Connect with us

Alat Elektronik

Tips Merakit Komputer Rumah yang Hemat Biaya

Avatar

Published

on

 
Image by Pexels from Pixabay

Tips Merakit Komputer Rumah yang Hemat Biaya – Kebutuhan akan komputer memang tak ada henti-hentinya, banyak sekali pekerjaan kita yang membutuhkan bantuan teknologi komputer. Terlebih lagi hampir disetiap perkantoran pasti disediakan sebuah komputer. Banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan bantuan komputer.

Meski begitu mengoperasikan komputer tidaklah semudah yang kita bayangkan, butuh keterampilan dan pengetahuan untuk mengoperasikan komputer. Sebab itulah, mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di sekolah baik smp/sma/smk tidak dihilangkan, malah lebih difokuskan lagi pembelajaran komputernya.

Penggunaan komputer tidak hanya sebatas di kantor saja, terkadang kita harus membawa pulang pekerjaan yang ada di kantor karena waktu kerja di kantor yang sudah selelsai namun perkerjaan masih belum selesai, kita menyebutnya dengan lembur kerja di rumah.
 
Tentu kita membutuhkan sebuah komputer, karena pekerjaan tersebut juga dikerjaan dengan komputer saat di kantor. Tentu kamu akan berpikir untuk membeli sebuah komputer rumah. Membeli komputer rumah memang efisien akan tetapi butuh banyak dana, karena komputer sipa pakai dijual dengan harga yang relatif tinggi (tergantung dengan spesifikasinya sih).
 
Daripada kita menghabiskan banyak biaya untuk membeli komputer rumah. Mengapa kita tak mencoba untuk merakit komputer rumah sendiri dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Sebenarnya merakit komputer rumah tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Kamu tinggal membeli bagian bagian komputer lalu menggabungkannya sendiri. Dan banyak sekali tutorial cara merakit komputer sendiri yang bertebaran di internet.
 
Namun disini saya tidak memberikan tutorial merakit komputer ya, tetapi memberi kan sedikit tips cara merakit komputer rumah yang hemat biaya. Yaiutu dengan memilih bagian bagian komputer yang sesuai atau yang dirasa sudah mencukupi kebutuhan kita dengan komputer. Seperti apa penjelasannya, simak tipsnya berikut ini.

Membeli Lcd Seharga 250.000

Lcd merupakan komponen diluar mesin komputer, tapi peran lcd juga sangat penting, kalau ga ada lcd komputernya ga bisa tampil dong. Nah utnuk kamu yang ingin menghemat biaya, belilah lcd dengan harga murah, yang penting sudah bisa mencukupi kebutuhanmu dalam menggunakan komputer.

Membeli RAM 4Gb Sekitar 400.000

Salah satu yang menunjang kehidupan komputer adalah adanya RAM yang memadahi, Semakin tinggi RAM yang ada, maka komputer akan semakin ringan untuk digunakan membuka banyak aplikasi. Ketika sedang bekerja menggunakan komputer, tentu kamu tidak hanya membuka file kerjamu saja bukan, kamu perlu membuka aplikasi lainnya yang menunjang pekerjaan kamu.

Membeli Prosesor Intel Dual Core Sekitar 300.000

Prosesor merupakan bagian yang menjalankan program program yang ada di komputer. Layaknya sebuah motor, prosesor adalah mesin sebuah komputer. Tanpa prosesor komputermu tidak akan bisa menampilkan apa di lcd, selain merek lcd kamu. Pemilihan prosesor yang baik akan embantu pekerjaan kamu dengan komputer berakhir lebih cepat tanpa dibatasi komputer yang ngehang dan lain-lain.

Membeli GPU Nvidia GT 512 Mb Sekitar 300.000

Jangan lupa pula, komputer rakitanmu juga harus mempunyai sebuah GPU. GPU berfungsi sebagai pengolah gambar atau grafis sebuah komputer. Karena komputer kebanyakan besar penggunaannya adalah untuk menampilkan sebuah grafis, tentu kehadiran GPU sangatlah penting. Kamu tidak inginkan melihat komputer yang hanya menyediakan warna hitam putih dengan grafik burik.

Motherboard G 41 Seris Seharga 250.000

Motherboard berfungsi untuk menaruh semua kompone komputer yang sudah kamu beli di atas. RAM, Prosesor, dan GPU harus diletakkan disebuah mptherboard. Pilihlah motherboard yang baik, komponen lainnya tidak cepat rusak.

Beli Coller Murah Seharga 70.000

Coller berfungsi untuk mendinginkan komponen komputer (didalam casing) yang mengeluarkan panas. Panas yang berlebih dapat mengganggu kinerja komputer. Jadi kamu perlu mendinginkannya dengan coller.

PSU 400 Watt Seharga 150.000

Fungsi dari pSU adalah untuk menyalurkan listrik ke komputer agar komputer bisa menyala, selain itu PSU juga bisa menyimpan daya listrik untuk berjaga-jaga ketika tiba-tiba listriik padam sedangkan kamu belum menyelesaikan pekerjaanmu. Dengan begitu komputermu tidak langsung mati karena sudah ada PSU.

Harddisk 500gb Seharga 250.000

Nah, salah satu kompnen dari komputer yang juga sangat penting adalah harddisk. Harddisk berfungsi untuk menyimpan semua file kamu, dan juga sebagai tempat untuk menginstall operasi system di komputer kamu. Semakin besar kapasitas hardisk maka akan semakin baik karna mampu mengurangi beban RAM dalam melakukan komputing.

Casing Murah Seharga 70.000

Kalau semua komponen di atas sudah dibeli dan dirakit, jangan lupa untuk menaruhnya di dalam sebuah casing agar komponen tersebut tidak cepat rusak dan tidak mudah kotor. Dengan begitu komponen komputer akan tahan lama dan menghemat biaya untuk service komputer.

Keybord + Mouse Seharga 120.000

Nah, agar komputer rumah rakitanmu bisa di operasikan dengan lancar jangan lupa pula membeli mouse dan keyboard. Mouse dan keyboard merupakan komponen komputer yang bersifat eksternal yang berarti flexibel dapat digunakan dikomputer manapun.
 
Nah mari kita total berapa biaya untuk merakit komputer rumah sesuai dengan komponen diatas. Dan ternyata totalnya hanya sebesar 2.160.000. cukup ekonomis bukan, dengan dana sekitar 2 jutaan saja kamu sudah bisa merakit komputer rumah sesuai denagn spesifikasi di atas. Semoga tips ini membantu jangan lupa share dan komen ya, sampai jumpa di tips and trick berikutnya.

albabbarrosa

Continue Reading
Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. Avatar

    EmansaTech

    Desember 28, 2019 at 3:56 am

    Ternyata ngrakit Pc sendiri lebih murah ya dibanding laptop pabrikan, makasih infonya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending