Connect with us

Alat Dapur

Tips Menjaga Kebersihan Dapur Di Musim Hujan

Avatar

Published

on

menjaga kebersihan dapur di musim hujan
Image by Karolina Grabowska from Pixabay
albabbarrosa – Masakan yang sehat berawal dari dapur yang bersih, bener kan? Neh, mengingat sekarang sudah tiba waktunya musim hujan, ada baiknya bagi kalian semua yang suka masak, atau membuat apapun di dapur untuk memperhatikan dan menjaga kebersihan dapur ya.
 
Karena apa? Karena di musim hujan suhu ruangan cenderung menjadi lebih lembab, ruangan seperti itu menjadi tempat favorit bagi koloni nyamuk. Nyamuk juga semakin cepat berkembang biak karena tempat yang mendukung.
 
Dapur merupakan ruangan yang cenderung lemab karena banyaknya bahan-bahan dan perabotan yang bertumpuk. Selain itu, bahan makanan dan sayuran yang sudah tidak layak pakai dan masih disimpan di dapur juga mempengaruhi habitat nyamuk semakin berkembang biak.
 
Hal tersebut, selain mengganggu aktivitas kamu di dapur juga  membuat masakan kamu menjadi incaran bagi para nyamuk dan lalat. Mengingat nyamuk dan lalat sering membawa sesuatu yang tidak sehat, ada baiknya kamu selalu menjaga kebersihan dapur agar tidak menjadi sarang nyamuk dan lalat. Berikut Sikecil share tips menjaga kebersihan dapur di musim hujan.

Selalu Bersihkan Sehabis Masak

Beberapa orang menjaga kebersihan dapur dengan merapikan dan membersihkan beberapa hari sekali. Namun ketika masuk musim hujan, intensitas membersihkan dapur harus kamu tingkatkan. Supaya kamu tidak merasa capek karena selalu menjaga kebersihan dapur, jalan yang terbaik adalah dengan selalu membersohkan area dapur, seperti meja, kompor, lantai dapur, dan perabotan lainnya setelah kamu menyelesaikan aktivitas memasak kamu.
 
Kebiasaan kecil seperti itu akan berdampak baik bagi dapur kamu. Selain itu juga kamu tidak merasa capek.karena sudah membiasakan membersihkan area dapur setelah memasak makanan. Dengan dapur yang selalu bersih tentu nyamuk dan lalat tidak betah berkoloni ditempat ruang seperti itu, jadi kamu punya banyak peluang untuk terbebas dari nyamuk dan lalat di dapur.

Gunakan First In First Out

Kebutuhan dapur seringkali membuat uang harian kita terasa cepat habis bukan. Dan salah satu untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menyetok bahan makanan dan minuman. Namun, malah justru dengan menyetock seperti itu, kadang kita tidak tahu mana yang harus digunakan terlebih dahulu mana yang tidak. Untuk itulah ada yang namanya prinsip first in first out.
 
First in first out adalah, bahan atau stock yang pertama dimasukkan di kulkas atau yang pertama disimpan maka itulah yang pertama digunakan. Untuk itu agar kamu tidak lupa mana yang pertama distock, kamu bisa memberikan tanggal atau catatan waktu kapan barang tersebut dimasukkan di kulkas atau disimpan di dapur. Dengan begitu, stock bahan makanan kamu tidak ada yang membusuk karena tidak dipakai-pakai.

Jaga Kebersihan saluran Air

Genangan air menjadi tempat favorit koloni nyamuk dan serangga lainnya. Mungkin kamu akan berpikir kalau dapur kamu tidak ada hbungannya dengan genangan air, karena kamu pasti akan berpikir kalau genangan air hanay ada di kamar mandi saja. Tapi menurut saya hal tersebut tidak benar. Beberapa dapur menggunakan sistem cuci di ruangan dapur atau yang biasa dikenal dengan washbak. Nah, bagi kamu yang dapurnya terdapat washbak ada baiknya untuk memperhatikan saluran air washbak tersebut. Jangan-jangan terdapat kebocoran air dibawah washbak, yang notabenya berada dipojokan ruangan sehingga sulit diamati dengan sekejap saja.

