Mengapa jam tangan bisa anti air?

Jam tangan memiliki kemampuan anti air karena dilengkapi dengan fitur yang mampu melindungi mekanisme dalamnya dari kerusakan yang disebabkan oleh air atau kelembaban. Fitur ini termasuk tahan air, penutup belakang yang kedap air, serta karet atau silikon pada tali yang juga tahan air.

Pembahasan Lengkap

Jam tangan yang tahan air atau anti air merupakan fitur yang banyak dicari oleh konsumen. Namun, apa sebenarnya yang membuat jam tangan bisa anti air? Pembahasan berikut akan menjelaskan hal tersebut.

Kualitas Material

Jam tangan yang anti air umumnya terbuat dari material yang berkualitas tinggi, seperti stainless steel, titanium, atau bahan sintetis yang tahan terhadap korosi. Material ini memungkinkan jam tangan untuk tetap tahan air saat terpapar kelembapan atau bahkan saat terendam dalam air.

O-Ring dan Seal

Jam tangan anti air juga dilengkapi dengan O-ring atau segel karet di bagian penutup belakang serta kronograf untuk mencegah air masuk ke dalamnya. O-ring ini mengisi celah antara bagian-bagian yang dapat bergerak pada jam tangan, sehingga air tidak dapat masuk melalui celah tersebut.

Kapasitas Water Resistance

Jam tangan mengusung tipe water resistance yang berbeda-beda, seperti 30 meter, 50 meter, 100 meter, atau bahkan lebih. Angka-angka ini menunjukkan sejauh mana jam tangan dapat tahan terhadap air. Semakin tinggi angka yang tertera, semakin besar kemampuan jam tangan untuk bertahan di dalam air.

Penggunaan Tutup Sekrup

Banyak jam tangan anti air dilengkapi dengan tutup sekrup untuk penutupan belakangnya. Tutup sekrup ini dapat memberikan perlindungan lebih serta mencegah air masuk ke dalam jam tangan. Dengan demikian, jam tangan dapat terhindar dari kerusakan akibat kontak dengan air.

Baca Juga :  Apa yang dimaksud dengan jam tangan dengan penanda waktu dunia (world timer)?

Kesimpulan

Jam tangan bisa anti air karena penggunaan material berkualitas tinggi, seperti stainless steel atau titanium, serta dilengkapi dengan O-ring dan segel di bagian penutupnya. Kemampuan water resistance yang dimiliki juga memainkan peran penting dalam menjaga jam tangan tetap tahan air. Dengan penggunaan tutup sekrup, jam tangan juga dapat terlindung dari air dengan lebih baik. Oleh karena itu, jam tangan anti air dapat dipercaya untuk menemani aktivitas sehari-hari kita, termasuk di lingkungan yang lembap atau saat berenang.