Connect with us

Bisnis Online

Macam-Macam Bisnis Online : Website, Facebook, Youtube, Instagram

Avatar

Published

on

Image by Michal Jarmoluk from Pixabay
 
Bisnis online kini menjadi trend beberapa orang yang ingin mempunyai usaha sendiri atau sekedar sebagai usaha sampingan. Apa sih bisnis online itu? Menurut sebuah artikel di webhostmu menyebutkan bahwa bisnis apapun yang dijalankan lewat media internet bisa dikatakan sebagai bisnis online. Jadi misalnya kamu berjualan di sebuah website toko online berarti kamu sudah melakukan bisnis online. Namun, agaknya pengertian diatas terlalu luas, jadi kita perkecil definisinya sesuai macam-macam bisnis online yang kita bahas dibawah nanti.
 
Perkembangan bisnis online bergerak lurus dengan perkembangan dunia teknologi dan informasi. Salah satu perkembangan pada dunia informasi tersebut adalah, mudahnya seseorang untuk mengakses internet dan media sosial. Maka itulah yang menjadi pasar bisnis online. Sama halnya dengan bisnis offline yang sudah ada sejak dulu, bisnis online juga membutuhkan strategi dan mengerti akan persaingan bisnis serta pergerakan bisnis.
 
Strategi bisnis online sangat banyak beredar di internet, di E-book, seminar-seminar dan lain sebagainya. strategi bianis perlu diperhatikan bagi mereka yang ingin bisnis onilne mereka berkembang. Meski begitu, Strategi bukanlah unsur satu-satunya untuk kamu bisa sukses bisnis online. jika kamu berniat memilih melamar kerja online, ada baiknya baca artikel tentang tips memilih kerja online.
 
Masih ada banyak tips-tips lainnya yang membahas cara agar bisnis online kita bisa berkembang, atau setidaknya sudah memberikan pemasukan kepada kita. Sebelum membahas tentang tips sukses bisnis online, ada baiknya untuk mengerti dan memahami terlebih dahulu macam-macam dari bisnis onilne yang bisa kamu jalankan.
 

Macam-Macam Bisnis online

Bisnis online semakin bermacam-macam seiring dengan perkembangan internet. Hampir setiap sesutau yang ada di internet bisa dijadikan lahan bisnis online bagi kita. Kita hanya perlu memahami mana yang memberikan profit yang bagus untuk jangka panjang dan mana yang memberikan profit untuk jangka pendek. Jadi kita bisa memperhitungkan langkah bisnis kita di internet.
 
Adapun macam-macam bisnis online yang akan dibahas nantinya adalah meliputi media online yang paling sering digunakan oleh pengguna online agar pembahasan tidak terlalu melebar jadi mudah untuk dipahami. Berikut macam-macam bisnis online yang bisa kamu pilih sesuai dengan seleramu.

Website

Dulu kalau ngomongin soal website kita pasti akan mebayangkan tentang script-script yang begitu rumit sehingga website tersebut bisa diakses dan mempunyai tampilan yang menarik.namun sekarang kamu tak perlu memikirkan kerumitan tersebut, yang perlu kamu pikirkan adalah bagaimana agar website tersebut bisa berkembang. Karena sekarang sudah banyak sekali jasa pembuatan website dengan harga yang relatif, jida kita bisa fokus untuk mengelola pemasaran website tersebut.
 
Website masih menjadi yang teratas untuk soal bisnis online, apapun bisnisnya pasti membutuhkan sebuah website. Hal tersebut karena masih banyak sekali pengguna internet yang mencari informasi lewat google search. Sehingga potensi website sangatlah besar untuk dijadikan sebagai ladang bisnis atau tempat berbsinis kita.
 
