Connect with us

Alat Elektronik

Tips Merakit Komputer Rumah yang Hemat Biaya

Avatar

Published

on

 
Image by Pexels from Pixabay

Tips Merakit Komputer Rumah yang Hemat Biaya – Kebutuhan akan komputer memang tak ada henti-hentinya, banyak sekali pekerjaan kita yang membutuhkan bantuan teknologi komputer. Terlebih lagi hampir disetiap perkantoran pasti disediakan sebuah komputer. Banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan bantuan komputer.

Meski begitu mengoperasikan komputer tidaklah semudah yang kita bayangkan, butuh keterampilan dan pengetahuan untuk mengoperasikan komputer. Sebab itulah, mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di sekolah baik smp/sma/smk tidak dihilangkan, malah lebih difokuskan lagi pembelajaran komputernya.

Penggunaan komputer tidak hanya sebatas di kantor saja, terkadang kita harus membawa pulang pekerjaan yang ada di kantor karena waktu kerja di kantor yang sudah selelsai namun perkerjaan masih belum selesai, kita menyebutnya dengan lembur kerja di rumah.
 
Tentu kita membutuhkan sebuah komputer, karena pekerjaan tersebut juga dikerjaan dengan komputer saat di kantor. Tentu kamu akan berpikir untuk membeli sebuah komputer rumah. Membeli komputer rumah memang efisien akan tetapi butuh banyak dana, karena komputer sipa pakai dijual dengan harga yang relatif tinggi (tergantung dengan spesifikasinya sih).
 
Daripada kita menghabiskan banyak biaya untuk membeli komputer rumah. Mengapa kita tak mencoba untuk merakit komputer rumah sendiri dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Sebenarnya merakit komputer rumah tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Kamu tinggal membeli bagian bagian komputer lalu menggabungkannya sendiri. Dan banyak sekali tutorial cara merakit komputer sendiri yang bertebaran di internet.
 
Namun disini saya tidak memberikan tutorial merakit komputer ya, tetapi memberi kan sedikit tips cara merakit komputer rumah yang hemat biaya. Yaiutu dengan memilih bagian bagian komputer yang sesuai atau yang dirasa sudah mencukupi kebutuhan kita dengan komputer. Seperti apa penjelasannya, simak tipsnya berikut ini.

Membeli Lcd Seharga 250.000

Lcd merupakan komponen diluar mesin komputer, tapi peran lcd juga sangat penting, kalau ga ada lcd komputernya ga bisa tampil dong. Nah utnuk kamu yang ingin menghemat biaya, belilah lcd dengan harga murah, yang penting sudah bisa mencukupi kebutuhanmu dalam menggunakan komputer.

Membeli RAM 4Gb Sekitar 400.000

Salah satu yang menunjang kehidupan komputer adalah adanya RAM yang memadahi, Semakin tinggi RAM yang ada, maka komputer akan semakin ringan untuk digunakan membuka banyak aplikasi. Ketika sedang bekerja menggunakan komputer, tentu kamu tidak hanya membuka file kerjamu saja bukan, kamu perlu membuka aplikasi lainnya yang menunjang pekerjaan kamu.

Membeli Prosesor Intel Dual Core Sekitar 300.000

Prosesor merupakan bagian yang menjalankan program program yang ada di komputer. Layaknya sebuah motor, prosesor adalah mesin sebuah komputer. Tanpa prosesor komputermu tidak akan bisa menampilkan apa di lcd, selain merek lcd kamu. Pemilihan prosesor yang baik akan embantu pekerjaan kamu dengan komputer berakhir lebih cepat tanpa dibatasi komputer yang ngehang dan lain-lain.

Membeli GPU Nvidia GT 512 Mb Sekitar 300.000

Jangan lupa pula, komputer rakitanmu juga harus mempunyai sebuah GPU. GPU berfungsi sebagai pengolah gambar atau grafis sebuah komputer. Karena komputer kebanyakan besar penggunaannya adalah untuk menampilkan sebuah grafis, tentu kehadiran GPU sangatlah penting. Kamu tidak inginkan melihat komputer yang hanya menyediakan warna hitam putih dengan grafik burik.

Motherboard G 41 Seris Seharga 250.000

Motherboard berfungsi untuk menaruh semua kompone komputer yang sudah kamu beli di atas. RAM, Prosesor, dan GPU harus diletakkan disebuah mptherboard. Pilihlah motherboard yang baik, komponen lainnya tidak cepat rusak.

Beli Coller Murah Seharga 70.000

Coller berfungsi untuk mendinginkan komponen komputer (didalam casing) yang mengeluarkan panas. Panas yang berlebih dapat mengganggu kinerja komputer. Jadi kamu perlu mendinginkannya dengan coller.

PSU 400 Watt Seharga 150.000

Fungsi dari pSU adalah untuk menyalurkan listrik ke komputer agar komputer bisa menyala, selain itu PSU juga bisa menyimpan daya listrik untuk berjaga-jaga ketika tiba-tiba listriik padam sedangkan kamu belum menyelesaikan pekerjaanmu. Dengan begitu komputermu tidak langsung mati karena sudah ada PSU.

Harddisk 500gb Seharga 250.000

Nah, salah satu kompnen dari komputer yang juga sangat penting adalah harddisk. Harddisk berfungsi untuk menyimpan semua file kamu, dan juga sebagai tempat untuk menginstall operasi system di komputer kamu. Semakin besar kapasitas hardisk maka akan semakin baik karna mampu mengurangi beban RAM dalam melakukan komputing.

Casing Murah Seharga 70.000

Kalau semua komponen di atas sudah dibeli dan dirakit, jangan lupa untuk menaruhnya di dalam sebuah casing agar komponen tersebut tidak cepat rusak dan tidak mudah kotor. Dengan begitu komponen komputer akan tahan lama dan menghemat biaya untuk service komputer.

Keybord + Mouse Seharga 120.000

Nah, agar komputer rumah rakitanmu bisa di operasikan dengan lancar jangan lupa pula membeli mouse dan keyboard. Mouse dan keyboard merupakan komponen komputer yang bersifat eksternal yang berarti flexibel dapat digunakan dikomputer manapun.
 
Nah mari kita total berapa biaya untuk merakit komputer rumah sesuai dengan komponen diatas. Dan ternyata totalnya hanya sebesar 2.160.000. cukup ekonomis bukan, dengan dana sekitar 2 jutaan saja kamu sudah bisa merakit komputer rumah sesuai denagn spesifikasi di atas. Semoga tips ini membantu jangan lupa share dan komen ya, sampai jumpa di tips and trick berikutnya.

albabbarrosa

Continue Reading
Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. Avatar

    EmansaTech

    Desember 28, 2019 at 3:56 am

    Ternyata ngrakit Pc sendiri lebih murah ya dibanding laptop pabrikan, makasih infonya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alat Elektronik

Alat-Alat Elektronik yang Ada di Lingkungan Sekolah

Avatar

Published

on

alat elektronik di sekolah
Image by Wokandapix from Pixabay

albabbarrosa – Alat-alat elektronik menjadi kebutuhan utama masyarakat di era modern. Banyak pekerjaan yang dapat dikerjakan dengan mudah dengan bantuan alat elektronik. Dirumah kamu mungkin ada lebih dari 10 jenis alat elektronik yang biasa kamu gunakan, selain memberikan kemudahan perangkat tersebut juga memberikan banyak manfaat lain sesuai dengan jenis alat elektronik tersebut.

Selain dirumah dan di perkantoran, alat-alat elektronik juga sering kita temukan di lingkungan sekolahan atau universitas. Karena sekolah menjadi rumah kedua bagi aanak-anak dan apar pelajar. Alat elektronik yang ada di sekolah juga memberikan banyak manfaat dan kebanyakan untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar. Berikut sikecil rangkumkan alat-alat elektronik yang sering kita temukan di lingkungan sekolah.

