tips mengatasi rasa minder

albabbarrosaSebagai makhluk sosial kamu harus berinteraksi dengan masyarakat, orang sekitar, teman, saudara bahkan hanya sekedar orang yang tidak kamu kenal. Dengan melakukan interaksi maka kamu akan mendapatkan pengalaman, informasi baru, saling berbagi informasi, atau hanya sekedar basa basi. Salah satu hal penting dalam berinteraksi adalah sampainya informasi ketika sedang berkomunikasi. Karena komunikasi sudah menjadi ciri khas manusia, maka perlu adanya kepercayaan diri agar komunikasi dapat berlangsung harmonis.

Percaya diri adalah salah satu aspek kepripadian yang sangat penting pada seseorang. Percaya diri merupakan atribut berharga pada diri seseorang dalam kehidupan bermasyarakat, tanpa adanya percaya diri maka seseorang tidak dapat mengaktualisasikan segala potensinya dan itu sangatlah di sayangkan. Menurut ahli Psikologi W.H Miskell mengatakan dalam bukunya bahwa percaya diri adalah kepercayaan akan kemampuan yang dimiliki diri sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki, serta dapat memanfaatkannya secara tepat.

Kenapa Aku Minder?

Menurut ahli psikologi Hall dan Gardener, perasaan yang muncul karena kurangnya aspek psikologis sosial dan fisik adalah perasaan inferioritas. Inferioritas merupakan perasaan yang timbul karena merasa mempunyai kekurangan pada diri sendiri. Pendapat yang serupa di ungkapkan oleh Supratikyo bahwa inferiroitas adalah perasaan yang muncul akibat lemahnya kondisi psikologis dan sosial yang dirasakan oleh diri sendiri atau perasaan akibat kelemahan yang di punya entah karena cacat atau hal lainnya.

Perasaan minder memiliki dampak atau efek yang berbanding dengan perasaan percaya diri. Dengan percaya diri maka kita dengan mudah meraih yang kita inginkan meskipun dengan kegagalan berkali kali. Maka sebaliknya, dengan perasaan minder kita jadi tidak percaya dengan apa yang ingin kita raih, jangankan mendapatkan kegagalan, memulai lagkah saja sudah tak mau.

Penyebab Kamu Minder

Terlalu Membandingakan Diri Kamu Dengan Orang Lain

Yakinlah bahwa setiap orang memiliki jalannya masing masing, dengan potensi yang mereka miliki masing masing. Potensimu mungkin berbeda dengan yang lain, maka dari itu pula jalan yang akan kamu hadapi juga berbeda pula. Seharusnya kamu tahu bahwa kamu memang berbeda dengan orang lain, kalau sudah berbeda mengapa harus kamu bedakan lagi dengan cara membandingkan dirimu sendiri. Perbedaan anadalah anugerah Ilahi yang haeus kamu syukuri dan manfaatkan sebaik baiknya

Merasa Tidak Berharga

Merasa tidak berharga merupakan perasaan yang paling lemah yang dimiliki oleh manusia. Jangan menganggap kehadiranmu, atau kemampuanmu tidak berharga. Anggap saja memang belum saatnya, karena buah mangga yang dipetik bukan pada saatnya tentu rasanya masih asam. Tidak ada yang tidak berharga di dunia ini. Camkan Itu…

Merasa Tidak Mampu Melakukan Banyak Hal

Tak apa kalau kamu tak mampu melakukan banyak hal. Tapi jangan sampai kamu merasa tak mampu bahkan hanya untuk melakukan satu hal pun bahkan satu hal terkecil pun. Ilmu yang berharga di dapat dari pengalaman, jika kamu tak mau melakukan satu halpun karena merasa tak mampu, maka kapan kamu akan meraih pengalaman. Cobalah, gagal tak membuatmu menderita, gagal hanya seperti luka gores yang cukup kamu biarin akan sembuh sendiri.

Bagaimana Aku Bisa Percaya Diri

Jika kamu sudah membaca tiga hal di atas, tentu kamu sudah bisa menyimpulkan bagaimana agar kamu bisa percaya diri. Sangat simpel, cukup jangan terbiasa dengan tiga hal di atas, yaitu; jangan kamu merasa tidak mampu melakukan satu halpun, jangan bandingkan dirimu dengan orang lain, dan jangan merasa bahwa kehadiranmu, kemampuanmu tidak berharga, semua bermanfaat pada tempatnya masing masing dan sebaik baiknya manusia adalah yang memberi manfaat kepada orang lain.

TERKAIT : Character Building Anak Usia Dini

Percaya dri memang tidak muncul begitu saja, ada proses yang harus kamu lalui hingga terbentuklah rasa percaya diri pada dirimu. Menurut Hakim sorang ahli Psikologi mengatakan bahwa rasa percaya diri pada manusia terbentuk melalui empat proses antara lain:

Terbentuknya sebuah kepribadian yang baik itu sesuai dengan proses perkembangan yang melahirkan kelebihan kelebihan tertentu.

Pemahaman seseorang terhadap kelebihan kelebihan yang dimiliknya yang melahirkan keyakinan kuat untuk bisa berbuat segala sesuatu dengan memanfaatkan kelebihannya.

Pemahaman dan reaksi reaksi positif seseorang terhadap kelemahan kelemahan yang dimilikinya agar tidak menimbulkan rasa rendah diri atau rasa sulit menyesuaikan diri.

Pengalaman dari menjalani berbagai aspek kehidupan dengan menggunakan segala kelebihan yang ada pada dirinya.

Al-Quran pun sudah memberi tahu kita agar kita terus percaya diri, dalam al-Quran Surat Ali Imran ayat 139 ;

وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman. (QS. Ali Imran : 139)

Bersikap lemah dan bersedih hati dilarang oleh al-Quran, karena sifat itulah yang membuat kamu tidak bisa berkembang. Bersikap lemah soelah tidak mampu melakukan sesuatu, dan bersedih yang tak kunjung reda membuat kamu malas untuk beranjak dan mengawali hidup.

Tetaplah semangat dalam menjalani hidupmu, jangan takut dengan masalah yang kamu hadapi, jangan merasa rendah diri, yakinlah bahwa kamu mampu. Semoga artikel diatas memberimu manfaat dan motivasi. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Konspirasi Teori Manusia Purba – Kita Manusia Sejak Awalnya

Konspirasi Teori Manusia Purba – Siapa disini yang masih percaya sama teori…

Barbar, Karakter Sosial Baru Penduduk +62 Indonesia

albabbarrosa – Sudah beratus tahun negara kepulauan nusantara mendapatkan julukan gemah ripah…

12 Kutipan Dari Tokoh Terkenal yang Bikin Kamu Termotivasi

albabbarrosa – Kesuksesan tidak datang begitu saja, butuh usaha yang besar konsisten.…

Penaklukan Andalusia 711m Oleh Thariq bin Ziyad

Pada tanggal 29 April 711M, seorang panglima muda berdiri dengan gagahnya diatas…