albabbarrosa – Daftar Wisata Candi di Jawa Timur. Jawa Timur memiliki banyak situs bersejarah seperti candi yang tersebar di berbagai wilayah. Bangungannya pun sangat cantik dan tampak begitu estetik. Recommended sekali digunakan sebagai destinasi wisata. Berikut daftar 5 wisata candi di Jawa Timur yang cocok untuk Anda kunjungi.

Candi Penataran

Candi Penataran merupakan salah satu situs bersejarah yang terletak di daerah Blitar, tepatnya di Desa Penataran, Kabupaten Blitar. Candi tersebut dianggap sebagai candi terluas di wilayah Jawa Timur. Keberadaannya pun telah ada sejak zaman Kerajaan Kediri berdiri, tepatnya tahun 1200 M.

Nama lain dari Candi Penataran adalah Candi Palah. Candi yang saat ini telah menjadi destinasi wisata paling recommended jika berada di daerah Blitar. Bahkan, cocok sekali jika ingin melakukan swa foto. Apalagi relief candi tersebut berupa wujud manusia yang diceritakan melalui wayang kulit.

Apabila Anda ingin berkunjung ke Candi Penataran, cukup siapkan uang Rp.3000 untuk tiket masuknya. Jam operasionalnya sekitar pukul 08.00-17.00 WIB dan buka setiap hari.

Candi Singosari

Sebagaimana namanya, Candi Singosari memiliki kaitan yang sangat erat dengan Kerajaan Singosari. Terkenal pula dengan nama Candi Menara atau Candi Cungkup. Candi yang terletak di daerah Malang tersebut dibangun sebagai bentuk penghargaan kepada Raja Kertanegara.

Semua pengunjung bisa masuk ke wilayah Candi Singosari mulai pukul 07.00-17.00 WIB dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000. Ini cocok sekali dijadikan tujuan wisata mengisi waktu libur bersama keluarga dan teman-teman.

Candi Jolotundo

Candi Jolotundo merupakan situs bersejarah yang berupa pertirtaan. Selain menjadi tempat wisata candi di Jawa Timur, mata air yang ada di dalamnya dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, candi tersebut banyak sekali pengujungnya.

Baca Juga :  Daftar 5 Wisata Candi di Jawa Tengah Selain Borobudur dan Prambanan

Candi Jolotundo terletak di bawah lereng Gunung Penanggungan. Tepatnya sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Dahulu, candi ini merupakan hadiah dari Raja Udayana yang diberikan kepada Raja Airlangga. Apabila ingin berwisata ke candi tersebut, cukup dengan uang Rp.5000-10.000 saja.

Candi Jago

Candi Jago memiliki bentuk yang unik, yaitu seperti punden berundak. Ukurannya semakin ke atas tampak semakin kecil. Tinggi dari candi tersebut sekitar 10 meter dengan lebar 14 meter dan panjangnya 24 meter.

Menurut informasi sejarah yang beredar, Candi Jago berdiri sejak abad ke-13. Bentuk bangunannya tampak sederhana dan bahan pembuatannya berasal dari batu andesit. Meskipun demikian, candi tersebut dipenuhi dengan relief-relief yang syarat akan makna.

Candi Jago berada di wilayah yang sama dengan Candi Singosari, yaitu di daerah Malang. Untuk saat ini, Candi Jago dibuka untuk umum mulai pukul 09.00-17.00 WIB dan tidak perlu mengeluarkan uang sepserpun jika ingin memasukinya alias gratis.

Candi Tikus

Jika berbicara tentang sejarah, Mojokerto tidak akan pernah luput dari pembicaraan. Sebagaimana diketahui, Mojokerto menyimpan banyak situs bersejarah, salah satunya Candi Tikus. Candi yang saat ini telah menjadi destinasi wisata dan banyak diminati karena keindahannya.

Candi Tikus berupa pertirtaan sebagaimana Candi Jolotundo. Berdasarkan informasi dari pakar sejarah, candi tersebut dulunya adalah tempat pemujaan dan penyaluran air. Candi Tikus kini bisa diakses mulai pukul 06.30-16.30 WIB. Harga tiket masuknya sebesar Rp.1.500-3.000 saja.

Sekarang Anda tidak perlu bingung menentukan destinasi wisata bersama keluarga. Pilih saja satu diantara 5 daftar wisata candi di Jawa Timur di atas. Selain membuat liburan Anda bersama keluarga terasa semakin seru dan menyenangkan, banyak sekali pengetahuan baru yang bisa didapatkan.