artikel berkualitas

Jika kemarin saya sudah membahas tentang cara mendongkrak popularitas blog dengan Artikel SEO, maka kali ini saya akan membahasnya dengan artikel berkualitas.

Well, the core of the usaha (kata pak ndul) atau fokus usaha seorang blogger adalah bagaimana agar blog mereka bisa diakses oleh semua orang. Baik secara manual yakni dengan mengakses domain blog, atau mengaksesnya lewat mesin pencari lewat kata kunci yang dimasukkan oleh pencari informasi.

Setiap judul dari artikel mereka (blogger) pasti mengandung beberapa kata kunci yang dapat muncul ketika orang mencarinya lewat google. Dan butuh usaha agar artikel tersebut bisa bersaing dan mendapatkan posisi, dan itu sudah saya bahas kemarin, yakni dengan mengoptimasi artikel tersebut agar menjadi Seo On Page.

Namun tidak semua blogger memperhatikan SEO On Page pada artikel mereka, hanya blogger-blogger yang mengenal tentang persaingan kata kunci di mesin pencari google lah yang menerapkan optimasi tersebut.

Coba kamu perhatikan apakah blog yang bersifat personal, yang membahas tentang cerita sehari-hari, atau vlogging, share pengalaman dan motivasi, puisi, cinta dan novel menerapkan SEO On Page pada artikel yang mereka tulis?. Tentu tidak, yang mereka perhatikan adalah bagaimana mereka menulis artikel yang berkualitas dan layak untuk dibaca dengan maksud menghibur, momotivasi, mendidik dan lain-lain.

So, apakah artikel berkualitas dapat bersaing dengan artikel SEO?. Well, harusnya kita tidak perlu membandingkan kedua jenis artikel ini karena mereka mempunyai pasarnya masing-masing. Tapi menarik juga untuk dibahas, karena ada beberapa (ya walaupun sedikit) blogger yang membahas niche yang seharusnya mengedepankan kualitas artikel, tetapi malah dibuat dengan SEO On Page yang tentu kualitas tulisan atau isinya kalah dengan artikel yang berkualitas tadi. Hanya saja dia menggunakan prinsip SEO On Page untuk mencoba melawan artikel berkualitas di mesin pencari google.

Bagaimana Artikel Berkualitas Itu

artikel berkualitas

Artikel Orisinil Bukan Hasil Comot Sana Sini

Orisinil merupakan produk asli dengan kedudukannya yang mendasar, tidak terpengaruh oleh ide manapun. Kalau dalam sebuah artikel, orisinil adalah tulisan yang dibuat secara utuh sebagai hasil karya dari pemikiran sang penulis, dengan sudut pandang dari sang penulis itu sendiri. Jadi meskipun topiknya sudah banyak dibahas, namun artikel tersebut menjadi orisinil karena pembahasannya yang berbeda dengan artikel-artikel yang sudah ada. Jika penulis tersebut sudah mempunyai ciri  khas, maka ciri khas tersebut terlihat pada artikel yang ditulisnya.

Untuk artikel yang membutuhkan sumber data, maka pengambilan sumber tidak dilakukan secara mentah-mentah dengan langsung mengutipnya, penulis bisa menggunakan teknik pharafrase agar keorisinilan artikel tersebut masih ada. Artikel informasi tanpa sumber bisa menurunkan kualitas dan kredibilitas artikel tersebut, kecuali jika artikel tersebut berupa cerpen, motivasi, atau pengalaman pribadi.

Artikel Membahas Secara Padat dan Jelas

Kuantitas tidak selamanya mencerminkan kualitas. Artikel dengan total jumlah kata yang bejibun belum tentu berupa artikel yang berkualitas, karena kualitas tidak diukur dengan kuantitas saja. Bisa saja artikel tersebut memiliki jumlah kata sampai 1000 kata, namun pembahasaanya itu itu saja diulang sampai berkali kali seperti ketika menjelaskan sesuatu kepada emak.

Artikel harus berisi informasi yang dimuat secara padat dan jelas, menjelaskan informasi secara bertele-tele akan membuat pembaca malas untuk meneruskan sampai akhir. Jika dirasa dengan jumlah 500 kata informasi sudah dapat tersampaikan maka tak perlu lagi menambah pharagrap yang terperlu yang isinya hanya mengulas lagi pharagrap yang sudah ada. Kalau mau menambahkan informasi lagi, maka tambahkanlah informasi yang masih berkaitan dengan pharagrap yang sudah ada. (saya sendiri pun masih bertele-tele hehe)

Artikel Terstruktur

Artikel yang dibangun secara terstruktur akan enak dibaca dan memuat pembaca betah menyelesaikan membaca artikel tersebut. Artikel terstruktur adalah artikel yang dibuat dengan struktur yang baik, ada yang namanya sub heading dan subminor heading.