Ditambah lagi sekarang sudah banyak sekali jasa pembuatan website sehingga memudahkan kita untuk mengembangkan bisnis kita di website tanpa harus memikirkan tampilan website, SEO dan kawan-kawannya. Ada banyak sekali jenis website yang bisa kita jadikan sebagai tempat bisnis kita, antara lain :
  • Website / blog pribadi. Mungkin banyak diantara kita yang berfikir kalau blog pribadi hanya dijadikan sebagai tempat curhat atau sekedar tempat untuk menaruh cerita menarik kita agar bisa bermanfaat bagi orang lain. Namun siapa sangka, ternyata website atau blog pribadi juga bisa dijadikan ladang bisnis online. Kita bisa memanfaatkan blog pribadi kita sebagai tempat untuk mempromosikan sesuatu. Namun hal tersebut bisa terjadi jika memang blog pribadi kita sudah mempunyai nama dan sudah mempunyai banyak visitor tetap.
  • Website informasi. Website informasi menjadi website yang banyak ditelusuri oleh pengguna di internet. Tentu saja, karena kebanyakan yang mereka cari di internet adalah sebuah informasi yang berguna bagi dia. Seperti ketika mereka mencari sebuah berita di mesin telusur, atau mencari informasi tutorial mengenai smartphone, mencari informasi tips and trick mengenai mengenai life style dan informasi berita lainnya.
  • Website toko online. Salah satu bisnis yang banyak digeluti adalah bisnis jual beli. Hal tersebut karena jual beli perputaran uangnya sangat cepat sehingga mampu meberikan profit yang stabil bagi kita. Nah, siapa sangak ternyata jual beli sekarang bisa dilakukan secara online. Hal tersebut, tentu membuat mereka yang sebelumya sudah mempunyai sebuah usaha toko, tentu akan tertarik untuk membuka tokonya dalam versi online dengan dibuatkan website toko online.
  • Atau jika dirasa mmasih terlalu ribet untuk membuat toko online sendiri, kita bisa memanfaatkan website toko online yang sudah ada sebagai tempat lapak online kita seperti, Bukalapak, Shopee, Tokopedia dan lain sebagainya. Website toko online dinilai lebih felksibel dan tidak terlalu ribet selain itu jangkauan toko kita juga bisa bertambah luas sehinggga potensi pembeli yang berdatangan juga lebih besar.
  • Website startup. Kalau yang satu ini kelihatan banget ya bisnisnya. Startup online menjadi fenomena yang sedang marak akhir-akhir ini. banyak sekali fresh graduate yang ingin mencoba keberuntungan dengan mebuat startup mereka dengan harapan bisa berkmebang seperti startup lainnya.

Facebook

Mungkin dulu kita bermain facebook hanya untuk menyimpan foto kita, pamer foto, atau sekedar update status dan terhubung dengan teman-teman kita secara online. Namun siapa sangak, kini facebook sudah menjadi ladang bisinis online. Sudah banyak yang sukses dengan bisnis mereka di facebook.
 
Ada banyak bagian dari facebook yang bisa kita manfaatkan sebagai tempat bisnis kita antara lain :
  • Berbisnis di facebook dengan memanfaatkan market place.
  • Berbisnis di facebook dengan memanfaatkan fanspage yang ramai pengunjung.
  • Memanfaatkan group yang ada di facebook sebagai tempat bisnis kita.

Youtube

Sudah berapa banyak kuota yang kamu habiskan untuk menonton youtube dalam sebulan? Adakah penghasilan yang kamu dapatkan dengan menonton video yang ada di youtube? Tentu tidak, karena yang kamu dapatkan hanyalah hiburan dan informasi. Content creatornya lah yang mendapatkan gaji karena banyaknya pengguna yang menonton video mereka. Mereka adalah Youtubers.
 
Semua pasti sudah tahu bahwa gaji seorang youtubers lebih besar daripada gaji umr daerah kita, atau bahkan lebih besar dari seorang PNS. Hal tersbut memang benar, namun tidak semua youtubers dapat menikmati gaji sebesar itu, hanya mereka yang memiliki kualitas content atau setidaknya video metreka ditonton oleh milyaran orang atau milyaran kali diputar di youtube.
 
Di indonesia ada banyak sekali youtubers yang mendapatkan gaji dari google dengan jumlah yang cukup fantastis. Coba saja cari dengan keyword youtubers indonesia dengan gaji selangit, pasti akan keluar orang-orang seperti atta halilintar, ria ricis, calon sarjana (what??) dan content cretaor lainnya.
 
