Image by Michal Jarmoluk from Pixabay
 
Bisnis online kini menjadi trend beberapa orang yang ingin mempunyai usaha sendiri atau sekedar sebagai usaha sampingan. Apa sih bisnis online itu? Menurut sebuah artikel di webhostmu menyebutkan bahwa bisnis apapun yang dijalankan lewat media internet bisa dikatakan sebagai bisnis online. Jadi misalnya kamu berjualan di sebuah website toko online berarti kamu sudah melakukan bisnis online. Namun, agaknya pengertian diatas terlalu luas, jadi kita perkecil definisinya sesuai macam-macam bisnis online yang kita bahas dibawah nanti.
 
Perkembangan bisnis online bergerak lurus dengan perkembangan dunia teknologi dan informasi. Salah satu perkembangan pada dunia informasi tersebut adalah, mudahnya seseorang untuk mengakses internet dan media sosial. Maka itulah yang menjadi pasar bisnis online. Sama halnya dengan bisnis offline yang sudah ada sejak dulu, bisnis online juga membutuhkan strategi dan mengerti akan persaingan bisnis serta pergerakan bisnis.
 
Strategi bisnis online sangat banyak beredar di internet, di E-book, seminar-seminar dan lain sebagainya. strategi bianis perlu diperhatikan bagi mereka yang ingin bisnis onilne mereka berkembang. Meski begitu, Strategi bukanlah unsur satu-satunya untuk kamu bisa sukses bisnis online. jika kamu berniat memilih melamar kerja online, ada baiknya baca artikel tentang tips memilih kerja online.
 
Masih ada banyak tips-tips lainnya yang membahas cara agar bisnis online kita bisa berkembang, atau setidaknya sudah memberikan pemasukan kepada kita. Sebelum membahas tentang tips sukses bisnis online, ada baiknya untuk mengerti dan memahami terlebih dahulu macam-macam dari bisnis onilne yang bisa kamu jalankan.
 

Macam-Macam Bisnis online

Bisnis online semakin bermacam-macam seiring dengan perkembangan internet. Hampir setiap sesutau yang ada di internet bisa dijadikan lahan bisnis online bagi kita. Kita hanya perlu memahami mana yang memberikan profit yang bagus untuk jangka panjang dan mana yang memberikan profit untuk jangka pendek. Jadi kita bisa memperhitungkan langkah bisnis kita di internet.
 
Adapun macam-macam bisnis online yang akan dibahas nantinya adalah meliputi media online yang paling sering digunakan oleh pengguna online agar pembahasan tidak terlalu melebar jadi mudah untuk dipahami. Berikut macam-macam bisnis online yang bisa kamu pilih sesuai dengan seleramu.

Website

Dulu kalau ngomongin soal website kita pasti akan mebayangkan tentang script-script yang begitu rumit sehingga website tersebut bisa diakses dan mempunyai tampilan yang menarik.namun sekarang kamu tak perlu memikirkan kerumitan tersebut, yang perlu kamu pikirkan adalah bagaimana agar website tersebut bisa berkembang. Karena sekarang sudah banyak sekali jasa pembuatan website dengan harga yang relatif, jida kita bisa fokus untuk mengelola pemasaran website tersebut.
 
Website masih menjadi yang teratas untuk soal bisnis online, apapun bisnisnya pasti membutuhkan sebuah website. Hal tersebut karena masih banyak sekali pengguna internet yang mencari informasi lewat google search. Sehingga potensi website sangatlah besar untuk dijadikan sebagai ladang bisnis atau tempat berbsinis kita.
 
