Apa itu ‘movement’ dalam jam tangan dan mengapa itu penting?

Pembahasan Lengkap

Jam tangan saat ini telah berkembang menjadi lebih dari sekadar alat untuk menunjukkan waktu. Salah satu istilah yang sering digunakan dalam industri jam tangan adalah “movement” atau gerakan. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan movement dalam jam tangan, dan mengapa hal ini penting? Mari kita bahas secara lengkap.

Pengertian Movement dalam Jam Tangan

Movement dalam jam tangan mengacu pada mekanisme di dalam jam yang membuat jarum bergerak dan mengukur waktu. Terdapat dua jenis movement yang umum digunakan, yaitu quartz movement dan mechanical movement.

Quartz movement menggunakan osilator kristal kuarsa untuk menghasilkan getaran yang konstan dan tepat. Jarum pada jam tangan dengan quartz movement bergerak secara terputus-putus atau berdetak, yang membuatnya memiliki akurasi yang tinggi. Quartz movement juga cenderung lebih tahan terhadap guncangan dan getaran.

Sementara itu, mechanical movement menggunakan pergerakan mekanis yang kompleks dengan roda gigi, pegas, dan komponen lainnya. Jarum pada jam tangan dengan mechanical movement bergerak secara mulus, memberikan pengalaman yang khas dan estetika yang indah. Beberapa tipe mechanical movement yang terkenal adalah automatic movement, manual winding movement, dan skeleton movement.

Pentingnya Movement dalam Jam Tangan

Movement merupakan salah satu faktor terpenting dalam menentukan kualitas dan harga sebuah jam tangan. Hal ini dikarenakan movement yang baik akan memberikan keandalan, ketepatan waktu, dan daya tahan yang lebih baik.

Quartz movement, dengan akurasinya yang tinggi, umumnya lebih diandalkan untuk jam tangan sehari-hari. Mekanisme geraknya yang sederhana juga membuatnya lebih mudah dalam perawatan. Di sisi lain, mechanical movement, terutama yang berkualitas tinggi, memberikan kepuasan estetika dan pengalaman historis yang berharga bagi para penggemar jam tangan.

Baca Juga :  Apa yang dimaksud dengan jam tangan dengan penanda waktu dunia (world timer)?

Selain itu, movement juga mempengaruhi harga jam tangan. Jam tangan dengan movement quartz cenderung lebih terjangkau, sementara jam tangan dengan movement mechanical, terutama yang berasal dari produsen terkenal dan berkualitas tinggi, memiliki harga yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Dalam dunia jam tangan, movement atau gerakan memegang peranan yang sangat penting. Quartz movement memberikan akurasi tinggi dan harga yang lebih terjangkau, sementara mechanical movement memberikan kepuasan estetika dan pengalaman historis. Dalam memilih dan menentukan jam tangan, penting untuk memahami perbedaan antara kedua jenis movement ini sesuai dengan preferensi serta kebutuhan pribadi.