albabbarrosa – Wisata Candi di Jawa Tengah Selain Prambanan dan Borobudur. Borobudur dan Prambanan merupakan candi yang sangat terkenal di Jawa Tengah. Namun, perlu diketahui, selain kedua candi tersebut masih ada beberapa wisata candi di Jawa Tengah yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Berikut ini 5 rekomendasi wisata candi yang layak dikunjungi.

Candi Sewu

Lokasi Candi Sewu masih terletak di kawasan Kompleks Candi Prambanan pada bagian bagian utara yaitu sekitar 800 meter. Meskipun disebut dengan Candi Sewu yang berarti seribu candi, namun destinasi wisata ini hanya mempunyai 249 candi yang dibangun dengan pola Mandala.

Candi Sewu memiliki candi utama dengan diameter 29 meter dan tinggi mencapai 30 meter. Pemandangan di Candi Sewu juga tidak kalah dengan Candi Prambanan. Ketika matahari terbenam, sinarnya akan masuk ke sela-sela bangunan sehingga menambah pemandangan yang memukau.

Candi Mendut

Candi Mendut termasuk salah satu candi yang terletak di kawasan Mungkid, Kabupaten Magelang. Lokasi Candi Mendut hanya berjarak kurang lebih 2 km dari Candi Borobudur. Salah satu candi di Jawa Tengah ini menyimpan sejarah menarik dimana dalam setiap reliefnya mempunyai makna tersendiri.

Candi Mendut memiliki bentuk segi empat dengan tinggi bangunan mencapai 26,40 meter. Bangunan Candi Mendut berada di atas batu dengan tinggi 2 meter. Terdapat 3 arca Budha yang berada di dalam bilik candi dan 48 stupa yang berada di bagian atap bangunan Candi Mendut.

Candi Gedong Songo

Lokasi Candi Geding Songo terletak di Bandungan, Semarang. Candi Gedong Songo berada masih berada di kawasan kaki Gunung Ungaran pada ketinggian 1.200 mdpl. Penyebutan Candi Gedong Songo karena di kawasan ini berdapat sembilan bangunan candi yang menyebar cukup jauh.

Baca Juga :  5 Wisata Candi di Jawa Timur Ini Menarik Dikunjungi

Meskipun antar candi memiliki jarak yang cukup jauh, namun di kawasan Candi Gedong Songo terdapat berbagai spot foto yang menarik dan tentunya instagramable. Salah satu wisata candi di Jawa Tengah ini kini sedang populer di tengah kalangan masyarakat.

Candi Plaosan

Candi Plaosan terletak di Bugisan, Kabupaten Klaten. Candi Plaosan dibangun untuk melambangkan kekuatan cinta antara Rakai Pikatan dengan Pramodawardhani di pertengahan abad ke-9. Hamparan halaman dengan rumput hijau yang luas menambah daya tarik dari Candi Plaosan.

Kompleks Candi Plaosan terbagi menjadi dua, yaitu Candi Plaosan Lor serta Candi Plaosan Kidul. Pada Candi Plaosan Lor terdapat 2 candi utama dengan bangunan tingkat dua yang masing-masing terkelilingi oleh pagar yang terbuat dari batu.

Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul hanya dipisahkan oleh adanya jalan raya. Berbeda dengan Candi Plaosan Lor, Candi Plaosan Kidul sudah tidak memiliki candi utama. Pada kompleks Candi Plaosan Kidul hanya terdapat sejumlah candi perwara.

Candi Pringapus

Candi Pringapus merupakan candi yang dibangun sekitar tahun 852 M yang berlokasi di Pringapus, Temanggung. Candi Pringapus berada di kaki Gunung Sindoro. Ornamen pahatan yang halus dan indah disekitar bangunan candi menjadi daya tarik tersendiri dari Candi Pringapus.

Keunikan lain dari Candi Pringapus yaitu terdapat kolam yang tidak pernah kering meskipun saat musim kemarau. Candi ini juga menyediakan beberapa spot foto yang menarik dengan suasana tenang dan nyaman sehingga pengunjung akan betah ketika berada di Candi Pringapus.

Itulah beberapa rekomendasi wisata candi di Jawa Tengah yang tidak kalah eksotis dibandingkan dengan Candi Borobudur dan Prambanan. Bagi Anda yang menyukai wisata dengan nuansa sejarah dan edukasi, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke salah satu candi warisan sejarah tersebut.