Siapapun tentu bisa menjadi youtubers sukses, tinggal bagaimana kita membangun kualitas channel kita sehingga pengguna tertarik untuk menonton video-video yang kita upload. Dari situlah pundi-pundi uang dapat kita peroleh.
 
Ituah sedikit informasi dari saya mengenai macam-macam bisnis yang bisa kita coba. Semoga kalian yang sedang berusaha membangun bisnis onlinenya bisa sukses dann terus berkembang. Semoga artikel kali ini bermanfaat jangan lupa komen dan share sampai jumpa di artikel berikutnya.
Continue Reading
Advertisement
3 Comments

3 Comments

  1. Avatar

    rozaqi

    Desember 27, 2019 at 7:29 am

    Mantap juga bagi para noleper cocok

  2. Avatar

    Enal Blogger

    Desember 29, 2019 at 7:02 am

    Terimakasih info nya gan sangat bermanfaat

  3. Pingback: Tips Memilih Melamar Kerja Online Yang Aman dan Nyaman – albabbarrosa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bisnis Online

Tips Memilih Melamar Kerja Online Yang Aman dan Nyaman

Avatar

Published

on

Image by mhouge from Pixabay

albabbarrosa
– Di era yang semakin modern ini, semuanya dilakukan secara online. Contoh saja jual beli, sekarang jual beli tidak hanya dilakukan di pasar tradisional saja, atau di mall dan supermarket. Sekarang sudah marak toko toko online, baik berupa Website atau aplikasi Mobile. Perubahan dan perkembangan tersebut karena arus dari dunia modern yang mengusung mobilitas tanpa batas. Dan juga permintaan dari kebutuhan masyarakat.
 
Pendaftaran sekolah pun sekarang sudah melalui jalur online bukan. Mulai dari tingkat smp, sma apalagi dijenjang perkuliahan yang mengharuskan mahasiswanya melek inteletual dan teknologi informasi. Semua akan lebih mudah ketika kita online kan? Worth It kah?
 
Dampak dari mobilitas ini merambah ke sektor pekerjan. Jenis pekerjaan saat ini sudah ada yang secara online seperti; Frelancer, Bloger, Youtuber, broker, trading dan lainnya. Selain pekerjaan yang bersifat online, pekerjaan offline ada yang cara mendaftarnya lewat online. Kebanyakan adalah perusahaan besar yang ada di kota kota besar. baca juga macam-macam bisnis online.
 
Nah maka dari itu, bagi kamu yang sedang mencoba melamar kerja online, baik kerjanya yang secara online, atau hanya pendaftarannya saja yang secara online. Berikut Tips  Melamar Kerja Online, Ini Yang Harus Kamu Tahu  yang sudah dirangkum oleh albabbarrosa semoga bermanfaat disimak baik baik ya.

Tips Memilih Pekerjaan Online

Perhatikan Jenis Pekerjaannya

Perlu diingat sebagai pola pikir atau mindset kita bahwa pekerjaan yang bagus bukanlah yang memberikan kita gaji yang besar saja, melainkan pekerjaan yang membuat kita nyaman dan merasa tercukupi kebutuhan kita dengan gaji pekerjaan tersebut. Well, kalau masalah cukup tidak cukup itu urusan bagaimana kita bisa bersyukur dan mengatur pengeluaran uang untuk biaya perbulan atau perhari.
 
Mengingat perkembangan teknologi dan informasi berkembang begitu pesat, pekerjaan online pun sudah sangat banyak sekali macamnya. Sama seperti pekerjaan offline yang beragam, namun bedanya pekerjaan online dianggap lebih effisien, mudah diatur jam kerjanya dan tidak menghabiskan tenaga fisik. Selain itu, beberapa orang juga menganggap kalau perkerjaan online itu lebih inovatif dan mudah berkembang. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari sosial online atau dunia maya yang mudah diakses oleh siapapun.
 
