Tips Amankan Tagihan Listrik Bulanan dari Kegiatan Harian

Tips Amankan Tagihan Listrik – Tagihan listrik setiap bulan yang terus mengalami pembengkakan menjadi salah satu masalah dalam keluarga. Ini sering menjadi bahan evaluasi pengeluaran yang lebih menguras dari pada kebutuhan lainnya.

Jangan-jangan ada masalah yang membuat tagihan terus bertambah atau justru ada hal yang tidak kamu sadari mempengaruhi besar kecilnya tagihan. Inilah yang menjadi pertimbangan penting sebelum Anda complain kepada PLN karena tagihan membengkak. Listrik yang cukup krusial, menjadi hal yang perlu untuk diperhatikan sebelum menguras pendapatan setiap bulan.

Tidak sedikit anggota keluarga memiliki kebiasaan jelek dengan pemakaian listrik yang berlebihan, bahkan hal itu terjadi dari pagi, siang sampai dengan malam. Salah satunya ketika lupa untuk mematikan keran air jika tidak dipakai lagi. Mungkin itu terlihat simpel, namun jika itu menjadi kebiasaan tentu akan membuat problem tagihan listrik selama sebulan.

Supaya bisa meminimalisir kemungkinan meningkatnya tagihan listrik bisa lakukan tips amankan tagihan listrik berikut ini.

Cabut berbagai sambungan listrik yang sudah tidak digunakan

Hal spele namun menjadi faktor borosnya tagihan listrik adalah, ketika kita lupa mencabut semua sambungan listrik. Device dan elektronik lainnya yang masih terhubung dengan sambungan listrik ternyata masih menkomsumsi daya listrik.

Kalian yang tiap harinya bekerja dengan laptop, mau tidak mau harus sambil mengisi daya. Setelah selesai bekerja, kamu sering lupa melapas charger laptop dari terminal. Kebiasaan tersebut sedikit banyak menambah pengeluaraan tagihan listrik.

Hemat dengan menggunakan jenis lampu yang mendukung

Tanpa lampu rumah menjadi gelap, dan tanpa lampu yang hemat energi pula tagihan listrik menjadi boros. Saran saya, gunakan jenis lampu yang hemat energi seperti :

  • Lampu Neon Kompak (Compact Fluorescent Lamp / CFL)
  • Lampu TL (Fluorescent), sejenis dengan lampu neon
  • Halogen lamp, adalah lampu hemat energi yang biasa untuk menerangi benda-benda seni
  • Gunakan produk lampu kohler yang sudah teruji hemat energi
  • Terakhir ada Lampu LED, lampu jenis baru yang menggunakan perangkat semikonduktor untuk mengeluarkan cahaya
Baca Juga :  12 Kutipan Dari Tokoh Terkenal yang Bikin Kamu Termotivasi

Gunakan AC ketika memang perlu

Untuk mengatasi cuaca panas dan kamu sedang di dalam ruangan pasti memilih menghidupkan AC bukan? Tidak ada salahnya memang, namun itu akan meningkatkan tagihan listrik bulanan.

Cobalah dengan membuka semua jendela agar ruangan tidak terasa begitu panas. Dengan membuka jendela atau ventilasi udara lainnya, selain kamu mendapatkan udara yang segar juga dapat menghemat tagihan listrik kamu.

Matikan penggunaan listrik apapun ketika sudah malam

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk menghemat listrik. Saat kamu akan beranjak tidur kamu bisa matikan semua alat elektronik yang tidak terpakai, seperti; mematikan lampu, mematikan TV dengan mencabut kabel dari terminal, tidak mencharge hp saat tidur, dll.

Beberapa poin penting diatas bisa meminimalisir kemungkinan tagihan listrik yang terus naik setiap bulan. Dengan memperhatikan setiap kebiasaan atau kegiatan yang menggunakan listrik, Anda akan lebih mudah untuk mengevaluasi seperti apa bagian yang paling banyak menguras listrik. Seperti lupa untuk matikan keran yang akan berakibat fatal. Bukan saja tagihan yang akan naik, air yang mengalir bisa membuat kondisi rumah berantakan dan banjir.

Bila Anda salah satu orang yang sulit untuk mengingat, seperti mematikan kran air, mematikan lampu saat malam, mematikan televise sampai pagi dan lainnya. Pilih saja komponen rumah yang otomatis, maksudnya bisa mati sendiri ketika Anda lupa. Jangan salah saat ini sudah ada banyak jenis material rumah yang membantu memudahkan Anda, seperti lampu otomatis, keran otomatis dan masih banyak lagi. Kohler menjadi salah satu produsen yang bisa Anda jadikan tempat untuk menemukan semua alat modern tersebut.