albabbarrosa – Kota Semarang ternyata memiliki banyak tempat wisata dengan nuansa alam dan perbukitan yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata bukit di Semarang cocok dijadikan sebagai tempat untuk menghabiskan liburan dan menenangkan pikiran.

Tempat wisata semarang dengan nuansa bukit menjadi destinasi wisata yang tepat untuk healing jiwa kita. Apalagi hampir semua tempat wisata bukit di semarang bisa kita akses dengan mudah baik dengan motor ataupun mobil. Berikut beberapa daftar wisata bukit di Semarang yang lagi hits dan masih buka saat pandemi corona.

Gardu Pandang Lereng Kelir

View bukit gardu pandang lereng kelir
  • Jam Buka : Loket buka pagi sampai sore
  • Tiket Masuk : 7000 (week day + parkir) 5000 (hari biasa + parkir)
  • Fasilitas : Camping area, Toilet, Warung Makan
  • View dari atas : Rawa Pening, Deretan perbukitan, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo

Tempat wisata bukit semarang yang pertama adalah Bukit Gardu Pandang Lereng Keli. Destinasi wisata ini berupa bukit di wilayah pegunungan kelir yang menjadi salah satu tempat terkenal di Semarang. Anda bisa melihat pemandangan yang memanjakan mata dari Gardu Pandang di lereng kelir tesebut.

Dari loket ke puncak bukit kita harus jalan kaki selama hampir 2 jam, atau jika mau lebih hemat waktu dan tenaga bisa ngojek dengan ongkos 50RB PP. Jika kamu menggunakan mobil yang hanya bisa sampai di depan loket, kamu bisa parkir mobil kamu di area parkir dekat loket masuk.

Jika kamu memilih untuk berjalan kaki menuju puncak, kamu akan mendapati beberap pos untuk berisitirahat, total ada 5 pos hingga sampai di puncak bukit gardu pandang lereng kelir.

Baca Juga :  5 Wisata Bukit di Jawa Tengah untuk Camping

Pemandangan di wisata ini terdiri dari kombinasi antara area pertanian, hutan, gunung, dan perkotaan yang terlihat unik. Pastikan bahwa Anda membawa ponsel atau kamera untuk mengabadikan pemandangan tersebut dan setiap momen di Gardu Pandang.

Gardu Pandang memang sangat sederhana dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau pastinya. Di samping itu, kondisi alam di wisata ini masih terjaga dan udaranya juga segar, sehingga sangat cocok untuk menenangkan diri dari keramaian kota.

Bukit Cinta Rawa Pening

View bukit cinta rawa pening
  • Jam Buka : Pagi sampai Sore
  • Tiket Masuk : 10 rb untuk satu orang dan 5000 untuk parkir kendaraan
  • Fasilitas : Rumah Makan, Toilet, Musholla,
  • View : Rawa Pening, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo

Bukit Cinta Rawa Pening merupakan destinasi wisata di Semarang yang sudah berhasil menarik pengunjung dari berbagai daerah. Apalagi tempat wisata ini sudah direnovasi yang membuat tampilannya cukup unik. Semenjak di renovasi penampilannya semakin cantik. Banyak spot foto keren, Buat pengunjung yang hobi berfoto, dijamin betah berlama lama di sini.

Bukit Cinta Ambarawa atau disebut juga dengan Bukit Cinta Rawa Pening merupakan objek wisata alam terbuka, dengan konten utama wisata air berupa Rawa Pening yang luas.

Saat baru pertama kali masuk, Anda akan disambut dengan replika mulut naga raksasa yang berfungsi sebagai loket. Selanjutnya, Anda akan langsung merasakan udara yang terasa segar dan sejuk saat melewati mulut naga tersebut.

Untuk menyaksikan pemandangan dari atas bukit yang indah, Anda harus menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu. Pengunjung akan menemukan banyak spot foto instagramable dan fasilitas menarik yang disuguhkan di Bukit Cinta Rawa Pening.

Walaupun lokasinya agak jauh dari jalur Semarang-Solo sekitar 7,5km namun jalan akses keluar masuk ke lokasi ini sangat mudah dan bagus karena kualitas pengaspalan jalan raya yang tinggi. Obyek wisata alam Bukit Cinta berlokasi di jalan raya Muncul, desa Kebondowo, kecamatan Banyubiru kabupaten Semarang

Baca Juga :  5 Destinasi Tempat Ngecamp Di Jawa Tengah, Mudah Dijangkau!

Brown Canyon

View bukit brown canyon semarang
  • Jam Buka : Buka 24 jam (Tidak ada pengelola)
  • Tiket Masuk : Tidak ada tiket masuk (tidak dikelola)
  • Fasilitas : Tidak ada fasilitas toilet (tidak ada pengelola)
  • View : Tebing coklat bekas tambang batu padas, Rumput ilalang

Daftar wisata bukit di Semarang selanjutnya, yaitu Brown Canyon yang terbentuk akibat aktivitas penambangan. Mulanya, Brown Canyon adalah sebuah bukit yang dikeruk karena aktivitas pertambangan, sehingga tersisa tebing saja.

Ternyata tebing sisa pertambangan tersebut terlihat sangat eksotis, sehingga saat ini dijadikan sebagai tempat wisata. Brown Canyon sangat cocok dikunjungi oleh para pecinta fotografi dengan nuansa alam karena banyak spot menarik, terutama saat menjelang pagi dan sore hari.

Pada bagian bawah, Anda akan menemukan genangan air yang menampilkan pantulan tebing dengang sangat cantik. Tempat wisata unik tersebut terletak di Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Rute enuju Brown Canyon semarang ada 2 jalur utama. Lewat tembalang pasar mateseh ke timur jl raya rowosari ikuti jalan utama yg halus beton saja, maka ketika Anda sudah masuk ke jalan berlumpur atau jalan tanah berdebu berarti Anda sudah dekat Brown Canyon. Jika dari arah pucang gading atau perumnas klipang di seberang sungai Anda bisa jalur ke selatan dengan jalan yang tidak rata.

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti terletak di lereng Ungaran dimana tempat wisata ini menyediakan berbagai fasilitas menarik dengan latar belakang bukit dan pegunungan. Salah satu fasilitas yang patut dicoba di tempat wisata ini berupa taman renang alam.

Taman renang alam sendiri terdiri dari 3 kolam dengan kedalam yang berbeda-beda dan bentuknya unik. Ada juga wahana yang bisa memacu adrenalin dari ketinggian, seperti bermain flying fox misalnya.

Baca Juga :  Daftar Tempat Wisata Bukit di Jogja Bisa Untuk Camp

Pengunjung juga bisa menyewa ATV untuk berkendara di tempat tersebut. Ada juga fasilitas untuk terbang dengan paralayang yang pastinya akan sangat seru untuk dicaba. Satu lagi hal yang tidak boleh dilewatkan adalah fasiitas sewa kuda.

Bantir Hills

Destinasi yang masuk daftar wisata bukit di Semarang recommended berikutnya yaitu Bantir Hills yang menyediakan banyak spot foto menarik. Di tempat ini, Anda akan menemukan banyak fasilitas gardu pandang yang bisa dimanfaatkan untuk melihat pemandangan indah Kota Semarang dari ketinggian. Anda akan merasakan kenyamanan tersendiri saat berkunjung ke Bantir Hills karena udaranya sangat sejuk. Nuansa perbukitan yang asri juga akan membuat Anda merasa lebih tenang dan semua penat akan hilang setelah berkunjung ke tempat wisata ini.