Untuk itu kita harus pintar-pintar dalam emilih pekerjaan online. Berikut beberapa tips menurut saya :
  • Pastikan tidak mengganggu pekerjaan di dunia nyata. Jika kamu ingin mempunyai pekerjaan sampingan yang dikerjakan secara online, pastikan pekerjaan tersebut tidak mengganggu pekerjaan utamamu. Karena itu pekerjaan sampingan maka bisa kita kesampingkan dan utamakan pekerjaan utamamu.
  • Perhatikan Usaha dan Hasilnya. Banyak dari kita yang begitu jatuh hati dengan bisnis online, dan tanpa memikirkan dan mempertimbangkan bagaimana usaha dan hasilnya nanti.
  • Jika kamu memilih bisnis online tersebut sebagai pekerjaan utamamu.maka kamu harus menghitung berapa keuntungan yang kamu dapat dibagi dengan usaha yang kemu berikan. Jika usaha yang kamu lakukan bernilai lebih tinggi dengan untung yang kamu dapatkan, padahal dengan usaha seperti itu jika bekerja offline bisa menghasilkan untung yang lebih. Maka ada baiknya kamu tinggalkan bisnis tersebut. Kecuali jika bisnis onlinemu tersebut bisa berkembang atau mungkin kamu tidak punya pilihan lain.
Jangan sampai waktumu terbuang dengan Cuma-Cuma karena impian bisnis onlinemu yang tidak ada kepastian. Berani mencoba memang baik, tetapi lebih baik lagi jika kamu memperhitungkan apa yang akan kamu lakukan.

Perhatikan Jangka Panjang Jangka Pendek Pekerjaan Tersebut

Banyak yang memilih beralih mengambil pekerjaan online, selain karena waktu yang bisa di atur sendiri, juga karena hasilnya lebih besar dengan tenaga fisik yang lebih kecil. Meski begitu, bagi kamu yang berniat meninggalkan pekerjaan offlinemu dengan berbisnis online, maka kamu perlu memperhatikan jangka panjang dan jangka pendek pekerjaan tersebut.
 
Jika kamu yakin dan percaya (berdasarkan fakta dan perhitungan kamu) bisnis online bisa berlangsung lama dan cukup untuk memenuhi kebutuhan dan tabungan kamu, maka boleh-boleh saja kamu mengambil pekerjaan tersebut.
 
Meski begitu, ketika bisnis online kamu tersebut memang bisa berjalan lancar dalam jangka waktu yang lama. Kamu masih perlu mengambil antisipasi jikalau tiba-tiba bisnis online kamu berhenti. Kamu bisa mengantisipasinya dengan menabung hasil bisnismu dan mempersiapkan pekerjaan offline atau pekerjaan penggantinya sebelum bisnis onlinemu benar-benar berhenti.
 
Jika menurut pertimbanganmu bisnis online tersebut hanya bertahan dalam jangka waktu pendek, mungkin ada baiknya bagi kamu untuk tidak mengambil bsinis tersebut sebagai pekerjaan utama. Kamu masih bisa mencoba bisnis tersebut namun sebagai pekerjaan sampingan saja. Dengan begitu finansialmu tidak akan terganggu, dan kamu juga tidak merasa terbebani karena sudah memiliki pekerjaan utama. Kamu hanya perlu pandai-pandai mengatur pembagian waktu kerja, waktu istirahat, dan waktu untuk keluarga kamu.
 
Namun jika kamu masih bersi keras untuk mengambil bisnis tersebut sebagai pekerjaan utama meski dalam jangka waktu yang pendek. Setidaknya kamu sudah memiliki pandangan pekerjaan cadangan jikalau bisnis tersebut sudah benar-benar berhenti.

Tips Melamar Kerja Online

Perhatikan Keamanan Proses Pendaftaran

Ketika kamu hendak melamar sebuah pekerjaan menggunakan jalur onilne. Maka perlu kamu perhatikan keamanan pendaftaran tersebut. Kamu juga perlu untuk melakukan riset atau mencarai data-data tentang perusahaan atau lowongan kerja yang akan kamu daftar. Jangan sampai kamu tetipu dengan lowongan tersebut. Lebih-lebih kamu sudah mengirimkan berkas-berkas lamaran kerja. Karena takutnya, berkas lamaran tersebut akan disalahgunakan.
 
Jika kamu duharuskan untuk mengirim atau mentransfer beberapa uang sebagai bukti pendaftaran atau sebagai bentuk perekrutan anggota baru. Maka kamu perlu waspada, jangan-jangan hal tersebut merupakan penipuan yang berkedok.
Continue Reading

Trending