Pengertian dan Fungsi Bahasa

albabbarrosa.com – Siapa yang tidak kenal dengan bahasa? adakah manusia di bumi ini yang tidak menggunakan bahasa sama sekali. Nyatanya tidak, semua manusia tentu menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan kelompok mereka. Entah itu bahasa verbal atau bahasa isyarat.

Kita mungkin tidak mengerti secara mendalam tentang arti sebuah bahasa. Apakah kalian tahu apa pengertian, fungsi, dan manfaat sebuah bahasa? dan menjelaskannya dengan baik dan benar? Karena yang pasti kita tahu hanyalah bahasa adalah sebuah alat atau sistem untuk komunikasi. Itu benar sih.

Untuk itu kali ini saya akan membuat artikel yang menjelaskan tentang pengertian, fungsi, manfaat bahasa. Dalam menulis artikel kali ini, saya dibantu dengan 2 buku, Bahasa Indonesia dan Riset karya Dr. Moh. Rosyid dan Linguistik Umum karya Abdul Chaer.

Pengertian Bahasa Dalam Linguistik

Pengertian bahasa kalau dalam kajian Linguistik bisa beragam, Kata bahasa mempunyai banyak pengertian, arti dan batasan, hal tersebut tentu membingungkan. Coba simak beberapa kalimat berikut.

  • Dika belajar bahasa inggris, andy belajar bahasa korea.
  • Manusia mempunyai bahasa, sedang binatang tidak mempunyai bahasa.
  • Jangan bergaul dengan dia, dasar anak tidak tahu bahasa.
  • Kalau pak Ali mengajar bahasanya selalu dipenuhi kata daripada dan akhiran ken.

Pada kalimat pertama, kata bahasa menunjukkan pada bahasa tertentu, yaitu bahasa sebagai langue (language) (bahasa sebagi sebuah sistem bahasa). Pada kalimat kedua, kata bahasa menunjukkan makna bahasa pada umumnya, yaitu langage (bahasa sebagai alat komunikasi). Pada kalimat ketiga, kata bahasa menunjukkan arti ‘Sopan Santun’. Pada kalimat keempat, Kata bahasa menunjukkan arti ujaran atau parole (bahasa adalah sesuatu yang diujarkan).

Dari kalimat di atas kita mendapati kalau pengertian bahasa dibagi menjadi tiga yaitu; bahasa sebagai langue (language) (bahasa sebagi sebuah sistem bahasa), bahasa sebagai langage (bahasa sebagai alat komunikasi), dan bahasa sebagai parole (bahasa adalah sesuatu yang diujarkan).

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Lalu bagaimana kita menjawab pengertian bahasa sebagai sosok bahasa, bukan fungsinya. Simak pengertian bahasa menurut para ahli beriktu ini :

Pengertian Bahasa Menurut Kridalaksana

Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh para anggota kelompok sosial untuk bekerjasama, berkomuniksi, dan mengidentifikasi diri.

Bahasa adalah ciri pembeda yang paling menonjol karena dengan bahasa setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok yang lain .

Definisi bahasa merupakan suatu bentuk pemikiran yang dapat dipahami, berhubungan dengan realitas, dan memiliki bentuk dan struktur yang logis.

Bahasa adalah sebuah sistem pengembangan psikologi individu dalam sebuah konteks inter-subjektif.

Pengertian bahasa menurut Plato pada dasarnya adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut.

Bahasa adalah sebuah sistem berstruktural mengenai bunyi dan urutan bunyi bahasa yang sifatnya manasuka, yang digunakan, atau yang dapat digunakan dalam komunikasi antar individu oleh sekelompok manusia dan yang secara agak tuntas memberi nama kepada benda-benda, peristiwa-peristiwa, dan proses-proses dalam lingkungan hidup manusia.

Pengertian bahasa adalah sebuah sistem simbol yang bersifat manasuka dan dengan sistem itu suatu kelompok sosial bekerja sama.