Artikel terstruktur biasanya dimulai dengan membahas latar belakang masalah yang dibahas, agar pembaca bisa fokus dengan materi yang ada pada artikel. Penulispun tidak akan melenceng kemana-mana jika tahu latar belakang dari masalah yang ia tulis pada artikel tersebut.

Setelah membahas latar belakang masalahnya, dilanjutkan dengan isi atau materi yang terangkum dalam sub heading dan subminor heading. Dengan adanya kedua hal tersebut pikiran pembaca tidak akan kemana-mana karena mereka fokus terhadap sub heading atau subminor heading yang ada. Selain itu artikel juga enak dibaca karena tersusun secara sistematis.

Bagaimana Artikel Berkualitas Menaikkan Popularitas Blog

menaikkan popularitas blog

Menjadi Pilihan Bagi Pembaca

Jika artike SEO diakses dan dibaca karena menang dalam persaingan di mesin pencari. Berbeda dengan artikel berkualitas yang diakses pembaca karena menjadi pilihan utama ketika mencari informasi. Sebagai contoh; Meskipun banyak sekali blog tentang kunci gitar, tentu kamu punya satu blog yang menjadi kesukaan kamu. Jadi meskipun blog tersebut tidak tampil dihalaman pertama, kamu akan mencarinya sampai kehalaman kedua. Karena kamu merasa cocok dengan blog tersebut, mungkin karena chordnya yang lengkap atau fitur dari blog tersebut yang kamu suka.

Dengan membangun artikel berkualitas, maka blog kamu akan memndapatkan visitornya sendiri bisa jadi malah visitor langganan yang ingin mencari informasi di blog kamu. Apalagi jika blog kamu membahas tentang cerpen atau cerita motivasi. Sebuah produk memiliki pelanggan karena produk tersebut menghadirkan sesuatu yang lain dan bisa mencukupi kebutuhan konsumen.

Google Menyukai Konten yang Penuh Informasi

Pada update terbaru algoritma google, google menyatakan tidak akan menayangkan iklan adsense pada konten yang sedikit berisi informasi, atau berisi informasi duplikat. Maka secara tidak langsung algoritma mesin pencari google akan menyangkan artikel yang berisi informasi dan bukan hasil dari copy paste pada halaman pencarian. Meskipun blog kamu kalah secara skor seonya tapi blog kamu unggul karena memiliki artikel yang berkualitas.

Semakin banyak artikel berkualitas pada blog kamu, maka kredibilitas blog kamu dimata google akan semakin baik. Jadi bukan tidak mungkin blog kamu akan berada pada halaman pertama karena disarankan oleh google sebagai blog dengan informasi yang lengkap. Maka sangat disarankan untuk membangun sebuah blog dengan niche yang benar benar kamu kuasai jika kamu ingin menarget artikel berkualitas.

Bersaing dengan kualitas artikel, maka kamu akan mendapatkan SEO secara alami tanpa harus melakukan optimasi. Dan ini tentu butuh waktu bertahun-tahun agar blog kamu dinilai sebagai blog yang kredibel oleh google.

Karena waktu yang lama itulah sangat sedikit sekali blog yang dapat bertahan dengan hanya mengandalkan kualitas artikel dan kualitas blog. Kebanyakan yang bertahan adalah blog yang bersifat personal, karena blog personal tidak memiliki target tertentu, mereka hanya memikirkan bagaimana agar mereka bisa memberikan yang terbaik kepada pembaca artikel mereka.

7 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Syarat Minimal Blog Agar Diterima Adsense

Artikel tentang adsense memang tak pernah lepas dari pembahasan tips blogging dan…

Macam-Macam Penghasilan Dari Dunia Blog

albabbarrosa – Perkembangnya dunia teknologi informasi membawa keberkahan kepada beberapa kalangan tertentu.…

Cara Mendongkrak Popularitas Blog dengan Artikel SEO

Dunia perblogingan semakin tahun semakin berkembang, perkembangan tersebut ditandai dengan makin banyaknya…

Cara Membuat Menu Navigasi Sidebar Keren di Blog

Halo sobat blogger semua, setelah kemarin saya memberikan tutorial cara membuat sticky…