albabbarrosa – Daftar Wisata Bukit di Jawa Tengah. Perbukitan adalah salah satu tempat yang dapat digunakan untuk camping karena menyajikan udara yang segar dan pemandangan yang indah. Lalu, dimana saja perbukitan di Jawa Tengah yang bisa digunakan untuk camping? Yuk simak 5 wisata bukit di Jawa Tengah untuk camping berikut ini.

Bukit Gambangan Camping Ground

Objek wisata untuk camping dengan nuansa bukit yang pertama adalah Bukit Gambangan Camping Ground yang terletak di Desa Banyumudal, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Nuansa pegunungan sangat terasa ketika berada di bukit ini karena letaknya di lereng Gunung Slamet.

Bukit Gambangan menyajikan pemandangan berupa pepohonan pinus yang rindang dengan suasana sejuk dan asri. Selain area camping, tempat ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti warung makan, mushola, toilet, hall, area parkir, dan lain sebagainya.

Sunrise Camp Gunung Prau

Salah satu lokasi untuk camping yang tidak boleh terlewatkan adalah Sunrise Camp Gubung Prau. Tempat ini berada di Desa Purwosari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal. Jika melakukan pendakian dan camping disana, Anda akan disajikan panorama Gunung Prau yang menawan.

Waktu terbaik untuk camping di tempat ini adalah saat musim kemarau karena akan menampilkan pemandangan yang sangat eksotis. Ketika berada di lokasi tersebut, Anda akan dimanjakan dengan panorama beberapa gunung disekitarnya seperti Gunung Sindoro-Sumbing, Merbabu, dan Lawu.

Jam operasional Sunrice Camp Gunung Prau dibuka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB dengan tiket masuk seharga Rp. 25.000. Terdapat 3 jalur yang dapat dilalui jika ingin camping di tempat ini yaitu melalui jalur Praten, jalur Patak Banteng – Wonosobo, serta jalur Kenjuran – Kendal.

Baca Juga :  Daftar Wisata Bukit di Wonosobo dengan View Terbaik

Bukit Rajawali

Wisata bukit di Jawa Tengah untuk camping selanjutnya adalah Bukit Rajawali. Bukit Rajawali merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Banyumas. Bukit ini menyajikan pemandangan alam yang asri dan menakjubkan.

Bukit Rajawali menyuguhkan pemandangan sunrise yang dapat memanjakan mata Anda. Selain itu, Anda dapat melihat keindahan panorama Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro disini. Jika beruntung, Anda akan melihat burung rajawali yang terbang melintas di atas perbukitan tersebut.

Bukit Njelir

Bukit Njelir berada di kawasan Desa Siwarak, Karangreja, Purbalingga. Anda akan disuguhkan pemandangan yang eksotis dan udara sejuk khas pegunungan jika berkemah di Bukit Njelir. Selain itu, Anda juga bisa menikmati sunrise yang tidak kalah menakjubkan dibandingkan tempat yang lain.

Bukit yang berada di ketinggian 1.000 mdpl ini dapat ditempuh dengan perjalanan kurang dari satu jam. Lelahnya perjalanan tersebut akan terbayarkan dengan keindahan pemandangan disekitar bukit dan adanya lautan awan yang sangat instagramable.

Mawar Camp

Mawar Camp adalah tempat perkemahan yang dijadikan basecamp oleh para pendaki Gunung Ungaran. Tempat ini terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Mawar Camp menyediakan suasana khas pegunungan dengan udara yang sangat sejuk.

Bagi Anda yang tidak ingin ribet membawa peralatan camping jangan khawatir, tempat ini sudah menyediakan penyewaaan perlengkapan untuk camping. Harga tiket masuk di Mawar Camp adalah Rp. 10.000/orang, sedangkan untuk kendaraan Rp. 10.000 untuk mobil dan Rp. 5.000 untuk motor.

Itulah beberapa rekomendasi wisata bukit di Jawa Tengah untuk camping. Beberapa rekomendasi tersebut bisa menjadi pilihan Anda apabila ingin mengisi liburan dengan camping sambil melepas penat. Suasana perbukitan yang sejuk dan asri akan membuat Anda lebih fresh dan rileks.