Bahasa adalah sebuah sistem berstruktural mengenai bunyi dan urutan bunyi bahasa yang sifatnya manasuka, yang digunakan, atau yang dapat digunakan dalam komunikasi antar individu oleh sekelompok manusia dan yang secara agak tuntas memberi nama kepada benda-benda, peristiwa-peristiwa, dan proses-proses dalam lingkungan hidup manusia.

Bahasa adalah sarana komunikasi yang efektif walaupun tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan bahasa sebagai sarana komunikasi menjadi salah satu sumber terjadinya kesalahpahaman.

Bahasa adalah suatu sistem komunikasi menggunakan bunyi yang diucapkan melalui organ-organ ujaran dan didengar di antara anggota-anggota masyarakat, serta menggunakan pemrosesan simbol-simbol vokal dengan makna konvensional secara arbitrer.

Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh para anggota suatu masyarakat untuk kerja sama, berinteraksi dan mengidentifikasikan diri.

Pengertian bahasa menurut Depdiknas pada hakikatnya adalah ucapan pikiran dan perasan manusia secara teratur, yang mempergunakan bunyi sebagai alatnya.

Terimakasih kepada zonareferensi | Pengertian Bahasa

Fungsi Bahasa

Menurut Dr. Moh. Rosyid, M.Pd., M.Hum. bahasa sebagai alat komunikasi mempunyai beberapa fungsi di antaranya ;

Fungsi Kognitif Bahasa

Fungsi kognitif bahasa adalah pengguna dapat menyampaikan isi fikiran. Fungsi tersebut tidak dapat perperan dengan maksimal tanpa mengkaji konsep bahasa, hal tersebut karena bahasa akan senantiasa berkembang dan mengalami perbuahan entah penambahan atau pengurangan perbendaharaan kata.

Sebagai Alat Komunikasi

Bahasa disebut sebagai langage karena bahasa mempunyai fungsi sebagai alat komunikasi. Bahasa sebaai alat komunikasi tentu terbentuk dari tahapan yang begitu lama hingga berkembang seperti saat ini. Perubahan tersebut dikarenakan kehidupan manusia yang begitu dinamis.

Sebuah alat tentu mempunyai sebuah sistem, untuk itulah bahasa disebut sebagai langue, yaitu bahasa sebagai sistem lambang bunyi. Bahasa terdiri dari unsur-unsur atau komponen-komponen yang seacar teratur tersusun menurut pola tertentu, dan membentuk suatu kesatuan.

Untuk Memahami Sesorang

Bahasa berkaitan erat dengan mental, karena itulah ada yang namanya psikolinguistik. Dengan belajar psikolinguistik kita bisa memahami, karakter, sifat, tujuan, seseorang dari apa yang diucapkan dan dari gaya bicaranya.

Untuk Sarana Pembelajaran

Ingatkah kamu dengan kalimat “Jika kamu ingin menguasai dunia, kuasai dulu bahasanya”. Nampaknya benar sekali kalimat tersebut. Saat ini banyak sekali bahasa yang bukan bahasa asli orang tersebut dipelajari. Bahasa inggris, bahasa china, bahasa jerman, bahasa jepang dan banyak bahasa lainnya yang dipelajri disetiap negara. Karena dengan menguasai bahasanyalah kita bisa menguasai ilmu pengetahuan dan informasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Macam Macam Hipotesis Teori Pemerolehan Bahasa

Ga Terima Dipanggil Nenek, Emak Emak di KRL Ngajak Ribut Video Ada…

Belajar Bahasa Inggris dari Main Game dan Nonton Film

Sebagai bahasa international, tentu bahasa inggris menjadi mata pelajaran pokok di bangku…

Kaidah Penggunaan Huruf Kapital pada Bahasa Indonesia

Dalam menulis ada aturan aturan khusus yang harus dilakukan. Aturan tersebut sebagai…