Smartphone Android LemotApakah kamu mengalami ponsel androidmu lemot? tenang saja kamu tidak perlu terlalu merasa khawatir dulu, karena sebenarnya ada cara yang tergolong simple namun cukup ampuh untuk mengatasi smartphone kamu yang lemot, walau mungkin tidak akan menyelesaikan masalahnya 100% tapi setidak hal ini akan sangat membantu meningkatkan kinerja pada smartphone kamu.

Selain cara yang akan saya bagikan ini terbilang praktis, kamu juga bisa melakukannya sendiri. Untuk itu kamu harus simak baik-baik ulasan demi ulasan yang saya sampaikan.

Pertama – Copot atau uninstall semua aplikasi yang tidak terlalu penting

Biasanya salah satu penyebab sebuah smartphone menjadi lemot ialah dikarenakan terlalu banyaknya aplikasi yang terinstall pada perangkat, terkadang sebagai pengguna ponsel pintar kerap kali tergiur untuk mengintall aplikasi-aplikasi tertentu tanpa memperhitungkan kemampuan daripada smartphone yang kita punya, padahal sebenarnya aplikasi tersebut tidaklah terlalu berguna dalam keseharian kita.

Baca Juga : Font Keren Picsay Pro

Oleh karena itu jika pada smartphone yang kamu gunakan ada banyak aplikasi yang mana sebenarnya aplikasi tersebut tidak terlalu kamu butuhkan, maka sebaiknya kamu uninstall saja applikasi-aplikasi tersebut karena efeknya sebenarnya bukan hanya menjadikan HP Android lemot, tapi juga menambah konsumsi daya pada baterai.

Kedua – Bersihkan ruang penyimpanan memori.

Jikalau cara pertama dirasa masih kurang ampuh menghilangkan lemot pada smartphonemu, kamu bisa lanjut menerapkan cara yang kedua ini, yaitu mengurangi atau membebas sebagian ruang pada memori penyimpanan. Biasanya seiring berjalannya waktu ruang penyimpanan pada ponsel akan semakin berkurang terutama kalau kamu adalah orang yang gemar berselfi atau sering merekam video menggunakan smartphone yang kamu punya, atau bisa juga karena kamu tergabung dalam group whatsapp yang sangat sering share gambar ataupun video yang justru hal ini akan membuat ruang penyimpanan ponsel menjadi penuh dan akan memberatkan kinerja sebuah smartphone.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Enkripsi End to End Chat WhatsApp

Ada baiknya jika kamu tergabung dalam sebuah group whatsapp yang sering share gambar atau video, buatlah setting whatsappmu agar tidak otomatis mendownload semua media (video dan gambar)

Sebenarnya untuk membebaskan ruang penyimpanan tidaklah harus menghapusnya, namun kamu juga bisa memindahkannya pada ruang penyimpanan ekternal (memori card) karena pada umumnya sebuah smartphone akan menyediakan slot untuk bisa dipasang kartu memori.

Ketiga – Bersihkan Data Cache.

Tips berikutnya untuk membuat kinerja smartphone agar semakin kencang ialah clear data cache, sebenarnya dengan data cache akan membantu mempercepat ketika membuka aplikasi sehingga ketika membuka aplikasi tersebut tidak perlu mengulang prosesnya dari awal, akan tetapi ini tidak berlaku bagi smartphone dengan spesifikasi yang pas-pasan karena justru akan menimbulkan efek buruk dan membuat lemot ponsel tersebut.

Keempat – Cek apakah memory card yang tersemat berfungsi dengan baik.

Perlu kamu ketahui bahwa sebuah kartu memori yang sudah dalam kondisi tidak baik (rusak) walaupun tidak rusak total dan terkadang masih berfungsi juga bisa membuat kenerja smartphone kamu menjadi lemot bahkan bisa membuat hp kamu menjadi sering mengalami hang.

ketika kartu memomri yang kamu punya sudah tidak baik lagi, maka sebaiknya jangan kamu pasang pada ponselmu atau lebih baik kamu beli lagi yang baru kalau ada dana.

Kelima – Factory Reset.

Langkah ini adalah langkah terakhir ketika semua cara yang saya sebutkan diatas tidak membuat efek yang baik bagi smarphone kamu, factory reset atau yang di kenal dengan kembali ke setelan pabrik merupakan langkah bisa kamu pilih kalau kamu ingin smartphonemu kembali lanjay lagi, namun yang perlu kamu ingat sebelum melakukan factory reset adalah membackup semua data-data yang menurut kamu perlu/penting terutama pasword akun google yang kamu gunakan di ponselmu jangan sampai kamu harus keluar dana lagi hanya karena keteledorannmu.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Foto Profil FB Tidak Muncul Atau Tidak Tampil

Factor reset akan mengembalikan hp kamu seperti saat pertama kali kamu mengaktifkannya, yakni disitu akan hanya ada aplikasi bawaan saja dan semua data milikmu sebelumnya akan terhapus tanpa terkecuali

Maka dari itu, berhati-hatilah jika kamu memilih opsi yang terakhir ini. Karena kalau kamu sampai membuat kesalahan kamu akan menyesalinya.

Akhir Kata

Itulah tips dari zulfikars untuk mengatasi hp android lemot. selamat mencoba dan semoga smartphonemu kembali lancar seprti sedia kala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Cara Top Up Dana Tanpa Biaya Admin

Halo tipsrom, dompet digital memang lagi naik daun. Kita jadi bisa lebih…

Cara Mengunci Aplikasi di HP Oppo Terbaru Cukup Butuh Waktu 30 Detik

Cara Mengunci Aplikasi di HP Oppo – Kali ini Zulfikars akan memberikan…

Cara Mengatasi Xiaomi MI A1 Stuck di Mode Fastboot

Mengatasi MI A1 Stuck di Mode Fastboot – Pernahkah sobat tipsrom mengalami…

Cara Mengaktifkan Enkripsi End to End Chat WhatsApp

Cara Mengaktifkan Enkripsi End to End WhatsApp- aplikasi whatsapp menjadi aplikasi yang…