Proyektor

Proyektor adalah alat untuk menampilkan gambar yang ada di komputer atau laptop ke ruang datar atau tembok dengan ukran yang lebih besar agar terlihat lebih jelas dan dapat dilihat banyak orang.
Disekolah,  proyektor sering digunakan ketika kegiatan belajar mengajar guna menampilkan materi materi tertentu agar mudah dipahami oleh siswa. Proyektor yang dapat menampilkan gambar atau video dengan ukuran besar membuat siswa satu ruangan dapat dengan mudah mengamati materi  pembelajaran.
 
Dengan adanya proyektor, guru jadi tidak kesulitan untuk menyampaikan materi yang membutuhkan visual. Dengan begitu siswa bisa dengan mudah mencerna materi pembelajaran yang disampaikan guru lewat proyektor.

Sound Sytem

Sound merupakan alat elektronik yang dapat mengeluarkan suara dengan lebih keras dan jernih. Sound biasanya terhubung dengan monitor atau komputer dan laptop. Disekolah sound menjadi perantara informasi yang disampaikan oleh administrasi sekolah atau staf sekolah. Dengan begitu semua siswa dapat menerima informasi yang ada, karena setiap kelas sudah disediakan sound system.
 
Sound juga dapat mempermudah kegiatan belajar mengajar, karena siswa tidak hanya belajar lewat visual saja tetapi juga dengan mengandalkan pendengaran.  Misalnya dalam pembelajaran bahasa, guru dapat memutar instrumen yang berupa percakapan, lagu, atau cerita lewat sound untuk melatih pendengaran siswa mengenai pembelajaran bahasa.
 
Sound juga dapat diguanakan untuk kegiatan ice breaking (istirahat sejenak dalam belajar) agar siswa tidak merasa bosan ketika pembelajaran.

Kipas Angin

Kipas angin merupakan alat elektronik yang dapat mengeluarkan hembusan angit yang cukup kencang untuk mengusir hawa panas. Hampir disetiap ruangan yang terdapat banyak orang pasti disediakan kipas angin agar mereka tidak kegerahan.
 
Kipas angin di sekolah juga sangat penting lho ya, apalagi pembelajaran dikelas bisa sampai 4 jam lebih, dengan ruangan yang tertutup tentu siswa dan juga guru akan merasa kegerahan. Untuk itulah di setiap ruang kelas disediakan kipas angin untuk mengusir hawa panas. Dengan begitu kegiatan belajar mengajar  menjadi kondusif karena guru dan siswa bisa fokus dengan pembelajaran.

Komputer

Komputer merupakan alat elektronik dengan seribu manfaat dan kegunaan. Dengan komputerlah alat-alat atau teknologi baru dapat diciptakan. Komputer juga menjadi alat elektronik yang paling dibutuhkan di kantor, sekolah, perusahan dan tempat tempat lainnya.
 
Disekolah, komputersangat penting untuk kegiatan administrasi sekolah. Selain itu komputer juga sangat berguna untuk kegiatan pembelajaran. Siswa akan dengan mudah mendapatkan informasi di internet melalui komputer yang ada.
 
Bahkan komputer menjadi mata pelajaran lokal, dimana setiap siswa harus mempunyai skill untuk menggunakan atau mengoperasikan komputer. Karena di era sekarang, skill tersebut sangatlah berguna baik untuk pekerjaaan ataupun kegiatan personal. Jadi jangan heran kalau di sekolah-sekolah sekarang terdapat laboratorium komputer, karena dengan begitulah kemampuan siswa dapat dengan mudah dilatih dan dikembangkan.

Lampu

Lampu merupakan alat elektronik yang dapat menghasilkan cahaya. Di setiapa ruangan yang tertutup pasti ada lampu di atas ruangan tersebut, fungsinya ketika hari mulai gelap lampu tersebut akan menerangi seisi ruangan.
 