Jangan Terlalu Lama Menyimpan Sampah

Kemalasan selanjutnya yang sering kali kita abaikan adalah terlalu lama menumpuk sampah di dapur. Mungkin kalian berpikir kalau sampahnya masih sedikit, oleh sebab itulah kamu menunggu sampah sampai penuh baru membuangnya ke tempat sampah. Kebiasaan tersebut sangat tidak baik,apalagi di  musim hujan seperti ini. sampah yang terlalu lama menumpuk menjadi rumah bagi lalat dan nyamuk nakal.
 
Membuang sampah setiap sore hari atau setiap pagi hari sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kenyamanan dapur kamu. Apalagi kebanyakan sampah tersebut merupakan sayuran dan sisa bahan makanan yang bisa menimbulkan bau busuk karena bakteri-bakteri yang ada pada sisa sayuran yang membusuk. Di musam hujan seperti ini bakteri pada sayuran yang membusuj cepat sekali berkembang dan berubah menjadi ulat-ulat kecil yang membuat kamu geli melihatnya.
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alat Dapur

Tanaman Hias yang Cocok Untuk Dapur Minimalis

Avatar

Published

on

tanaman hias dapur minimalis
Image by Finmiki from Pixabay
Tanaman Hias yang Cocok Untuk Dapur Minimalis – Bicara soal dekorasi dapur minimalismemang sangat menarik, bukan sekedar mengenai perabotan-perabotan dapur , kita juga bisa mempercatik ruang dapur kita dengan berbagai hal. Salah satunya adalah dengan adanya tanaman hias. Jika kemarin kita membahas tentang interior dapur minimalis perihal set perabotan dapur, hari ini kita akan menghias dapur minimalis kita dengan tanaman hias.
 
Tanaman hias tentu sudah sering menghiasi teras rumah ataupun ruang atas rumah kita, namun pernahkah kamu berfikir untuk menaruh tanaman hias tersebut di dapur kamu? Tanaman hias selain mempercantik ruangan juga memberikan kesan yang nyaman dan segar kepada ruangan tersebut.
 
Nah akan cocok sekali jika ruang dapur minimalismu kamu hiasi dengan tanaman hias. Karena pada umumnya dapur minimalis memiliki ruang yang tidak terlalu luas. Nah, dengan menghiasi dengan tanaman hias, selain ruangan tampak nyaman juga tampak luas. Nah, kira-kira tanaman apa saja yang cocok untuk dijadikan tanaman hias di dapur minimalis? Nah, berikut Sikecil berikan informasinya.

Lili Paris (Cholrophytum Comosum)

Lili paris dalah tanaman hias yang sering kita jumpai di teras teras rumah maupun ruang tamu. Tanam ini mempunyai daun hijau yang memanjang dengan gradasi warna kuning di tengahnya. Ukurannya yang tidak terlalu besar dan lebar membuatnya cocok untuk ditaruh di ruang manapun, termasuk menghias dapur minimalis dengan lili Paris.
 
Tanaman ini biasa ditanam di pot duduk maupun pot gantung. Namun menurut sikecil lili paris sangat cocok ditanam di pot duduk karena tanamannya yang tidak terlalu tumbuh panjang, sehingga tidak cocok jika dilihat dari bawah, tapi sangat cocok dilihat dari atas.

Lidah Mertua (Sansevieria)

Sekilas namanya galak juga ya lidah mertua, namun jangan salah, tanaman ini memiliki tampilan yang sangat bagus dengan daun warna hijau yang menjulang ke atas denagn ukuran yang cukup lebar dan daunnya dikelilingi garadasi warna kuning, sedangkan bagian tengah daun memiliki corak warna hijau dan putih yang tidak beratur.
 
