Konter pulsa di era PPOB

Nasib Konter Pulsa di Era PPOB – Mungkin sebagian besar dari kamu mengira judul ini aneh. Namun bagi saya, ini bukanlah aneh, karena saya berdasarkan fakta yang ada.

Dulu, untuk beli pulsa ataupun paket data kita harus pergi ke konter pulsa. Atau jika kita kenal dengan pemilik konter pulsa kita bisa memesan via sms, WA, ataupun telepon. Namun setidaknya saat itu kita masih membutuhkan keberadaan kinter pulsa.

Hingga sampailah kita di saat ini, ketika semua perkembangan ekeonomi, teknologi, lifestyle berpacu pada mobilitas. Dimana tanpa perlu repot repot keluar rumah kita sudah bisa memenuhi kebutuhan kita.

Berikut ini beberapa perbandingan perubahan-perubahan tersebut.

  • Dulu kita harus keluar rumah untuk membeli makan, sekarang kita bisa memesannya lewat Go food, Grab Food, Shope Food dll
  • Dulu kita juga harus keluar rumah untuk membeli barang, Sekarang kita sudah terbiasa dengan yang namanya belanja online
  • Dan satu lagi, dulu kita musti ke konter pulsa untuk beli pulsa, paket data, ataupun kartu perdana, tapi sekarang kita bisa melakukannya layaknya belanja online

Semua prekebangan dan kemudahan teresebut tidak terlepas dari perkembangan sistem pembayaran. Perkembangan system pembayaran yang saya maksudkan adalah PPOB.

Apa itu PPOB? PPOB adalah kependekan dari Payment Point online Bank, yang secara simpelnya diartikan sebagai loket pembayaran bank online. Kita bisa membayar sebuah tagihan dengan smartphone kita.

Dengan adanya PPOB banyak peluang bisnis yang terbuka seperti, Jasa pembayaran Online, Jasa jual pulsa dan paket data, jasa pembayaran kredit, dan jasa pembayaran lain yang sudah bekerja sama dengan vendor PPOB.

Sekarang ini sudah banyak E-commerce yang terintegrasi dengan sistem PPOB. Hal tersebut tentu memberikan kemudahan bagi kita. Lalu bagaimana nasib para konter pulsa dan paket data? Berikut pendadapat saya tentang eksintensi konter pulsa di era PPOB.

Tetap Buka dan Mendapatkan Pelanggan

Perkembangan memang membawa perubahan besar, namun konter pulsa tetap bertahan dengan kios-kiosnya. Tidak semua pengguna smartphone mampu memanfaatkan adanya Fitur PPOB. Apalagi bagi bapak-bapak dan emak-emak yang terbilang ketinggalan teknologi, mereka tetap pergi ke konter pulsa untuk membeli pulsa ataupun paket data.

Baca Juga :  Tips Memilih Melamar Kerja Online Yang Aman dan Nyaman

Konter Pulsa Ikut Mengaplikasikan Sistem PPOB

Untuk bertahan menghadapi perubahan zaman, maka kita perlu beradaptasi dan mengikuti perkembangan tersebut. Setidaknya itulah yang harus dilakukan oleh pemilik kios konter pulsa agar tetap bertahan.

Kios konter pulsa pun bisa menerapkan sistem PPOB untuk melakukan penjualan pulsa dan paket data. Jika dulu pemilk kios harus menjadi reseller untuk menjual pulsa kini mereka bisa menjual pulsa tanpa harus menjadi reseller lagi, cukup dengan memanfatkan sistem PPOB yang sudah ada.

Harga Paket Data dan Voucher Kuota Internet Masih di Dominasi Konter Pulsa

Kita mungkin bisa menghemat harga ketika membeli pulsa dengan sistem PPOB. Namun untuk urusan kuota internet saya rasa harga masih kalah jauh dengan yang ada di konter pulsa. Belum lagi pilihan jenis voucher kuota internet yang sangat beragam mulai dengan harga murah sampai mahal.

Saya sendiri memang sudah tidak pernah beli pulsa di konter pulsa. Tapi beda cerita kalau untuk paket data, musti beli di konter pulsa karena harga yang beragam dengan pilihan jenis paketa data yang banyak.

Kesimpulannya, perubahan ekonomi dan digitalisasi selalu membawa keuntungan masing-masing. Tidak ada yang merasa langsung dirugikan dengan adanya perubahan tersebut. Kalai kita mau beradaptasi, tentu kita bisa mengikuti perkembangan bukan malah teetinggal oleh perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Seminar Bahasa Inggris di IALF Bali

A.   Seminar Oleh IALF              Selain mencari data…

Pengelolaan Sampah Plastik Di Masa Pandemi Adalah Tanggung Jawab Bersama

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Blog Waste4change Sebarkan Semangat Bijak Kelola…

Macam-Macam Bisnis Online : Website, Facebook, Youtube, Instagram

Image by Michal Jarmoluk from Pixabay   Bisnis online kini menjadi trend…

Intip Produk Produk Kesehatan di Toko SehatQ.com

albabbarrosa – Selama masa pandemi berlangsung ada beberapa produk kesehatan yang mengalami…