Tips Foto Instagramable Dengan HP

Tips Foto Instagramable – Memiliki feeds instagram yang rapi, terkonsep, dengan foto yang keren tentu menarik follower. Apabila kamu ingin mempunyai hasil foto yang instagramable meski hanya dengan kamera HP. Simaklah tips foto instagramable di bawah ini.

Foto yang instagramable tentunya tidak terlepas dari komposisi fotografi. Baiknya kamu pelajari dulu tentang komposisi fotografi pada artikel saya sebelumnya. Setelah itu baru lanjut membaca tips berikut ini.

Kalau hanya untuk sekedar foto instagram pakai hp saja sudah cukup kok. Apalagi era sekarang sudah banyak sekali smartphone dengan kualitas kamera yang mumpuni beserta fitur-fitur kameranya. Selebihnya tinggal bagaimana kamu mengoperasikan kamera hp untuk mengambil foto yang menarik.

Beriktu sedikit tips dari saya mengenai cara mengambil foto yang instagramable dengan kamera HP.

Cari Cahaya yang Bagus / Find Good Lightening

First thing first nih ya, mengingat sensor kamera pada HP sangatlah kecil, maka cahaya yang didapat juga sedikit. Karena itu, sebelum mengambil foto pastikan cahaya yang ada disekitar objek cukup terang.

Bang, bukankah kita bisa menaikkan iso jika cahaya dirasa sangat sedikit? Iya bisa sih. Tapi, foto yang kamu hasilkan akan noise, ketajaman gambarnya berkurang tentunya gambar menjadi kurang enak dilihat.

Jadi tempatkan objek yang mau kamu foto pada area dengan cahaya yang bagus. Semakin bagus cahayanya maka ketajaman gambar juga semakin mendetail. Jadi lebih enak untuk kamu edit-edit lagi warnanya sesuai tone warna yang kamu suka.

Baca Juga : Waktu Golden Hour Untuk Take Foto

Usahakan objek tidak membelakangi sumber cahaya, terkecuali jika kamu ingin mengambil foto siluet yang mana harus membelakangi sumber cahaya. Jika sumber cahaya dirasa terlalu banyak yang membuat foto over eksposure kamu bisa mengakalinya dengan menurunkan setingan ISO pada kamera HP.

Carilah Spot / Background yang Bagus

Selain objek foto, kesan menarik yang dilihat oleh penonton adalah spot atau background foto itu sendiri. Meskipun kamu sudah mengambil foto dengan komposisi ini itu tapi kalau spot dan backgroundnya kurang pas hasil fotopun menjadi tidak maksimal.

Spot foto yang bagus itu yang bagaimana sih? Simpelnya adalah spot foto yang menggambarkan area tempat kamu mengambil foto. Kalau kamu foto di pantai, maka pilihlah spot dan background yang mencirikan pantai, seperti pasir pantai, ombak laut, batu karang, pesisir dan lain sebagainya.

Kalau kamu foto di area bukit atau gunung, maka carilah objek yang menunjukkan kalau kamu itu berada di ketinggian. Seperti ; dataran rendah sebagai background, bukit atau gunung dibelakang sebagai background, pemandangan alam sekitar sebagai spot dan background foto.

Follow Rule of Third

Kemarin saya sudah membahas menegnai rule of third fotografi. Dimana kita menempatkan objek foto di area yang disediakan oleh rule of third yang berupa 9 kotak dengan 2 garis mendatar dan 2 garis menurun.

Dengan mengikuti rule of third, kamu bisa menmpatkan objek dengna lebih menarik dan instagramable. Jangan lupa pula kasih area kosong pada foto kamu agar lebih menarik saat di post di Instagram.

Gunakan Foto Potrait Unstuk Insta Story

Apakah kamu lebih suka upload foto ke insta story instagram? ada tips nih untuk membuat insta story yang instagramable. Yaitu pastikan mode fotonya bukan landscape ya tapi potrait atau vertikal.

Foto potrait atau vertikal terkesan lebih menarik saat di upload di insta story. Penonton akan dimanja dengan tampilan foto yang penuh dan mendetail. Bebeda jika foto kamu landscape, jika kamu upload di insta story maka foto akan mengecil sesuai ukuran layar HP.

Akhir Kata

Setiap orang memang memiliki konsep masing-masing dalam menata feeds instagram. Tapi perlu kamu tahu bahwa penonton juga memiliki standar yang disandarkan pada akun selebgram dengan feed yang tertata rapi dengan foto yang keren dan menarik.

2 comments
    1. semua bisa dipelajari, untuk pengambilan sudut pandang bisa dengan menentukan backgroundnya dulu, lalu pose dari modelnya seperti apa, baru nanti terpikirkan sudut pandangnya bagaimana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

5 Tips Komposisi Fotografi Agar Foto Lebih Instagramable

Tips Komposisi Fotografi – Halo jumpa lagi dengan albabbarrosa, kali ini saya…

Review dan Hasil Foto Sony Nex 7 Lensa Meike 3.5mm F1.7

albabbarrosa – Alhamdulillah, setelah beberapa bulan menabung, akhirnya terkumpul juga dana untuk…