Image by Robinraj Premchand from Pixabay
albabbarrosa.com  – Tagihan listrik rumah memang menjadi perhatian penting bagi beberapa orang. Mendapati tagihan listrik yang melunjak tentu membuat kita pusing, tabunagn yang harus untuk keperluan lain terpaksa untuk membayar tagihan listrik. Maka jalan satu-satunya untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan menghemat penggunaan listrik rumah.
 
Menghemat penggunaan listrik di era modern seperti ini memang terlihat cukup sulit ya. Wajar saja emang, karena di era sekarang hampir semua teknologi memerlukan daya listrik. Meski sudah ada beberapa alat elektronik yang diklaim hemat listrik. Hanya saja tentu alat elektronik tersebut belum tersebar secara merata. Jadi mau tidak mau harus diri kita sendiri yang berusaha untuk memaksimalkan listrik dirumah tanpa harus boros.
 
Bagi kalian yang belum terbiasa menghemat penggunaan listrik di rumah jangan kawatir karena Sikecil akan memberikan beberapa tips and trick untuk menghemat listrik rumah di era modern.

Jangan Nyalakan Lampu Di Siang Hari

Meskipun lampu tidak menghabiskan banyak konsumsi daya, akan tetapi lampu biasanya dihidupkan terus menerus ketika malam hari. Berbeda dengan Televisi yang hanya dihidupkan ketika ingin menonton saja. Penggunaan terus menerus tersebut juga makin lama akan menghabiskan banyak konsumsi daya. Utnu kitu kamu bisa mengatasinya dengan tidak menyalakan lampu kamar tidur di malam hari ketika kamu sedang tidur. Atau bisa juga hanya menyalakan lampu tidur saja yang hemat daya.
 
Selain itu, kebiasaan yang sering terjadi adalah lupa atau sengaja menyalakan lampu padahal sudah pagi hari,siang hari dan sore hari. Lupa mematikan lampu memang sering terjadi, karena ketika bangun tidur hal pertama yang dipikirkan adalah mandi, sarapan, terus berangkat kerja sehingga lupa mematikan lampu. Baca juga pentingnya sdm unggul untuk indonesia Produktif
 
Untuk kamu yang terbiasa menyalakan lampu di siang hari, ada baiknya untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Bahkan meskipun kamu sanggup membayar tagihan listrik rumah kamu, listrik tersebut tetap menggunakan atau membutuhkan sumber daya. Sepertihalnya PLTU yang menggunakan batubara sebagai bahan bakar untuk memperoleh tenaga pembangkit listrik. Semakin kamu boros dengan listrikmu, maka semakin PLTU boros mengeruk batu bara. Begituhlnya dengan Pembangkit Listrik lainnya yang juga semakin boros memerlukan bahan bakar untuk menghasilkan pembangkit listrik.

Jangan Keseringan Nonton TV

Menonton televisi memang adakalanya diperlukan untuk mencari informasi atau sekedar mencari hiburan. Meski begitu, jangan kamu sering-sering nonton televisi, karena sesuai survei yang ada membuktikan bahwa televisi menyumbang sebagai alat elektronik yang menghabiskan banyak daya listrik rumah, entah karena tvnya yang memang boros daya, atau pemiliknya yang menonton televisi terus terusan. Apalagi bagi pemilik toko yang ada televisinya, tentu akan menyalakan televisi tersebut sepanjang waktu sampai tokonya tutup.
 
Bagi kamu yang memiliki anak kecil, tentu mereka ingin setiap saat menonton televisi. Nah, ada baiknya bagi kamu untuk mengontrol anak-anak dalam menonton televisi. Selain tidak baik untuk kesehatan mata anak, kebanyakan menonton televisi juga cenderung membuat anak malas untuk melakukan sesuatu. Dan tentu, tagihan listrik di rumah akan semakin melonjak karena televisi kamu sering dinyalakan.

Matikan Kipas Angin dan AC Ketika Tidak Digunakan

Kipas angin dan Ac kini sudah menjadi alat elektronik wajib yang menghiasi ruangan. apalagi disetiap kota besar pasti setiap kantor atau universitas bahkan rumah pun pasti ada kipas angin dan Acnya. Namun, ada kebiasaan buruk yang membuat kipas angin dan ac masuk sebagai alat elektronik yang boros listrik. Hal tersebut karena kebiasaan buruk yang terus menerus menyalakan kipoas angin dan ac padahal tidak digunakan. Apalgi ketika masuk musim kemarau, ac dan kipas angin pasti akan dinyalakan setiap waktu.
 
Kebiasaan tersebut tidaklah bagus, selain boros listrik juga tidak bagus untuk kesehatan. Kebanyakan terkena kipas angin akan berdampak buruk bagi stamina tubuh kamu, selain itu juga dapat mengganggu paru-paru kamu. Begitu halnya dengan AC, didalam suhu ruangan yang terlalu dingin tanpa terkena sinar matahari tidak baik untuk kesehatan tubuh. Ada baiknya ketika kamu merasa kegerahan, cobalah sejenak untuk keluar rumah untuk merasakan udara segar yang tentu lebih sehat.
 
Nah, itulah sedikit tips dari Sikecil. Semoga bermanfaat jangan lupa share dan komen ya, sampai jumpa di artikel berikutnya.

One thought on “Tips Hemat Listrik Rumah Di Era Modern”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *