Akhir akhir ini banyak sekali blogger yang mengeluh soal adsense dan google. Setelah adsense menerapkan peraturan baru di youtube dimana banyak akun yang terjaring razia 4000 jam tayang dan 1000 subscriber. Jadi bagi mereka yang mempunyai adsense youtube sejak dulu (yang tanpa ada keharusan 1000 subs dan 4000 jam tayang) kini harus kehilangan akun tersebut jika sampai sekarang masih belum memenuhi persyaratan tersebut.
 
Selain itu, banyak juga blogger yang mengeluh soal update algoritma google terbaru. Dimana banyak blogger yang merasa rank blognya menurun sehingga visitor mereka juga ikut menurun, hal tersebut tentu mengganggu pendapatan mereka yang utamanya berasal dari tayangan iklan.
 
Masih seputar tayangan iklan adsense, ternyata juga ada masalah juga yang menimpa beberapa blogger yang menayangkan iklan adsense. Masalah tersebut adalah tayangan iklan adsense dibatasi sehingga tidak bisa menampilkan iklan secara maksimal yang mebuat pendapatan mereka turun cukup drastis.
 
Sebenarnya wabah pembatasan iklan adsense ini sudah ada sejak tahun-tahun kemarin loh,  dan sekarang wabah tersebut menyebar lagi. Pada awalnya kamu akan melihat di dashboard adsense kamu kalau tayangan iklan menurun. Setelah beberapa hari kamu akan mendapatkan Email dan notif di dashboard adsense bahwa jumlah iklan yang dapat anda tampilkan telah dibatasi.
 
Saya sendiri pernah terserang wabah ini sekitar 3 bulan yang lalu, namun akhirnya wabah tersebut bisa sembuh. Tips dan Tricknya akan saya share di bawah. Hampir sebulan akun adsense saya terkena wabah pembatasan iklan adsense, meski akhirnya bisa lepas dengan beberapa trick.
 
Namun yang masih membuat bingung beberapa blogger adalah, kenapa akun mereka bisa kena pembatasan iklan, padahal mereka tidak melakukan kecurangan. Well, sebenarnya pembatasan tersebut bukan hanya karena kecurangan tetapi karena beberapa hal. Apa saja hal tersebut, berikut :

Penyebab Iklan Adsense Dibatasi

Jika kamu cermati email dan notif pembatasan iklan tersebut adalah karena Invalid klik. Well, invalid klik memang menjadi sebuah pelanggaran menurut adsense, jika pelanggaran tersebut terlalu berat bisa saja adsense mendisabel atau bahkan membanned akun adsense tersebut.
 
Nah perlu kalian ketahui, bahwa invalid klik bisa terjadi karena beberapa hal antara lain :
  • Trafik blog kebanyakan dari media sosial, seperti facebook, twitter, instagram dan lain-lain. Media sosial memang menjadi tempat yang paling strategis untuk mencari visitor secara cepat. Apalagi artikel yang kamu share mengandung click bait dan sensaional. Meski begitu, ternyata akhir-akhir ini trafik dari media sosial dianggap tidak aman bagi adsense blog. Mungkin hanya bagi blog yang tidak memiliki visitor organik sama sekali. Karena berdasarkan laporan di gorup, blogger yang hanya mengandalkan visitor via media sosial terkena wabah pembatasan iklan adsense.
  • Tidak ada trafik organik yang menuju blog kamu. Well update terbaru google mensiratkan kalau google lebih suka traffik organik. Masih seputar trafik blog kita nih. Selain trafik yang hanya dari medi sosial, ternyata blog yang tidak memiliki trafik oragnik juga cukup rawan loh untuk terkena wabah pembatasan iklan. Kebanyakan yang terkena wabah ini adalah blog yang masih berumur 1-3 bulan, dan masih sedikit visitor organik mereka. Pada algoritma terbaru google mensiratkan bahwa google akan lebih fokus menayangkan iklan di halaman atau website yang memiliki banyak manfaat. Jika blog kamu sepi visitor organik, maka blog kamu akan dianggap tidak bermanfaat.
  • Murni invalid klik seperti; sengaja klik, dibom klik orang lain, ketahuan nuyul klik dan tindakan ilegal lainnya. Jika kamu baca ketentuan dan kebijakan adsense, pasti kamu tahu bahwa mengklik iklan sendiri dianggap pelanggaran dan akan dikenakan sangsi. Juga termasukmenyuruh orang lain, atau bekerjasama untuk saling mengklik iklan adsense juga dianggap pelanggaran. Dan juga, sering mengunjungi blog sendiri untuk mengecek tayangan iklan dan lain sebagainya (meskipun tidak mengklik iklan) juga akan dianggap sebagai invalid klik. Jadi jangan keseringan buka blog sendiri ya.

Cara Mengatasai Pembatasan Iklan Adsense

  • Update terus artikel blog kamu, minimal 1 hari satu artikel. Kenapa harus sering update artikel? Karena dengan begitu potensi orang lain untuk mengunjungi blog kamu lewat google search semakin bertambah. Dengan begitu blog kamu akan mendapatkan visitor organik. Selain itu juga untuk meningkatkan nilai blog kamu dimata google. Blog yang aktif akan sering diperhatikan oleh google dan dianggap sebagai blog yang bermanfaat dan layak menayangkan iklan adsense.
  • Copot iklan manual, dan pasang saja iklan auto ads. Pembatasan iklan ditandai dengan blank pada setiap tampilan iklan kamu. Dan tahukah kamu bahwa yang blank tersebut adalah iklan manual. Beberapa blog yang terkena pembatasan iklan, maka hanya iklan otomatis yang tampil dan itupun jarang-jarang. Untuk iklan manual atau iklan display hampir tidak muncul sama sekali.
  • Jika ada blog safelink, copot dulu dari iklan, atau update blog safelink kamu biar kelihatan hidup. Trafik dari blog safelink dianggap spam oleh google, meskipun google masih belum bisa mendeteksi blog safelink (mungkin). Hal tersebut karena blog safelink tidak memiliki visitor organik, karena kebanyakan visitornya merupakan redirect dari link download.
  • Usahakan blogwalking dengan trafik organik. Tujuan utama dari blogwalking dengan trafik organik adalah agar blog kamu terlihat hidup. Blogwalking dengan trafik organik adalah dengan menyuruh orang lain utnuk mengunjungi blog kamu lewat google search dengan keyword nama blog ataupun keyword artikel kamu.
  • Jangan kebanyakan blogwalking berdoa dan bersabar.
Nah itulah penyebab mengapa iklan adsense anda dibatasi penayangan iklannya. Jadi jangan main-main ya dengan adsense. Hehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *