Image by mhouge from Pixabay

albabbarrosa
– Di era yang semakin modern ini, semuanya dilakukan secara online. Contoh saja jual beli, sekarang jual beli tidak hanya dilakukan di pasar tradisional saja, atau di mall dan supermarket. Sekarang sudah marak toko toko online, baik berupa Website atau aplikasi Mobile. Perubahan dan perkembangan tersebut karena arus dari dunia modern yang mengusung mobilitas tanpa batas. Dan juga permintaan dari kebutuhan masyarakat.
 
Pendaftaran sekolah pun sekarang sudah melalui jalur online bukan. Mulai dari tingkat smp, sma apalagi dijenjang perkuliahan yang mengharuskan mahasiswanya melek inteletual dan teknologi informasi. Semua akan lebih mudah ketika kita online kan? Worth It kah?
 
Dampak dari mobilitas ini merambah ke sektor pekerjan. Jenis pekerjaan saat ini sudah ada yang secara online seperti; Frelancer, Bloger, Youtuber, broker, trading dan lainnya. Selain pekerjaan yang bersifat online, pekerjaan offline ada yang cara mendaftarnya lewat online. Kebanyakan adalah perusahaan besar yang ada di kota kota besar. baca juga macam-macam bisnis online.
 
Nah maka dari itu, bagi kamu yang sedang mencoba melamar kerja online, baik kerjanya yang secara online, atau hanya pendaftarannya saja yang secara online. Berikut Tips  Melamar Kerja Online, Ini Yang Harus Kamu Tahu  yang sudah dirangkum oleh albabbarrosa semoga bermanfaat disimak baik baik ya.

Tips Memilih Pekerjaan Online

Perhatikan Jenis Pekerjaannya

Perlu diingat sebagai pola pikir atau mindset kita bahwa pekerjaan yang bagus bukanlah yang memberikan kita gaji yang besar saja, melainkan pekerjaan yang membuat kita nyaman dan merasa tercukupi kebutuhan kita dengan gaji pekerjaan tersebut. Well, kalau masalah cukup tidak cukup itu urusan bagaimana kita bisa bersyukur dan mengatur pengeluaran uang untuk biaya perbulan atau perhari.
 
Mengingat perkembangan teknologi dan informasi berkembang begitu pesat, pekerjaan online pun sudah sangat banyak sekali macamnya. Sama seperti pekerjaan offline yang beragam, namun bedanya pekerjaan online dianggap lebih effisien, mudah diatur jam kerjanya dan tidak menghabiskan tenaga fisik. Selain itu, beberapa orang juga menganggap kalau perkerjaan online itu lebih inovatif dan mudah berkembang. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari sosial online atau dunia maya yang mudah diakses oleh siapapun.
 
Untuk itu kita harus pintar-pintar dalam emilih pekerjaan online. Berikut beberapa tips menurut saya :
  • Pastikan tidak mengganggu pekerjaan di dunia nyata. Jika kamu ingin mempunyai pekerjaan sampingan yang dikerjakan secara online, pastikan pekerjaan tersebut tidak mengganggu pekerjaan utamamu. Karena itu pekerjaan sampingan maka bisa kita kesampingkan dan utamakan pekerjaan utamamu.
  • Perhatikan Usaha dan Hasilnya. Banyak dari kita yang begitu jatuh hati dengan bisnis online, dan tanpa memikirkan dan mempertimbangkan bagaimana usaha dan hasilnya nanti.
  • Jika kamu memilih bisnis online tersebut sebagai pekerjaan utamamu.maka kamu harus menghitung berapa keuntungan yang kamu dapat dibagi dengan usaha yang kemu berikan. Jika usaha yang kamu lakukan bernilai lebih tinggi dengan untung yang kamu dapatkan, padahal dengan usaha seperti itu jika bekerja offline bisa menghasilkan untung yang lebih. Maka ada baiknya kamu tinggalkan bisnis tersebut. Kecuali jika bisnis onlinemu tersebut bisa berkembang atau mungkin kamu tidak punya pilihan lain.
Jangan sampai waktumu terbuang dengan Cuma-Cuma karena impian bisnis onlinemu yang tidak ada kepastian. Berani mencoba memang baik, tetapi lebih baik lagi jika kamu memperhitungkan apa yang akan kamu lakukan.

Perhatikan Jangka Panjang Jangka Pendek Pekerjaan Tersebut

Banyak yang memilih beralih mengambil pekerjaan online, selain karena waktu yang bisa di atur sendiri, juga karena hasilnya lebih besar dengan tenaga fisik yang lebih kecil. Meski begitu, bagi kamu yang berniat meninggalkan pekerjaan offlinemu dengan berbisnis online, maka kamu perlu memperhatikan jangka panjang dan jangka pendek pekerjaan tersebut.
 
Jika kamu yakin dan percaya (berdasarkan fakta dan perhitungan kamu) bisnis online bisa berlangsung lama dan cukup untuk memenuhi kebutuhan dan tabungan kamu, maka boleh-boleh saja kamu mengambil pekerjaan tersebut.
 
Meski begitu, ketika bisnis online kamu tersebut memang bisa berjalan lancar dalam jangka waktu yang lama. Kamu masih perlu mengambil antisipasi jikalau tiba-tiba bisnis online kamu berhenti. Kamu bisa mengantisipasinya dengan menabung hasil bisnismu dan mempersiapkan pekerjaan offline atau pekerjaan penggantinya sebelum bisnis onlinemu benar-benar berhenti.
 
Jika menurut pertimbanganmu bisnis online tersebut hanya bertahan dalam jangka waktu pendek, mungkin ada baiknya bagi kamu untuk tidak mengambil bsinis tersebut sebagai pekerjaan utama. Kamu masih bisa mencoba bisnis tersebut namun sebagai pekerjaan sampingan saja. Dengan begitu finansialmu tidak akan terganggu, dan kamu juga tidak merasa terbebani karena sudah memiliki pekerjaan utama. Kamu hanya perlu pandai-pandai mengatur pembagian waktu kerja, waktu istirahat, dan waktu untuk keluarga kamu.
 
Namun jika kamu masih bersi keras untuk mengambil bisnis tersebut sebagai pekerjaan utama meski dalam jangka waktu yang pendek. Setidaknya kamu sudah memiliki pandangan pekerjaan cadangan jikalau bisnis tersebut sudah benar-benar berhenti.

Tips Melamar Kerja Online

Perhatikan Keamanan Proses Pendaftaran

Ketika kamu hendak melamar sebuah pekerjaan menggunakan jalur onilne. Maka perlu kamu perhatikan keamanan pendaftaran tersebut. Kamu juga perlu untuk melakukan riset atau mencarai data-data tentang perusahaan atau lowongan kerja yang akan kamu daftar. Jangan sampai kamu tetipu dengan lowongan tersebut. Lebih-lebih kamu sudah mengirimkan berkas-berkas lamaran kerja. Karena takutnya, berkas lamaran tersebut akan disalahgunakan.
 
Jika kamu duharuskan untuk mengirim atau mentransfer beberapa uang sebagai bukti pendaftaran atau sebagai bentuk perekrutan anggota baru. Maka kamu perlu waspada, jangan-jangan hal tersebut merupakan penipuan yang berkedok.

2 thoughts on “Tips Memilih Melamar Kerja Online Yang Aman dan Nyaman”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *