Apa itu lume dalam jam tangan dan bagaimana cara kerjanya?

Pembahasan Lengkap

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang lume dalam jam tangan dan cara kerjanya. Lume sebenarnya merupakan singkatan dari lumen, yang mengacu pada kecerahan cahaya yang dipancarkan oleh bahan fosfor dalam jam tangan.

Bahan fosfor yang digunakan dalam lume adalah zat fotoluminesen yang memiliki kemampuan untuk menyerap cahaya dan kemudian memancarkannya. Hal ini membuat angka, tanda, atau marka pada dial jam tangan terlihat lebih jelas di dalam kegelapan.

Proses pemancaran cahaya oleh lume pada jam tangan dapat berlangsung dalam dua cara, yaitu:

  1. Pemancaran Diri (Self-Illumination): Pada jenis jam tangan dengan lume ini, bahan fosfor yang digunakan mampu memancarkan cahaya sendiri tanpa membutuhkan paparan cahaya sebelumnya. Cahaya ini kemudian akan tetap berfungsi dalam jangka waktu tertentu sebelum berangsur-angsur meredup.
  2. Pemancaran Induksi (Induced Illumination): Pada jenis jam tangan dengan lume ini, bahan fosfor harus terlebih dahulu dipaparkan ke sumber cahaya, seperti sinar matahari atau cahaya lampu, untuk menyerap energi. Setelah energi diserap, bahan fosfor akan memancarkan cahaya dalam kegelapan untuk beberapa waktu sebelum perlahan-lahan meredup.

Pada umumnya, lume digunakan pada bagian angka, tanda, atau marka pada dial jam tangan, jarum, serta bezel atau lunette. Dengan adanya lume, pengguna jam tangan bisa melihat waktu dengan jelas, terutama saat berada di tempat yang minim cahaya atau saat malam hari.

Keberadaan lume dalam jam tangan membantu meningkatkan kepraktisan dan fungsionalitas jam tersebut. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa daya tahan cahaya yang dipancarkan oleh lume bisa berbeda-beda tergantung pada kualitas bahan fosfor, eksposur cahaya sebelumnya, serta teknologi yang digunakan oleh produsen jam tangan tersebut.

Baca Juga :  Bagaimana cara menyesuaikan jam tangan dengan busana formal atau kasual?

Kesimpulan

Lume merupakan bahan fosfor pada jam tangan yang mampu memancarkan cahaya dalam kegelapan. Terdapat dua cara pemancaran cahaya yaitu pemancaran diri dan pemancaran induksi. Lume biasanya digunakan pada angka, tanda, atau marka pada dial jam tangan. Dengan adanya lume, pengguna jam tangan bisa dengan mudah melihat waktu pada kondisi minim cahaya. Namun, daya tahan cahaya yang dipancarkan oleh lume bervariasi tergantung pada kualitas bahan fosfor dan teknologi yang digunakan.