Lampu juga ditemukan di semua sekolah, karena sekolah juga merupakan bangunan dengan ruang tertutup. Lampu juga punya manfaat dan fungsi yang dapat membantu kegiatan belajar mengajar loh. Tepatnya ketika ruangan mulai gelap karena mendung, atau cahaya matahari tidak dapat masuk ke dalam ruangan. Saat itulah lampu dinyalakan untuk menerangi seisi ruangan, jadi siswa akan mudah melihat buku pelajaran ataupun melihata amteri yang ditulis guru di papan tulis.
 
Nah itulah alat-alat elektronik yang sering kita temukan di lingkungan sekolah. Semua alat elektronik tersebut mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing selain untuk membantu atau mempermudah proses kegiatan belajar mengajar. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman ya…
Continue Reading

Alat Elektronik

Alat-Alat Elektronik Favorit Emak-Emak

Avatar

Published

on

Image by Wokandapix from Pixabay
albabbarrosa – Hampir setiap orang memiliki alat elektronik ya, hal tersebut karena alat elektronik mempunyai banyak sekali kegunaan yang dapat mempermudah pekerjaan. Di semua kalangan baik anak-anak, remaja, dan orang tua, smartphone merupakan alat elektronik yang paling digemari dan hampir semuanya tentu memiliki smartphone. Alat elektronik multifungsi tersebut sangatlah berguna di era serba digital ini.
 
Selain smartphone ada juga beberapa alat elektronik yang menjadi kegemaran di kalangan tertentu, salah satunya menjadi favorit emak-emak. Selain mendapatkan gelar “Raja Jalanan” emak-emak juga melek teknologi loh gais hihihi. Ada beberapa alat elektronik yang menjadi favorit emak-emak, mungkin mereka mau lebih eksis lagi ya dan dikenal oleh netizen +62.
 
Berikut Sikecil rangkumkan 5 alak elektronik favorit emak-emak gaul, nomer 4 bikin kamu terncengang, simak baik baik ya.

Smartphone Dengan Kamera bokeh

Smartphone dengan fitur kamera bokeh memang sedang menjadi trend ya dan menjadi pilihan utama para remaja ketika membeli smartphone. Nah, ternyata bukan hanya anaknya saja yang tergiur dengan fitur tersebut, emaknya pun ikut ikutan suka dengan fitur tersebut.
 
Kamera bokeh sangat membantu emak-emak dalam membangun jenjang karir mereka di instagram. Dengan kamera bokeh emak-emak bisa berpose dengan kece dan tentunya isntagramable. Apakah kalian penasaran dengan hasil jepretan kamera bokehnya emak-amak? Kalian bisa ceck di instragam dengan kata kunci emak emak bokeh.

Komputer Gaming

Hal yang sangat wajar ketika para remaja mengisi waktu luang mereka dengan bermain game pc ataupun game mobile. Namun ada hal yang sangat mengejutkan, dimana emaknya juga ikut ikutan main game pc. Parahnya lagi emak-emak ga mau memakai komputer dengan spek kentang, mereka hanya mau memakai komputer dengan high spek yang cocok untuk main game game berat seperti PUBG, Call of Dutty Modern Warfare, Far Cry, GTA V Online dan lainnya.
 
Tak cukup sampai disitu, mereka juga membuat chanel youtube mereka untuk menampilkan kehebatannya dalam memainkan game pc dan juga melakukan live stream ketika hari libur. Wah kira kira game apa saja yang dimainkan emak-emak, akankah kemampuan mereka diakui E-sport?.
 
nah itulah alat elektronik favorit emak-emak, sementara saya buatkan 2 dulu ya, nanti yang 3 menyusul deh,Sikecil lagi kehabisan ide ini. Makannya beri semangat dengan menshare artike Sikecil agar Sikecil semangat membuiat artikel yang berkualitas setiap harinya.
Continue Reading

