Banyak yang mungkin masih belum tahu sebenarnya apa itu bondek. Pada dasarnya ia termasuk salah satu material penting yang juga digunakan dalam pembuatan sebuah bangunan atau rumah. Ia disebut juga sebagai floordeck, yaitu material berupa lembaran yang terbuat dari galvalum berlapis galvanis ataupun juga aluminium yang dapat digunakan sebagai plafon pengganti triplek.

 Bondex bisa digunakan sebagai material dalam membuat plavon menggantikan triplek dan bahan palvon lainnya. Dengan menggunakan bondex plavon menjadi sangat kokoh dan tidak mudah bocor.

Bondex juga bisa digunakan sebagai material floordeck dalam mengecor lantai 2. Penggunaan bondex sebagai material floordeck biasa dikenal dengan istilah metaldecking.

Harga bondek ini di pasaran juga sangat bervariatif tergantung dari kualitas produknya. Umumnya bondek ini digunakan untuk mengecor lantai dua suatu bangunan, disebut juga sebagai metal decking, ia juga umumnya akan disangga dengan menggunakan balik baja sehingga lebih kuat ketika dilakukan pengecoran. Bondek ini sendiri terbagi atas beberapa jenis, diantaranya adalah:

  1. Bondek galvanis, yaitu jenis bondek yang paling populer serta umum digunakan. Karena memang harganya relatif lebih murah maka bukan hal yang baru lagi jika seandainya banyak diantara masyarakat yang menggunakan bondek yang satu ini dibandingkan dengan jenis yang lainnya.
  2. Bondek aluminium, bisa dikatakan bahwa aluminium ini termasuk bahan yang paling ringan di pasaran. Kekuatannya sendiri memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis logam yang lainnya. Dengan menggunakan material aluminium ini maka nantinya konstruksi yang Anda buat akan mendapatkan kekuatan yang lebih besar tanpa memakai bahan pemberat yang lainnya.
  3. Bondek tembaga, bondek yang satu ini punya tampilan yang unik serta mencolok dibandingkan dengan yang lainnya, karena memang tembaga akan berubah warna seiring dengan berjalannya waktu, umumnya dari warna coklat menjadi hijau kebiruan.
  4. Bondek seng, sama halnya dengan tembaga maka bondek yang satu ini juga akan berubah warna seiring dengan berjalannya waktu.
  5. Bondek baja, ia sudah banyak digunakan untuk pembangunan gedung perkantoran atau memang yang ditujukan untuk proyek bangunan besar selama bertahun-tahun dan awet. Namun harga bondek cor ini juga relatif lebih mahal.
Baca Juga :  12 Kutipan Dari Tokoh Terkenal yang Bikin Kamu Termotivasi

Anda bisa dengan mudah mendapatkan banyak pilihan bondek ini dengan membelinya lewat Prima Bajaindo Sukses, berbagai macam material olahan dari baja dan besi ada disini secara lengkap.