Jika Pohon di Bumi Habis

Bumi Tanpa Pohon – Alam semesta kita ini di ciptakan Allah dengan sangat kompleks, tak ada satupun yang tidak mempunyai manfaat atau tidak berguna. dan diciptakanlah sebuah benda yang begitu besar dengan kekuatan panas yang tak bisa kita ukur berapa derajat panas dari benda tersebut, dialah matahari. Siapa sangka ternyata benda yang sangat panas tersebut sangat penting bagi kehidupan.

Lalu bagaimana dengan bumi kita ini, tempat yang sudah ditinggali selama ribuan tahun ini. Bumi memiliki sifat merawat dan menghidupi, kebaikan yang teramat besar sampai kita tidak mungkin bisa membalas jasanya. Bumi kita terlampau baik, kau lukai tubuhnya, kau sisipkan duri, kau basahi dia, bukannya marah dia malah menumbuhkan sesuatu yang menghidupi kita. Buahnya kita makan, batangnya kita bikin rumah, daunnya untuk pakan ternak, dan dia dengan suka rela memberikan oksigen kamu agar bisa terus hidup dan menikmati hasilnya. ( Cerita tentang tatasurya – Karya anak SD)

Tahukah kamu bahwa 71% permukaan bumi di tutupi air, dan sisanya ditumbuhi pohon sebanyak 3 Triliun (data ini berdasarkan survei pada tahun 2015) dan 1,39 triliun pohon tersebut tumbuh di daerah hutan tropis dan sub-tropis. Sedangkan di Indonesia – yang masuk menjadi salah satu paru-paru dunia – mempunyai hutan tropis seluas 128 juta hektare, coba kalau dihitung ada berapa milyar pohon itu.

Sudah Cukup Banyakkah Pohon di Bumi?

Kenapa kita harus tahu, sudah cukup banyak atau belum pohon di bumi ini. Mengingat sekarang sudah banyak sekali deforestasi, ( pengalihan fungsi hutan menjadi perkampungan atau perusahaan pertambangan dan lain-lain) kebakaran hutan, yang tentu mengurangi jumlah pohon dalam jumlah yang banyak.

Seperti yang sudah kita tahu bahwa, pohon merupakan penghasil oksigen bagi manusia. Dan tahukah kamu bahwa satu pohon besar bisa menghasilkan oksigen yang cukup untuk menghidupi 2 orang dewasa selama satu tahun. Sekarang kita coba hitung berapa oksigen yang diperlukan orang dewasa dalam satu hari. Ternyata satu orang dewasa menghirup sebanyak kurang lebih 2200 liter dalam bentuk oksigen perhari. Jika satu pohon bisa menghidupi dua orang dalam satu hari, berarti satu pohon besar menghasilkan 4400 liter oksigen perhari.

Sekarang coba kita bandingkan jumlah pohon di bumi dan jumlah manusia di bumi (anggap saja semuanya manusia dewasa)

Jumlah pohon di bumi -berdasarkan survei tahun 2015- sebanyak 3 triliun. Dan jumlah manusia adalah sebanyak -berdasarkan data tahun 2017- 8 miliar Jiwa. Mari kita hitung.

3 triliun (pohon) X 4400liter (oksigen yang dihasilkan) = 13.200 Triliun liter. berarti dalam satu hari semua pohon yang ada di dunia menghasilkan oksigen sebanyak 13.200 Triliun liter. Semua oksigen ini akan dikirim kepenjuru dunia melalui angin.

8 miliar (manusia di bumi) X 2200 (jumlah Oksigen yang diperlukan perhari) = 1.600 miliar (oksigen yang di butuhkan perhari)

Sekarang kita hitung lagi, 13.200 Triliun (oksigen yang di hasilkan perhari) – 1.600 miliar (oksigen yang diperlukan perhari) = Syntax Erorr. ( wkwkwk kalkulatorku erorr) pokoknya masih ada sekitar 13.198 triliun liter oksigen.

Apakah kamu merasa suduh cukup banyak atau sudah cukup lebih?. Itu baru untuk konsumsi manusia, belum miliaran hewan hewan lainnya yang bernafas dengan paru paru. Dan perlu dicatat, pohon hanya menghasilkan oksigen di siang hari. Dan pada malam harinya sama seperti manusia dan hewan, pohon juga perlu mengkonsumsi oksigen yang di hasilkannya tadi.

Jika kamu merasa kaya karena masih punya sisa 13.198 Triliun Oksigen, kamu salah. Untung tidak ada ilmuwan yang menghitung secara rinci berapa jumlah oksigen yang diperlukan semua makhluk hidup yang ada dibumi perharinya. Kalau misalnya ada pasti kamu akan merasa miskin karena Oksigenmu ternyata tinggal sedikit. Belum lagi pohon-pohon di hutan banyak yang terbakar, banyak yang di tebang tanpa di tanam lagi. Belum lagi jika Ibukota di pindah ke Kalimantan, entah berapa ribu pohon yang akan ditebang. Bukannya di tanami pohon lagi, e… malah ditanami beton.

Sekarang pernahkah kamu berpikir tentang dunia yang semakin modern ini. Bagaimana jadinya jika bumi kita ini menjadi sepereti apa yang ada di film-film yang menceritakan tentang masa depan bumi yang hancur ekosistemnya. Pernahkah kamu menonton film The Lorax fil, ini menceritakan sebuah kota yang dulunya ditumbuhi pepohonan hijau kemudian menjadi tandus, karena pohon-pohon tersebut ditebang tanpa ditanam lagi. Kemudian didirikanlah kota thendenville sebuah kota buatan yang di kelilingi tembok besar. Semuanya serba buatan, pohonnya terbuat drai plastik, rumputnya terbuat dari plastik, sampai oksigen pun buatan sebuah pabrik, dan orang-orang di kota harus membeli oksigen agar bisa bertahan hidup.

Akan seperti itukah bumi kita ini sebelum Kiamat, entahlah. Tapi aku tidak mau menghadapi dua kedaan tersebut, jika terpaksa harus menghadapi dua kedaan tersebut semoga kita diberi kekuatan jiwa raga. Sekian dulu artikel kali ini, saya capek sekali, karena dari tadi bikin artikel ini tanpa ditemani satu musikpun. Sampi jumpa di artikel berikutnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Bagaimana Adab Makan dan Minum Dalam Islam

Adab Makan dan Minum Dalam Islam – Selain untuk memenuhi kebutuhan ekonomi,…

Tips Mengatasi Rasa Minder Agar Kamu Lebih Percaya Diri

albabbarrosa – Sebagai makhluk sosial kamu harus berinteraksi dengan masyarakat, orang sekitar,…

Tips Amankan Tagihan Listrik Bulanan dari Kegiatan Harian

Tips Amankan Tagihan Listrik – Tagihan listrik setiap bulan yang terus mengalami…

Kenapa Api Selalu Menyala Ke Atas, Apa yang Menyebabkan?

albabbarrosa – Alam semesta yang kita tinggali ini masih menyimpan banyak misteri.…