Tanaman hias ini sering kali kita temukan di dapur dapur rumah. Ya karena penanamannya yang tidak terlalu sulit dan perawatannya juga cukup mudah. Dantahukah kamu, bahwa tanaman ini tidak memerlukan air yang banyak lo,secukupnya saja sudah bisa tumbuh dengan baik.

Sirih Blaster Heart

Tanaman yang memiliki bentuk seperti tanaman sirih ini (biasa disebut sirih belanda) sangat bagus digantung di dapur mnimalis kamu, disebelah jendela atau ruangan yang terbuka. Tanaman ini relatif mudah untuk dirawat. Disebut sirih blaster heart karena bentuk daunnya yang mirip dengn bentuk logo hati. Tanaman ini termasuk tanaman yang tidak berbunga, meski begitu tetap enak dipandang karena memiliki bentuk yang menjular teratur dan memiliki daun yang berbentuk hati.

Pakis Boston

Sesuai dengan namanya, tanaman ini berasal dari boston, amerika serikat.  Warna daun yang hijau sangat menyegarkan mata kamu ketika sedang di dapur. Tanaman ini terlihat cantik karena memiliki daun yang menjuntai kebawah dengan daun-daun kecil yang tersusun memanjang. Untuk perawatan memang agak sulit, namun tak perlu kawatir kamu hanya perlu menaruhnya di dekat jendela agar kena sinar matahari dan sesekali menyiramnya.
 
Nah itulah beberapa tanaman hias pilihan alatkecil yang cocok untuk menghias dapur minimalis kamu.harganya relatif ya, tapi tidak terlalu mahal kok untuk mempercantik tampilan dapur kamu. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa di tips n trick lainnya.
Continue Reading

Alat Dapur

Dapur yang Nyaman dan Aman Menurut Sikecil

Avatar

Published

on

dapur yang nyaman dan aman
Image by Werner Heiber from Pixabay
Dapur yang Nyaman dan Aman Menurut Sikecil – Dapur merupakan bagian dari rumah yang cukup urgen juga keberadaanya, tanpa dapur kita mau masak dimana coba?, kalau makan diluar terus terusan kan jadinya boros. Sebab itulah, banyak sekali yang memperhatikan dapur rumah baik dari konsep, tata letak, jenis perabotan dapur dan lain-lain.
 
Perhatian tersebut tentu demi mendapatkan dapur impian yang nyaman, aman, dan sempurna tentunya. Kenyamanan dapur menjadi fokus utama seorang kepala keluarga untuk istri dan anak-anaknya, aman saja tidak cukup, maka perlu yang namanya dapur yang nyaman.
 
Definisi nyaman memang subjektif dan relatif tergantung individunya, namun setidaknya ada patokan umum tentang bagaimana dapur bisa dikatakan nyaman atau tidak. Dengan begitu ada nilai yang harus dipenuhi oleh seseorang yang mengharapkan dapur yang nyaman.
 
Untuk itu sikecil juga memiliki kriteria tersendiri untuk menentukan ruang dapur sudah nyaman dan sempurna atau belum. Seperti apakah dapur yang nyaman itu, dan bagaimana kriteria dapur yang nyaman menurut sikecil. Simak baik baik pembahasan di bawah ini.

Mencukupi Kebutuhan Dapur

Nyaman bukan berarti harus mahal, menurut Prof. Kecil, nyaman adalah dimana ketika apa yang kita butuhkan sudah terpenuhi tanpa kita merasa susah atau mengeluh. Jadi ketika kamu bertanya apakah dapur yang nyaman itu harus membeli ini itu untuk mencukupi kebutuhan dapur? Bukan, perhatikanlah, apa saja kebutuhan dapur yang harus kamu penuhi, jadi cukupilah kebutuhan dapurmu, kalau sudah cukup maka disitulah titik kenyamanan.
 
Kalau untuk kebutuhan masak sehari-hari sudah merasa tercukupi maka harusnya kamu sudah nyaman dengan dapur kamu. Kamu tidak perlu lagi membeli ini itu, sementara kebutuhan pokok kamu belum terpenuhi. Jadi, penuhi dulu kebutuhan pokok kamu.
 
Mengenai alat atau perlengkapan dapur, kamu cukup membeli apa yang kiranya sering digunakan dan dipakai untuk memasak, makan, dan minum. Karena fungsi utama dapur adalah untuk memasak, membuat makanan dan minuman.

Tidak Menghabiskan Ruang

Mengatur tata ruang dapur juga harus diperhatikan loh, karena dengan begitu kita bisa mendapatkan ruang dapur yang nyaman dan aman tentunya. Apalagi bagi kalian yang memiliki rumah dengan konsep minimalis atau mungkin ruang untuk dapur memang tidak begitu luas. Kalau begitu salah satu cara agar ruang dapur tetap nyaman adalah dengan mengatur tata letak perabotan yang ada di dapur agar tidak banyak menghabiskan ruang.
 
Selain terasa nyaman, tentu kamu akan merasa aman ketika tata letak dapur sangat teratur dan terasa sempit. Aktifitas di dapur tidak terbatasi oleh ruang yang sempit akibat tata letak yang tidak beraturan. Semakin teratur maka semakin kecil pula kemungkinan terjadinya kecelakaan di dapur. Bagi kamu yang masih bingung tentang cara mengelola dapur, baca Set Dekorasi Dapur Minimalis untuk rumah minimalis.

Tidak Terjadi Kebocoran Air

Dapur memang tidak terepas dengan air, keberadaan air juga diperlukan di dapur. Namun akan menjadi menjengkelkan ketika terjadi kebocoran air di dapur. Selain membuat lantai licin, genangan air yang ada juga bisa jadi menjadi sarang bagi nyamuk. Apalagi jika genangan air tersebut berada di pojok-pojok ruang dapur. Maka perlu diperhatikan perawatan saluran air yang ada di dapur, terutama saluran air di washbak.

Kebersihan Dapur

Tentu semua orang akan setuju kalau dapur yang bersih mencerminkan dapur yang aman dan nyaman. Aktifitas di dapur pun terasa nyaman ketika dapur kita terlihat bersih, tidak ada kotoran minyak yang menumpuk di kompor, tidak ada tetesan air yang membasahi lantai, tidak ada sisa sisa bahan masakan yang mengotori lantai dan meja dapur.
 
Dapur yang bersih juga membuat kita nyaman untuk masak dan makan. Ada baiknya kamu selalu membersihkan arean dapur setelah memasak atau membuat sesuatu di dapur. Kebiasan kecil tersebt akan berdampak sangat baik untuk keberlangsungan dapur kamu.
 
Nah, itulah yang dapat sikecil sampaikan mengenai dapur yang nyaman. Semoga bermanfaat sampai jumpa di artikel berikutnya.
Continue Reading

Alat Dapur

Saran Dekorasi Dapur Minimalis Untuk Rumah Minimalis

Avatar

Published

on

dekorasi dapur minimalis
Image by Rudy and Peter Skitterians from Pixabay
Mempunyai dapur yang nyaman dan aman merupakan dambaan semua orang. Dengan dapur yang nyaman membuat kita bisa melakukan aktifitas dapur tanpa gangguan. Jaman dulu dapur sebuah rumah memiliki ruang yang cukup besar, jadi kenyaman sudah pasti didapatkan.
 
Berbeda dengan dapur di era sekarang. Di era sekarang model rumah minimalis sangat digemari dan  menjadi pilihan ketika membangun sebuah rumah. Karena rumahnya menerapkan konsep minimalis, dapur rumah tersebut juga harus berkonsep minimalis agar sejalan dengan konsep rumah.
Dapur yang minimalis tentu memiliki ruangan yang tidak terlalu lebar, sehingga butuh ketrampilan dan kreatifitas untuk mendekor dapur tersebut, agar perabotan dapur dapat ditaruh tanpa mengganggu aktivitas di dapur.
 
