template legal vs ilegal

Selain artikel berkualitas, hal yang sangat diperhatikan oleh blogger adalah template yang digunakan di blog mereka. Setiap blogger mempunyai selera sendiri untuk memilih template. Ada yang suka template responsive, fast loading, elegant, futuristik dan banyak lainnya.

Terlepas dari jenis template tersebut, ada dua cara bagi blogger untuk mendapatkan sebuah template kesukaannya. Bisa dengan cara legal ataupun dengan cara yang ilegal. Yang ilegal sudah barang tentu gratis, bisa juga berbayar tapi dengan harga yang lebih murah, dan yang legal bisa gratis bisa berbayar tergantung penyedia template.

Mana yang lebih baik dan lebih aman? Template blog ilegal atau template blog legal? Sudah pasti yang legal ya. Lalu, apakah template blog yang ilegal, hasil nulled, nyolong dari blog berbahaya untuk blog?

Kalau Bisa Gratis Kenapa Harus Berbayar

Kenapa ada template yang berbayar? Karena template tersebut premium. Premium disini dapat berupa template tersebut memiliki kualitas yang bagus untuk perkembangan blog, dapat update dari pembuat template, tampilan begitu elegan, disertai panduan pemasangan dan pemeliharaan template.

Template berbayar tersebut dijual kisaran harga 100 ribuan sampai 300 ribuan. Tidak terlalu mahal sebenarnya, hanya terlihat mahal ketika kita sedang pengangguran dan tidak punya uang hehe. Template berbayar tersebut seperti, Viomagz buatan mas sugeng, igniplex buatan mba igniel, kompi template buatan mas adhi suryadi dan banyak lainnya.

Namun sekarang banyak kita temukan template template premium dapat kita download secara gratis. Dan peminatnya juga banyak sekali, saya sendiri punya beberapa template premium hasil download sana sini, namun hanya saya pakai di blog blog percobaan.

Siapa yang tidak tertarik dengan barang premium tapi didapatkan dengan gratis, hal yang sudah menjadi kebiasaan di kehidupan ini dan kayaknya susah dihilangkan.

Kenapa Harus kamu Gratiskan Template Premium Itu

Yang menjadi fokus perhatian saya adalah, kenapa template premium tersebut kamu gratiskan? Mereka pasti mendapatkan template premium dengan membelinya, kemudian dishare secara Cuma Cuma diblog mereka agar mendapatkan visitor. Bisa juga dia mendapatkan template tersebut dengan cara tertentu entah bagaimana kemudian dishare di blog mereka.

Saya sendiri sih yakin rejeki sudah ada yang mengatur, dan pembuat templatenya pun saya rasa bodoh amat dengan beredarnya template mereka secara gratis. Karena dia percaya pembeli tetap akan berdatangan. Beri applause untuk pembuat template.

Kalau dishare secara pribadi sih (misal dikasih ke temannya lewat WA, atau dikasih ke pacarnya) mungkin baik baik saja. Tapi ini tuh dishare di blog loh, kan jadi download deh saya hehe. Bagusnya tuh kalau kamu ingin membagi sesuatu yang kamu beli, bagilah secara diam diam biar pahalanya lebih besar.

Apa Kelebihan Template premium?


Template itu dikasih label premium tentu bukan asal asalan ya, pasti ada kelebihan yang dimilki template tersebut. Kelebihan itulah yang membuatnya dihargai bukan digratiskan. Meskipun kelebihan itu sifatnya relatif dan subjektif sih, tap tetap saja ada hal yang tak dimiliki oleh template gratis.

Kalau kamu pake template gratis ada kan credit dibagian footer (template by : albabbarrosa misalnya). Credit tersebut sebagai tanda bahwa itu template buatan dia, agar orang lain yang tertarik tahu dimana bisa mendapatkan template tersebut.

Beberapa orang menganggap credit footer tersebut membuat tampilan blog kurang proffesional. Karena blog milik dia, dia tidak ingin ada nama orang lain yang bersemayam di blognya. Untuk itulah dia lebih memilih template premium yang no credit footer. Jadi seolah template tersebut ya milik blognya dia.

Fast Loading

Kalau yang satu ini, menurut saya template premium bukan jaminan untuk mendapatkan fast loading. Tapi memang kebanyakan template premium fast loading, coba saja kamu perhatikan template viomagz, loading cepat sekali bukan.

Ternyata, template gratisan juga ada loh yang fast loading, dan banyak kok beredar di internet, salah satunya ya template yang saya pake ini. Namanya fiksioner buatan mba Igniel, untuk urusan fast loading jangan diremehin ya, karena skornya sama dengan template viomagz.

Jadi kalau acuanmu Cuma fast loading saja, mending cari yang grtatisan, banyak juga yang fast loading.

Design Elegan

Mungkin ini yang menjadikannya sebagai template premium, karena designnya yang elegan, membuat blog kita lebih enak dipandang dan membuat pengunjung betah deh berlama lama di blog.

Yah meskipun elegan itu ukurannya relatif, tapi memang saya akui template premium itu sangatlah elegan. Kalau dibandingkan dengan template gratis yang elegan template premium lebih elegan lagi.

Elegan itu identik dengan loadingnya yang lama, itu kalau template gratis, beda dengan template premium. Dia sudah elegan, loadingnya juga cepat, karena elegannya template premium itu di optimasi oleh pembuat templatenya.

Fitur Fitur Unggulan

Dan yang terakhir inilah yang dinanti nanti oleh pencari template. Fitur unggulan menjadi pembeda setiap template yang ada. Bisa dikatakan wahnya template itu karena fitur fitur unggulan ini. Berbeda dengan template gratis yang fiturnya itu itu saja.

Contoh fitur unggulan yang ada pada template viomagz adalah, terdapat slot untuk iklan ditengah artikel, jadi tidak perlu masuk ke html satu persatu untuk sekedar memasang iklan ditengah artikel.

Saya Lebih Memilih yang Mana, Template Ilegal atau Ilegal

Kalau saya dihadpakan dengan dua pilihan antara template gratis legal dan template gratis tapi ilegal, jelas saya pilih keduanya, hehe, tapi hanya sekedar untuk koleksi, untuk mengulik bagaimana script pada template premium tersebut.

Tapi kalau untuk pemasangan jelas saya lebih memilih template yang gratis dan legal, meskipun kalah dibeberapa sisi. Saya menghargai yang punya template (sebenarnya takut kalau kena report sama takut kalau ada enscripted script, namanya juga barang ilegal)

Bagi saya semua template itu hampir sama kok, hanya berbeda pada fitur fitur yang diusung. Dan itu pun bagi saya tidak terlalu berpengaruh, karena yang paling bepengaruh pada sebuah blog adalah kontennya, content is king.

Semoga tips kali ini bermanfaat, sampai jumpa di tips tips berikutnya. . . .

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Cara Mendongkrak Popularitas Blog dengan Artikel SEO

Dunia perblogingan semakin tahun semakin berkembang, perkembangan tersebut ditandai dengan makin banyaknya…

Script Membuat Menu Melayang di Blog Simpel

Halo sobat blogger semua, kali ini albabbarrosa akan memberikan tutorial membuat menu…

Review Mediabacklink : Situs jual Beli Backlink Berkualitas Untuk Pemula dan Expert

albabbarrosa – Jasa backlink PBN kian marak beredar, itu menandakan persaingan di…

Tips Memilih Judul Artikel Blog Agar mudah Terindeks Google

Image by Photo Mix from Pixabay ¬† Dalam menulis sebuah artikel, selain…