Alat Elektronik

Tips Membeli Barang Elektronik Bekas yang Aman

Avatar

Published

on

tips membeli barang elektronik

albabbarrosa – Membeli barang setengah pakai atau bekas masih menjadi pilihan alternatif bagi beberapa orang. Dengan harga yang murah sudah bisa memiliki barang yang diimpikan, meskipun kualitas dan performa tentu sudah menurun. Namun hal itu sepadan dengan uang yang dikeluarkan, tentu pecinta barang bekas sudah tahu konsekuensinya. Jadi jangan mengharapkan lebih dengan barang vekas ya.
Meski begitu, terkadang ada pula yang hoki dengan mendapatkan barang bekas yang masih layak untuk digunakan, bahkan terbilang performanya masih seperti barang baru. 
Tidak mudah untuk mendapatkan barang bekas dengan performa yang masih bagus. Selain hoki diperlukan pula ketrampilan, pengetahuan, dan tekhnik khusus dalam memilih barang bekas. Dengan begitu kita tidk kecewa dengan barang bekas yang kita beli, lebih lebih bisa menghindari modus penipuan barang bekas. Yang katanya bekas, tapi nyatanya barang yang bentar lagi mau rusak.
Nah untuk itu, sikecil akan memberikan beberapa tips untuk memilih barang bekas yang akan kamu beli. Agar nantinya kamu bisa mendapatkan barang bekas yang sesuai harapan.

Pastikan Kamu Mengerti Barang yang Akan Kamu Beli

Jangan hanya tergiur dengan harga dan spesifikasi barang yang akan kamu beli, kamu juga perlu untuk mengetahui seluk beluk barang tersebut. Bisa dengan melihat info info yang ada di internet. 
 
Bagus lagi kalau kamu memang pemerhati barang tersebut. Saya sendiri hanya membeli barang bekas yang sesuai hobi atau kesukaann saya, karena saya sudah tahu bagaimana seluk beluk barang tersebut. Jadi bisa mengecek sendiri bagaimana keadaan barang bekas yang akan saya beli.
Ada banyak sekali manfaat jika kamu sudah terlebih dahulu mencari informasi tentang barang bekas yang akan kamu beli. Kamu bisa menghindari bentuk penipuan barang bekas. Atau sekedar memilih barang bekas yang terbaik dan sesuai dengan kantong kamu.
Sebelumnya, baca artikel seputar android, sosial media dan game di Enterha.

Ajak Teman Untuk Memberikan Pendapat

Jika kamu merasa kurang informasi tentang barang bekas tersebut, alangkah baiknya kamu untuk mengajak teman yang paham betul dengan barang tersebut. Dengan begitu kamu tidak terkecoh dengan harga yang diberikan oleh penjual.
Adapun jika kamu merasa sudah paham dengan barang yang akan dibeli, mengajak teman juga masih bermanfaat kok. Yaitu untuk memberikan pendapat atau masukan. Jadi kamu nisa lebih bijak untuk memutuskan. Saya sendiri sering sekali mengajak teman untuk membeli barang bekas. Sekedar untuk memberikan pertimbangan, atau hanay sekedar pelengkap perjalanan, hehe.
Terkadang pendapat teman kita lah yang menentukan jadi atau tidaknya, meskipun menjadikan sebuah polemik. Entah mau mengikuti pikiran sendiri atau memilih saran dari teman.

Gapapa Ngecek lama yang Penting Aman

Jangan segan segan untuk mengecek barang bekas sampai ke akar akarnya, alias sangat teliti. Karena kita tidak tahu apa aja yang pernah terjadi pada barang tersebut. Jadi gapapa butuh waktu lama untuk mengecek yang penting barang dipastikan sesuai deskripsi si penjual.
Karena terkadang diakhir akhir pengecekan baru lah terlihat kekurangan barang yang sengaja tidak disebutkan oleh penjual. Dan kasus tersebut sudah biasa terjadi loh di jual beli barang bekas. Jadi maksimalkan waktu untuk mengecek sana sini.
Mungkin cukup itu yang dapoat sikecil berikan. Semoga bermanfaat untuk semua. Tetaplah jeli ketka membeli barang bekas jangan sampai menyesal dikemudian. Belajarlah dari pengalaman yang ada. Sampai jumpa di tips dan trick berikutnya. Support terus channel ini ya, kaya youtuber aja.
Continue Reading

Trending