quote gus baha
albabbarrosa – Gus Baha’ yang merupakan santri favorit mbah maimun zubair lahir di Narukan, Kragan, Rembang Jawa tengah dengan nama asli Ahmad Bahauddin Nursalim putra seorang Ulama’ahli Quran KH. Nursalim al-hafizh. Keluarga beliau memang terkenal ahli Quran baik ayahnya sampai buyutnya.
 
Gus Baha’ sudah beljar Al-Quran sejak kecil dibawah bimbingan ayahnya, dan berhasil menghatamkan Al-Quran beserta Qiroahnya di usia yang terbilang belia. Memasuki usia remaja, Gus Baha’ mondok, nyantri, dan berkhidmat kepada Syaikhina KH. Maimoen Zubair di Pondok Pesantern al-Anwar Karangmangu Rembang.
 
Wawasan beliau yang begitu luas akan Al-Quran dan Tafsir membuatnnya dianggap sebagai ulama’ quran tafsir muda di Indonesia.  Bahkan Prof. Quraiys Syihab pernah berkata “sulit ditemukan orang yang sangat memahami dan hafal detail-detail Alquran hingga detail-detail fiqih yang tersirat dalam Alquran seperti Pak Baha’”.
 
Dalam setiap ceramahnya, seringkali Gus Baha’ memberikan quote-quote yang bikin adem pikiran, hal tersebut karena ketika ceramah gus Baha selalu menjunjung Norma-Norma yang berlaku dan lebih mengedepankan kedamaian ketimbang kekerasan baik dalam ucapan maupun tingkah laku.
Berikut Quote gus Baha’ yang saya rangkum dari Fanspage gus Baha’, semoga bermanfaat bagi kalian semua.
 

“sebesar apapun dosa seseorang, tidak ada yang berhak menghalangi rasa cinta hamba pada tuhannya, meski cara yang digunakan untuk menunjukkan rasa cinta itu terasa aneh di mata kita.”

“bersyukur itu perlu terus latihan. Jangan hanya rasa syukur hanya saat memiliki seuatu.”

“Jangan membenci orng yang sedang kafir saat ini, bisa saja suatu saat orang tersebutlah yang mensyafaati kamu. Tirulah Kanjeng Nabi Muhammad SAW yang berdoa kepada Allah SWT untuk Sayyidina Umar Bin Khatab yang saat itu sedang kafir.”

“Kita tidak boleh menghujat, bahkan membenci orang non-muslim alias kafir, atau bahkan pendosa. Siapa yang menyangka musuh islam  saat itu (Umar Bin Khatab dan Khalid Bin Walid) pada akhirnya menjadi ujung tombak umat Islam.”

“Hidup yang keren adalah hidup ang pola pikirnya menunggu waktu ibadah sambil melakukan kemanfaatan.”

“Kalau malaikat datang dan memberitahu saya bahwa kelak saya akan masuk neraka selamanya, apakah saya akan berhenti menyembah Tuhan? Tidak. Saya akan terus menyembah Tuhan.” 

“Mencintai itu tidak cukup dengan tidak melukai orang yang dicinta, tapi juga harus bersabar ketika dilukai orang yang dicinta.”

“Di akhirat, kenangan yang paling indah di dunia adalah, seberapa sering kita sujud kepada Allah SWT.”

“Sanad ilmu itu penting! Karena teks itu terbatas ruang dan waktu. Sekarang ini banyak aliran yang memahami hanya lewat teks. Ini bahaya, karena yang bisa menerjemahkan teks itu ahwal. Ahwal itu perilaku atau karatkter. Nah itulah Sanad. Makannya ada pepatah : Man ta’allama wabila syaikhin fasyaikhuhu syaithan. Barang siapa belajar tanpa guru, maka gurunya adalah syaithan.”

“Salah satu kebiasaan buruk manusia ialah suka membawa-bawa nama Allah untuk kepentingan dirinya, seolah-olah apa yang ada dipikirannya selalu sesuai dengan yang dikehendaki oleh Allah.”

“Padahal bisa saja Allah menjadikan orang ahli ibadah kecelakaan ( bermaksiat / Su’ul Khatimah). Tujuannya apa? Agar orang tidak bersandar pada amal. Hal itu menunjukkan, yang penting itu berlindung kepada Allah SWT”

Nah itulah beberapa Quote dari Gus Baha’ yang bikin adem pikiran.

2 thoughts on “Kumpulan Quote Gus Baha’ Bikin Adem Pikiran”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *