quote gus baha

albabbarrosa – Gus Baha’ yang merupakan santri favorit mbah maimun zubair lahir di Narukan, Kragan, Rembang Jawa tengah dengan nama asli Ahmad Bahauddin Nursalim putra seorang Ulama’ahli Quran KH. Nursalim al-hafizh. Keluarga beliau memang terkenal ahli Quran baik ayahnya sampai buyutnya.

Gus Baha’ sudah belajar Al-Quran sejak kecil dibawah bimbingan ayahnya, dan berhasil menghatamkan Al-Quran beserta Qiroahnya di usia yang terbilang belia. Memasuki usia remaja, Gus Baha’ mondok, nyantri, dan berkhidmat kepada Syaikhina KH. Maimoen Zubair di Pondok Pesantern al-Anwar Karangmangu Rembang.

Wawasan beliau yang begitu luas akan Al-Quran dan Tafsir membuatnnya dianggap sebagai ulama’ quran tafsir muda di Indonesia.  Bahkan Prof. Quraiys Syihab pernah berkata “sulit ditemukan orang yang sangat memahami dan hafal detail-detail Alquran hingga detail-detail fiqih yang tersirat dalam Alquran seperti Pak Baha’”.

Dalam setiap ceramahnya, seringkali Gus Baha’ memberikan quotequote yang bikin adem pikiran, hal tersebut karena ketika ceramah gus Baha selalu menjunjung Norma-Norma yang berlaku dan lebih mengedepankan kedamaian ketimbang kekerasan baik dalam ucapan maupun tingkah laku.

Tak jarang, bahkan bisa dikatakan sering seklai gus baha memberikan nasehat. Nasehat gus baha biasanya tentang kehidupan, tentang cinta, tentang agama dan lain-lain. Saking kerapnya gus baha memberikan kata-kata bijak. Kita sering melihat banyak gambar / poster tentang kata kata bijak gus baha.

Berikut Quote dan dawuh gus Baha’ yang saya rangkum dari Fanspage gus Baha’, semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Jangan pernah putus asa saat merasa dalam kesulitan. Sebab Allah menyertakan kemudahan setelah kesulitan.

Saya mohon, siapapun yang mencintai agama ini harus banyak baca. Jangan menuruti emosi kemudian emosi itu diatas namakan agama.

Lawan dari cinta itu bukan benci, melainkan tidak peduli.

Dunia itu penting, karena keadaan kita di akhirat, dinilai dari perbuatan kita di dunia. jadi dunia itu hakikatnya lebih penting dibanding akhirat.

Terkadang debat Fiqih itu tidak mutu, tapi dari itu melahirkan kecerdasan.

Sedekah adalah amalan baik yang tidak bersyarat.

Terkadag, mungkin Allah membuat hamba-Nya seolah kecewa. Namun percayalah, Allah hanya ingin engkau kembali berharap kepada-Nya.

Hidup di dunia itu pindah dari rahmat Allah ke rahmat-Nya yang lain. Maka lapanglah seluruh hati orang yang memahaminya.

Jika kamu meminta dan Allah memberi, Allah ingin menunjukkan bahwa Allah dzat yang baik. Jika kamu meminta dan Allah tidak memberi, Allah ingin menunjukkan kekuasaannya dan kamu lemah, sehingga tidak bisa mengatur kehendak Allah

Salah satu ciri wanita shalihah akhir zaman itu : judes.

Syukur itu bisa ditandai dengan banyak senyum. Bagi saya, cemberut itu masalah besar, kayak enggak ridho dengan ketentuan Allah SWT.

Kadang kita terjebak, bahwa awan yang berbentuk lafadz Allah, ranting yang meliuk membentuk tulisan Allah merupakan mukjizat yang nyata. Padahal awan dan pohon yang biasa saja itu juga mukjizat Allah.

Memaksa diri bahagia adalah cara mengimanai qadha dan qadar, jangan sampai karena terlalu sering mengeluh menyebabkan kita tidak percaya takdir.

Kalau berdoa bayangkan kamu sedang berada di hadapan Allah, jangan banyangkan apa yang kamu minta. ini seakan seperti penegasan, bahwa doa da penghormatan di atas segalanya daripada nafsu belaka.

Mencintai itu tidak cukup dengan tidak melukai yang dicinta, tapi juga harus sabar saat dilukai yang dicinta. – Imam Ghazali, Ihya Ulumuddin –

Jangan pernah gusar apakah shalat kita diterima atau tidak. Kamu sudah dikasih rizki sujud saja itu sudah luar biasa.

Cari istri jangan yang kriterianya susah. Yang penting mau diajak puasa dan sholatnya menghadap kebarat (kiblat), sudah!

sebesar apapun dosa seseorang, tidak ada yang berhak menghalangi rasa cinta hamba pada tuhannya, meski cara yang digunakan untuk menunjukkan rasa cinta itu terasa aneh di mata kita.

bersyukur itu perlu terus latihan. Jangan hanya rasa syukur hanya saat memiliki seuatu.

Jangan membenci orng yang sedang kafir saat ini, bisa saja suatu saat orang tersebutlah yang mensyafaati kamu. Tirulah Kanjeng Nabi Muhammad SAW yang berdoa kepada Allah SWT untuk Sayyidina Umar Bin Khatab yang saat itu sedang kafir.

Kita tidak boleh menghujat, bahkan membenci orang non-muslim alias kafir, atau bahkan pendosa. Siapa yang menyangka musuh islam  saat itu (Umar Bin Khatab dan Khalid Bin Walid) pada akhirnya menjadi ujung tombak umat Islam.

Hidup yang keren adalah hidup ang pola pikirnya menunggu waktu ibadah sambil melakukan kemanfaatan.

Kalau malaikat datang dan memberitahu saya bahwa kelak saya akan masuk neraka selamanya, apakah saya akan berhenti menyembah Tuhan? Tidak. Saya akan terus menyembah Tuhan.

Mencintai itu tidak cukup dengan tidak melukai orang yang dicinta, tapi juga harus bersabar ketika dilukai orang yang dicinta.

Di akhirat, kenangan yang paling indah di dunia adalah, seberapa sering kita sujud kepada Allah SWT.

Sanad ilmu itu penting! Karena teks itu terbatas ruang dan waktu. Sekarang ini banyak aliran yang memahami hanya lewat teks. Ini bahaya, karena yang bisa menerjemahkan teks itu ahwal. Ahwal itu perilaku atau karatkter. Nah itulah Sanad. Makannya ada pepatah : Man ta’allama wabila syaikhin fasyaikhuhu syaithan. Barang siapa belajar tanpa guru, maka gurunya adalah syaithan.

Salah satu kebiasaan buruk manusia ialah suka membawa-bawa nama Allah untuk kepentingan dirinya, seolah-olah apa yang ada dipikirannya selalu sesuai dengan yang dikehendaki oleh Allah. Padahal bisa saja Allah menjadikan orang ahli ibadah kecelakaan ( bermaksiat / Su’ul Khatimah). Tujuannya apa? Agar orang tidak bersandar pada amal. Hal itu menunjukkan, yang penting itu berlindung kepada Allah SWT

Nabi Adam tidak pernah salah. Ketika beliau ditanya Allah kenapa memakan buah yang saya larang? Nabi Adam menjawab, Demi Allah, saya tidak pernah menduga ada yang berani berbohong atas nama-Mu.

Jadi, ilmu fiqh itu tinggal dibolak balik. Makannya sholat juga begitu, sholat yang tumakninahnya itu bagus, masak jagongan sama Allah buru-buru, jagongan sama teman aja asik masa sama Allah ga Asik. Tapi Ibnu Abbas kalau sholat itu cepet. Kalau ditanya kenapa sholatnya cepet? Setan baru tata-tata mau goda saya udah selesai. Ternyata setan itu kalau mau menggoda itu tata-tata dulu surinan dulu. Selesai tata mau mengoda, eh solatnya udah selesai.

Nah itulah beberapa Quote dari Gus Baha’ yang bikin adem pikiran.

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Stop Menyebarkan Berita Hoax: Bagaimana Hoax Tersebar di Media Sosial

Media informasi sudah sangat beragam di era modern ini, kabar baik dari…

Alat-Alat Elektronik yang Ada di Lingkungan Sekolah

Image by Wokandapix from Pixabay albabbarrosa – Alat-alat elektronik menjadi kebutuhan utama…

Membangun Kesadaran Pentingnya SDM Unggul Untuk Indonesia Produktif

Foto Dari : Presidenri.go.id albabbarrosa.com – SDM Unggul Indonesia Produktif – Menjadi…

Filosofi Watak Orang yang Lahir Hari Jumat Wage

Image by LoggaWiggler from Pixabay Masyarakat Indonesia kaya akan ragam budaya dan…