belajar bahasa inggris dari game dan film
Sebagai bahasa international, tentu bahasa inggris menjadi mata pelajaran pokok di bangku sekolah, baik sekolah dasar, menengah, dan menengah atas. Karena nantinya kemampuan berbahasa inggris sangatlah diperlukan, karena semua media inernational menggunakan bahasa inggris.
 
Meski sudah dipelajari sejak sekolah dasar, namun masih ada beberapa orang yang merasa kesulitan untuk menguasai bahasa inggris. Kesulitan bisa berupa dua hal, yakni kesulitan dalam teori, atau kesulitan dalam pengaplikasian.
 
Kesulitan dalam teori, mereka meresa susah memahami bagaimana cara penyusunan kalimat, penulisan huruf, dan pengucapan kata. Kesulitan dalam pengaplikasian bisa berupa sulit untuk menerjemahkan dari bahasa inggris ke bahasa indonesia atau sebaliknya. Bisa juga sulit dalam menerapkan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris.
 
Photo From : Gameprime.org

Uniknya,
ada banyak orang yang mengaku bisa berbahasa inggris, namun bukan karena mereka pintar dalam pembelajaran bahasa inggris di sekolah. Mereka bisa dan mengerti bahasa inggris karena keseringan main game online dan menonton film-film luar negri.
 
Mereka bilang 70% belajar bahasa inggris dari main game online dan nonton film, 30% belajar bahasa inggris di sekolah formal. Mereka bilang begitu mungkin karena mereka kebanyakan main game sama nonton film luar daripada belajar kali ya.
 
Tapi saya akui memang, kita merasa kemampuan berbahasa inggris kita semakin meningkat karena keseringan main game sama nonton film luar. Tapi hal itu juga dipengaruhi karena kita masih sempat belajar bahasa inggris di bangku sekolah. Coba bayangkan bagaimana mereka yang tidak bisa merasakan enaknya duduk di bangku sekolah mencoba untuk belajar bahasa inggris dari main game dan nonton film, mungkin akan terasa lebih sulit.

Belajar Bahasa Inggris Dari Game Online

Siapa yang disini hobi main game onlien? Bahasa inggrismu pada jago-jago ga? Game online sangat populer sekali ketika jaringan internet berhasil masuk ke daerah-daerah. Saya sendiri main game onlie di warnet sejak duduk kelas 2 smp. dan  saat itu saya tiap hari jumat pergi kewarnet untuk main game ninja saga di facebook.
 
Namanya game online international tentu bahasanya menggunakan bahasa inggris, dan saat itu saya tidak tahu cara mengubah bahasanya menjadi bahasa indonesia. Jadi mau tidak mau harus bergelut dengan bahasa inggris. Mungkin karena disekolah juga belajar bahasa inggris jadi lebih mudah untuk memahami bahasa inggris pada game tersebut. Jadi kemampuan semakin terasah.
 
Selain berlatih dari bahasa pada gamenya, kemampuan juga semakin terasah dengan melatih komunikasi dengan sesama player game online tersebut. Karena game itu dimainkan secara international jadi kebanyakna pemain-pemain luar negri menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi. Yah, meskipun bahasa inggrisnya masih belepotan, tapi lumayan juga kita bisa mengaplikasikan apa yang telah kita pelajari.

Belajar Bahasa Inggris Dari Nonton Film Luar

Selain dari game online, ada juga saran non formal untuk belajar bahasa inggris, yaitu dengan menonton film luar negri (tentunya yang sudah ada subtitlenya). Pasti banyak kan dari kalian yang suka nonton box officenya Trans TV sama Global TV.
 
Saya sejak kelas 5 sd sudah sering banget nonton film box office di TV.  Dan ternyata dari nonton film itulah kita sedikit demi sedikit menambah wawasan bahasa inggris kita. Dari mulai kata perkata, sampai hapal istilah-istilah yang digunakan oleh orang luar, is that true? Ya seperti itulah contohnya.
 
Kelebihan dari menonton film luar adalah kita bisa mengetahui istilah-istilah perbahasan bahasa inggris, mengetahui bagaimana cara mereka menyusun sebuah kata dan bagaimana mereka melafalkan kosakata.
 
Ternyata ketika sudah lulus sma, ternyata banyak juga yang mengaku semakin mahir bahas inggris karena kebanyakan main game online sama nonton film luar. Coba saja kamu iseng bikin polling di group facebook tentang lebih banyak mana belajar bahasa inggris dari sekolah sama dari game online dan nonton film luar.
 

Seperti itulah bagaimana kaum milenial belajar sesuatu yang berasal dari luar. Jadi tidak semua yang dari luar negri, kebarat-baratan  jelek ya dimata kita. Masih ada banyak kebaikan yang dapat kita petik untuk dijadikan pembelajaran. Kalau ada  yang tidak sesuai dengan norma dan kebiasaan kita ya ga usah ditiru, cukup  abaikan saja.

2 comments
  1. Betul ngan, sepengalaman gua ada temen hm gua di sekolah itu kalau belajar bahasa inggrisnya males banget tapi kalau menjawab pertanyaan dari guru bahasa Inggris cepet banget dapatnya. Pas di tanya dia jawab saya pintar karena banyak main game yang ada bahasa inggrisnya.. Hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Tempat Wisata yang Terlarang Dikunjungi di Indonesia

Image From : Situsbudaya.id ¬† albabbarrosa.com – Tempat wisata di Indonesia ini…

Tingkat Sosial Mempengaruhi Penggunaan Variasi dan Gaya Bahasa

Sebagai makhluk sosial, interaksi sosial adalah hal yang lumrah bagi manusia. Salah…

Macam Macam Hipotesis Teori Pemerolehan Bahasa

Ga Terima Dipanggil Nenek, Emak Emak di KRL Ngajak Ribut Video Ada…

Simbol Bendera Merah Putih Dalam Pembangunan Rumah Baru

Simbol merupakan pertanda adanya sesuatu. Ribuan tahun lalu manusia sudah mulai mengenal…