albabbarrosa Daftar Wisata Bukit di Wonosobo. Wonosobo menjadi salah satu tempat tujuan favorit untuk berwisata karena dikenal sebagai daerah yang memiliki keindahan alam dan pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Berikut 7 daftar wisata bukit di Wonosobo yang wajib Anda kunjungi.

Bukit Siloreng Indah

Rekomendasi wisata bukit di Wonosobo yang pertama adalah Bukit Siloreng Indah. Bukit ini berada di Desa Semogede, Wadaslintang dengan ketinggian 800 mdpl. Bagi Anda yang mencari tempat wisata dengan panorama indah serta spot foto yang menarik, tempat ini cocok untuk dikunjungi.

Meskipun termasuk tempat wisata baru, Bukit Siolereng Indah sudah dilengkapi dengan sunset dan sunrise view serta wahana adrenalin. Selain itu, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang mendukung lainnya seperti camp site, toilet, tempat parkir, dan warung makan.

Bukit Sikunir

Bukit yang berada di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar ini menyajikan pemandangan ketinggian yang indah dan eksotis. Anda bisa mendapatkan pemandangan golden sunrise maupun golgen sunset terbaik di Wonosobo. Tempat wisata ini berada di ketinggian 2.200 mpdl.

Nama sikunir berasal dari kata “kunir” atau kunyit. Penyebutan ini karena sinar matahari ketika sunrise berwarna kekuningan mirip kunir. Selain keindahan golden sunrise, bukit sekunir juga akan menyuguhkan pemandangan pegunungan-pegunungan di sekitar bukit yang tidak kalah eksotis.

Bukit Cinta Lembah Seroja

Bukit ini menampilkan pemandangan Telaga Menjer dengan keindahannya tersendiri. Bukit Seroja juga menyajikan pemandangan perkebunan teh yang sangat menyejukkan. Anda dapat menikmati keindahan alam dari Bukit Seroja dengan santai di surau maupun gazebo yang sudah disediakan.

Baca Juga :  5 Wisata Bukit di Jawa Tengah untuk Camping

Bukit Kekeb Paralayang

Daftar wisata bukit di Wonosobo selanjutnya yaitu Bukit Kekeb Paralayang. Bagi Anda yang ingin memacu adrenalin dengan terbang diatas ketinggian, Bukit Kekeb menjadi salah satu pilihannya. Bukit ini memiliki spot paralayang dengan pemandangan pegunungan yang  eksotis.

Bukit ini terletak di kawasan Desa Lengkong, Garung. Kegiatan paralayang di bukit ini mengandalkan angin setempat serta dapat dilakukan kapan saja karena tidak terpengaruh oleh musim. Anda dapat menikmati sensasi terbang selama 15-20 menit untuk sekali take off.

Bukit Sembrani

Bukit Sembrani terletak di Desa Krinjing, Kecamatan Watumalang. Tempat ini terletak di ketinggian 1.500 mdpl di bawah kaki Gunung Bisma. Bukit ini disebut dengan objek wisata religi karena terdapat beberapa petilasan dan menyimpan cerita para pejuang di kawasan Dieng.

Bukit Petak 9 Dieng

Objek wisata ini berada di Bukit Sidengkeng yaitu bukit yang terletak di area Wisata Telaga Warna. Tempat wisata ini menyajikan pemandangan Telaga Warna serta Telaga Pengilon yang menakjubkan. Pemandangan tersebut semakin indah dengan adanya pegunungan di sekitarnya.

Kawasan ini dilengkapi dengan spot foto berupa rumah pohon dengan panorama Telaga Warna sebagai latar belakangnya. Selain itu, juga terdapat area camping bagi Anda yang menginginkan bermalam disana. 

Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng terletak di Desa Tieng, kawasan Dieng dengan ketinggian 1.800 mdpl. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat istirahat atau pemberhentian bagi wisatawan yang akan pergi ke Dieng. Tempat ini sering disebut sebagai negeri atas awan oleh para pengunjung.

Ketika berada di kawasan perbukitan ini, Anda akan melihat lanskap pedesaan Tieng dan perbukitan sekelilingnya yang sangat asri. Tempat ini juga menyediakan pemandangan perkebunan sayur yang akan memanjakan mata Anda.

Baca Juga :  Daftar Tempat Wisata Bukit di Jogja Bisa Untuk Camp

Itulah beberapa daftar wisata bukit di Wonosobo. Rekomendasi tempat wisata tersebut dapat Anda gunakan sebagai referensi jika menginginkan tempat wisata dengan nuansa bukit.