Ditambah lagi sekarang sudah banyak sekali jasa pembuatan website sehingga memudahkan kita untuk mengembangkan bisnis kita di website tanpa harus memikirkan tampilan website, SEO dan kawan-kawannya. Ada banyak sekali jenis website yang bisa kita jadikan sebagai tempat bisnis kita, antara lain :
  • Website / blog pribadi. Mungkin banyak diantara kita yang berfikir kalau blog pribadi hanya dijadikan sebagai tempat curhat atau sekedar tempat untuk menaruh cerita menarik kita agar bisa bermanfaat bagi orang lain. Namun siapa sangka, ternyata website atau blog pribadi juga bisa dijadikan ladang bisnis online. Kita bisa memanfaatkan blog pribadi kita sebagai tempat untuk mempromosikan sesuatu. Namun hal tersebut bisa terjadi jika memang blog pribadi kita sudah mempunyai nama dan sudah mempunyai banyak visitor tetap.
  • Website informasi. Website informasi menjadi website yang banyak ditelusuri oleh pengguna di internet. Tentu saja, karena kebanyakan yang mereka cari di internet adalah sebuah informasi yang berguna bagi dia. Seperti ketika mereka mencari sebuah berita di mesin telusur, atau mencari informasi tutorial mengenai smartphone, mencari informasi tips and trick mengenai mengenai life style dan informasi berita lainnya.
  • Website toko online. Salah satu bisnis yang banyak digeluti adalah bisnis jual beli. Hal tersebut karena jual beli perputaran uangnya sangat cepat sehingga mampu meberikan profit yang stabil bagi kita. Nah, siapa sangak ternyata jual beli sekarang bisa dilakukan secara online. Hal tersebut, tentu membuat mereka yang sebelumya sudah mempunyai sebuah usaha toko, tentu akan tertarik untuk membuka tokonya dalam versi online dengan dibuatkan website toko online.
  • Atau jika dirasa mmasih terlalu ribet untuk membuat toko online sendiri, kita bisa memanfaatkan website toko online yang sudah ada sebagai tempat lapak online kita seperti, Bukalapak, Shopee, Tokopedia dan lain sebagainya. Website toko online dinilai lebih felksibel dan tidak terlalu ribet selain itu jangkauan toko kita juga bisa bertambah luas sehinggga potensi pembeli yang berdatangan juga lebih besar.
  • Website startup. Kalau yang satu ini kelihatan banget ya bisnisnya. Startup online menjadi fenomena yang sedang marak akhir-akhir ini. banyak sekali fresh graduate yang ingin mencoba keberuntungan dengan mebuat startup mereka dengan harapan bisa berkmebang seperti startup lainnya.

Facebook

Mungkin dulu kita bermain facebook hanya untuk menyimpan foto kita, pamer foto, atau sekedar update status dan terhubung dengan teman-teman kita secara online. Namun siapa sangak, kini facebook sudah menjadi ladang bisinis online. Sudah banyak yang sukses dengan bisnis mereka di facebook.
 
Ada banyak bagian dari facebook yang bisa kita manfaatkan sebagai tempat bisnis kita antara lain :
  • Berbisnis di facebook dengan memanfaatkan market place.
  • Berbisnis di facebook dengan memanfaatkan fanspage yang ramai pengunjung.
  • Memanfaatkan group yang ada di facebook sebagai tempat bisnis kita.

Youtube

Sudah berapa banyak kuota yang kamu habiskan untuk menonton youtube dalam sebulan? Adakah penghasilan yang kamu dapatkan dengan menonton video yang ada di youtube? Tentu tidak, karena yang kamu dapatkan hanyalah hiburan dan informasi. Content creatornya lah yang mendapatkan gaji karena banyaknya pengguna yang menonton video mereka. Mereka adalah Youtubers.
 
Semua pasti sudah tahu bahwa gaji seorang youtubers lebih besar daripada gaji umr daerah kita, atau bahkan lebih besar dari seorang PNS. Hal tersbut memang benar, namun tidak semua youtubers dapat menikmati gaji sebesar itu, hanya mereka yang memiliki kualitas content atau setidaknya video metreka ditonton oleh milyaran orang atau milyaran kali diputar di youtube.
 
Di indonesia ada banyak sekali youtubers yang mendapatkan gaji dari google dengan jumlah yang cukup fantastis. Coba saja cari dengan keyword youtubers indonesia dengan gaji selangit, pasti akan keluar orang-orang seperti atta halilintar, ria ricis, calon sarjana (what??) dan content cretaor lainnya.
 
Siapapun tentu bisa menjadi youtubers sukses, tinggal bagaimana kita membangun kualitas channel kita sehingga pengguna tertarik untuk menonton video-video yang kita upload. Dari situlah pundi-pundi uang dapat kita peroleh.
 
Ituah sedikit informasi dari saya mengenai macam-macam bisnis yang bisa kita coba. Semoga kalian yang sedang berusaha membangun bisnis onlinenya bisa sukses dann terus berkembang. Semoga artikel kali ini bermanfaat jangan lupa komen dan share sampai jumpa di artikel berikutnya.

3 thoughts on “Macam-Macam Bisnis Online : Website, Facebook, Youtube, Instagram”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *