kamu.

google akan memperhatikan sebuah artikel dengan permalink yang jelas. Permalink yang jelas yaitu mengandung salah satu keayword apada judul artikel dan termuat dengan jelas.  Contoh : https://blog.kamu/contoh-artikel-seo.  Contoh artikel seo merupakan keayword yang kamu incar dan termuat dengan jelas pada permalink. Contoh yang tidak termuat dengan jelas: https://blog.kamu/artikel-seo-yang . Artikel seo yang merupakan kata yang tidak jelas, karena tidak tahu yang apa yang dimaksud. Hal ini dapat membuat konten kamu kalah bersaing dengan konten lainnya.

Perhatikan Judul Artikel

Judul artikel mencerminkan isi sebuah artikel, apa yang dibahas oleh artikel tersebut. Judul yang tidak relevan dengan isi yang ada akan dianggap spam oleh google, atau dianggap sebuah konten yang tidak berkualitas. Selain judul yang relevan dengan isi artikel, yang harus diperhatikan adalah judul tersebut setidaknya mengandung sebuah kata kunci yang kamu bidik. Kata kunci tersebut adalah sebuah kata yang biasa orang ketikkan ketikan mencari sesuatu di mesin pencari.

Perhatikan Struktur Artikel

Jika kamu pengguna blogger, pastinya kamu tidak asing dengan struktur ini, karena blogger sudah memberikan templatenya ketika kita menulis sebuah artikel. Coba kamu perhatikan sisi atas samping jenis font, ada istilah heading sub heading dll, itulah yang menjadi dasar struktur artikel.

Secara umum sebuah artikel mengandung heading atau judul, subheading dan seterusnya. Headig adalah judul, tidak disebut artiel jika tidak memiliki judul. Seubheading adalah sub judul yang kamu bahas. Setelah itu adalagai subminor heading yaitu yaitu sub dari sub judul yang kamu bahas. Perhatikan contoh dabawah ini;

Manfaat Buah Jambu (judul/heading)

Isi artikel . . . . .

Manfaat untuk ibu hamil (subheading)

Isi artikel . . . .

Jus jambu (subminor heading)

Isi artikel . . .

Mengincar posisi teratas pada halaman hasil pencarian adalah hal yang wajib bagi seorang conten keraor website atau blog. Karena dengan itulah konten atau artikel buatan kita dapat dibaca oleh orang banyak. Mungkin segini dulu apa yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat sampai jumpa di artikel berikutnya . . .

Image Source : Image by Tumisu from Pixabay dan Image by Photo Mix from Pixabay

9 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Contoh Artikel Blog yang Tidak Melanggar Kebijakan Adsense

albabbarrosa – Terdaftar sebagai mitra kerja Adsense memang menjadi impian kebanyakan blogger,…

Cara Mempercepat Index Artikel Blog di Google

Salah satu usaha yang harus dilakukan oleh seorang blogger adalah, bagaimana agar…

Cara Membuat Sitemap Keren, Simpel, dan Responsive

Jumpa lagi nih di blog albabbarrosa.com, Kali ini saya akan membagikan sedikit…

Tips Menulis Artikel di Blog Sampai 500 Kata, 800 Kata Bahkan Lebih

albabbarrosa – Selain tampilan blog yang menarik dan elegan, sebuah blog dikatakan…