3 Amalan Agar Hidup Lebih Tentram

Dalam menjalani kehidupan ini tentu kita sering mendapati masalah hidup, yang tidak lain tidak bukan adalah cobaan dari Allah SWT untuk menguji seberapa kuat Iman dan Islam kita. Terkadang kita melihat pada berita-berita di sosial media tentang seseorang yang mengakhiri hidupnya karena merasa sudah tidak kuat dengan masalah yang dia hadapi. Ada juga yang sampai keluar dari islam untuk bisa memecahkan masalahnya, Naudzubillah. Padahal apapun agamamu, cara yang baik untuk memecahkan masalah kehidupan bukanlah dengan berpindah agama.

Bahkan masalah yang sudah kita selesaikan malah bisa bisa menjadi batu loncatan untuk mengatasi masalah yang lain. Karena jika kita amati, masalah-masalah tersebut membentuk keterkaitan, hubungan satu sama lain yang saling memberikan kunci permasalahan.

Dalam islam pun, baik dari Al-Quran maupun Sunnah Rasulullah sudah diajarkan bagaimana cara menata hidup, supaya kita bisa lebih bijak ketika mendapatkan masalah. Karena kita sudah tahu bahwa masalah tersebut tidak lain adalah cobaan dan ujian dari Allah SWT. Kita hanya butuh berusaha, karena Allah tidak akan memberikan cobaan kepada hambanya melebihi batas kemampuannya.

Rasulullah telah mengajarkan kepada para sahabat dan para tabiin, tentang amalan-amalan yang bisa membuat hidup lebih tentram. Betapapun berat masalah yang kita hadapi. Ulama-ulama salaf pun mempunyai amalan-amalan untuk kehidupan dunia maupun akhirat yang diwariskan kepada santri-santrinya.

Maka dari itu kali ini albabbarrosa.com Telah merangkum beberapa amalan yang bikin hidupmu lebih tentram dan lebih bijak dalam mengatasi masalah masalah kehidupan.

Ber amal sholeh / berbuat kebaikan

Mungkin terlihat spele ya, tapi jangan salah, perlu kamu tahu dan kamu ingat bahwa dalam Islam amalan sekecil apapun pasti ada balasannya. Kamu berbuat baik sekecil butiran debu pun pasti akan dibalas kebaikan oleh Allah SWT. begitupun sebaliknya, kejahatan atau perbuatan yang tidak baik yang kamu lakukan sekecil apapun itu akan mendapatkan balasan yang setimpa dari Allah SWT.

Baca Juga :  Membangun Usaha di Masa Pandemi dengan Tambahan Modal Usaha Dari JULO

Kunci untuk memperoleh kebaikan, kebahagiaan, dan kesuksesan di dunia akhirat adalah dengan mewujudkan keimanan dan amal shaleh. Allah berfirman dalam surah an-Nahl ayat 97

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Arab-Latin: Man ‘amila ṣāliḥam min żakarin au unṡā wa huwa mu`minun fa lanuḥyiyannahụ ḥayātan ṭayyibah, wa lanajziyannahum ajrahum bi`aḥsani mā kānụ ya’malụn (QR. Surah An-Nahl : 97)

Terjemah Arti: Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

Referensi: https://tafsirweb.com/4445-surat-an-nahl-ayat-97.html

Doa Keberkahan Hidup

Doa ini menurut Sayid Muhammad bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani sebagai salah satu doa lengkap agar diberi kemudahan dalam segala urusan dan diberi keberkahan hidup oleh Allah SWT.

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ يَوْمَنَا هَذَا يَوْماً مُبَارَكًا أَوَّلَهُ صَلَاحًا وَ أَوْسَطُهُ فَلاَحًا وَ آخِرُهُ نَجَاحاً وَ عَفْواً وَ عِتْقاً مِنَ النَّارِوَ اجْعَلِ اللَّهُمَّ لَناَ فِيْهِ يَا اللهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا وَ مِنْ كُلِّ ضِيْقٍ مَخْرَجًا وَ مِنْ كُلِّ فَاحِشَةٍ سِتْرًا وَ مِنْ كُلِّ عُسْرِ يُسْرًا وَ مِنْ كُلِّ بَلاَءٍ عَافِيَةً وَ اكْفِنَا يَا اللهُ مِنْ مُهِمَّاتِ الدَّارَيْنِ وَ اصْرِفْ عَنَّا شَرَّ اْلمَنْزِلَتَيْنِ وَ اغْفِرْ لَنَا وَ لِوَالِدِيْنَا وَ لِسَائِرِ اْلمُسْلِمِيْنَ

Allahummaj’al yaumana haza yauman mubarokan awwalahu sholahan wa ausathuhu falahan wa akhirohu najahan wa ‘afwan wa ‘itqon minan nari waj’alillahumma lana fihi ya allahu min kulli hammin farajan wa min kulli dhiqin makhrojan wa min kulli fahisyatin sitron wa min kulli ‘usrin yusron wa min kulli bala-in ‘afiyatan wakfina ya allahu min muhimmatid daroin washrif ‘anna syarrol manzilatain waghfir lana wa liwalidina wa lisa-iril muslimin.

Baca Juga :  12 Kutipan Dari Tokoh Terkenal yang Bikin Kamu Termotivasi

“Ya Allah, jadikanlah hari ini hari yang penuh berkah, permulaannya kesalehan, pertengahannya kemenangan, dan penghabisannya keberhasilan, ampunan dan kebebasan dari api neraka. Dan jadikanlah, Ya Allah, kelegaan bagi kami di dalamnya, wahai Allah, dari segala kesedihan, jalan keluar dari segala kesempitan, tirai penutup dari segala kekejian, kemudahan dari segala kesulitan, dan keselamatan dari segala bencana. Dan lindungilah kami, wahai Allah, dari segala keburukan dua rumah, dan palingkanlah kami dari keburukan dua tempat, ampunilah kami serta orang tua kami dan seluruh kaum Muslimin.”

Membaca surah Yasin Setiap Habis Maghrib

Raulullah SAW bersabda “ setiap sesuatu mempunyai hati. Adapun hati Al-Quran adalah Yasin. Maka barang siapa yang membaca Yasin, maka allah SWT menulis baginya (pahala) membaca al-quran 10 kali, selain Yasin” (HR Tirmidzi.)

Rasulullah SAW bersabda “barang siapa membaca yasin setiap malam karena allah SWT, maka dosanya diampuni” (HR Ahmad)

Itulah 3 amalan yang kelihatannya sederhana, tapi mempunyai banyak manfaat. Terlebih untuk mendapatakn hidup yang tentram.