Dapur minimalis bukan berarti tidak memerlukan banyak perabotan, hanya saja perabotan yang ada dikemas sedemikian rupa agar dapur tidak terasa sempit. Dengan begitu konsep dapur minimalis masih bisa diandalkan untuk melakukan aktivitas masak besar-besaran maupun masak kecil-kecilan.
Banyaknya minat orang untuk membuat dapur minimalis, dan banyak yang masih mencari saran untuk dekorasi dapur minimalis, berikut SiKecil berikan sedikit gambaran untuk pembaca setia mengenai dekorasi dapur minimalis yang cocok untuk rumah baru.

Set Dapur Minimalis Dengan Bahan ramah Lingkungan

Di era modern ini perhatian terhadap lingkungan semakin gencar dilakukan, hal tersebut untuk mengurangi terjadinya efek rumah kaca yang tidak baik untuk udara yang ada di bumi. Dengan menggunakan set dapur minimalis yang ramah lingkungan secara tidak langsung kita juga ikut merawat kesehatan udara di bumi.
 
Set dapur minimalis ramah lingkungan banyak kita temukan di toko perabootan rumah dan di toko toko online dengan harga yang relatif terjangkau. Kebanyakan terbuat dari kayu ataupun bambu, dan bebebrapa ada yang dari kayu atau bambu unggulan agar tidak cepat rusak. Disamping kita mendapatkan set dapur yang minimalis, kita juga mendapatkan bonus berupa kelestarian lingkungan berkat usaha kita menerapkan konsep ramah lingkungan.

Set Dapur Minimalis Yang Menyatu Dengan Ruang Keluarga

Bercengkrama dengan keluarga merupakan waktu yang sangat dinanti-nanti, setelah seharian, seminggu bahkan sebulan sibuk dengan urusan pekerjaan, ada baiknya menyempatkan quality time berkumpul dengan keluarga.
 
Kalau sudah berkumpul-kumpul gitu pastinya kita  tidk lepas dengan yang namanya makan-makan baik makan ringan maupun makan besar. Nah, rumah konsep minimalis sangat cocok untuk menerapkan konsep dapur yang menyatu dengan ruang tengah atau ruang keluarga. Dengan begitu setiap anggota keluarga bisa lebih mudah untuk bersama-sama bikin makanan. Tentu memasak sambil bercengkrama dengan keluarga, sambil melihat kerabat saling bercanda tawa menjadi nilai tambah bukan.

Set Dapur Minimalis Dengan Ruang Penyimpanan Yang Luas

Set minimalis bukan berarti mengorbankan tempat untuk menyimpan barang berkurang, kita masih bisa melakukan sedikit perubahan dekorasi agar memiliki ruang yang cukup luas untuk menyimpan barang barang.
 
Kamu bisa memanfaatkan set dapur untuk menyimpan barang yang bisa diterapkan di dinding, jadi ruang untuk meja dan lainya tidak akan terganggu. Manfaatkan sebaik mungkin rak rak yang ada, dan usahakan membeli set dapur yang memiliki banyak rak untuk menaruh perabotan dapur.
 
Hal tersebut bisa menjadi solusi bagi kamu yang gemar mengoleksi peralatan-peralatan dapur namun bingung menyimpannya dimana karena ruang dapur yang tidak begitu luas. Manfaatkan dinding dapur kamu sebagai area yang bisa untuk menyimpan barang.
 
Nah sobat kecil, itulah sedikit ulasan dari saya mengenai set dapur minimalis, dan tentunya cocok untuk rumah yang bergaya minimalis juga. Semoga membantu dan bermanfaat sampai jumpa di artikel berikutnya.
Continue Reading

Trending