gadget untuk sekolah online

Gadget Sekolah Online – Sudah hampir 2 tahun negara kita terdampak pandemi, dan sudah 2 tahun pula adek-adek kita sekolah daring. Sekolah secara online tentu ada plus dan minusnya, hal tersebut karena kita masih dalam proses new normal.

Untuk menunjang aktivitas sekolah daring, orang tua dan sekolah perlu menyipakan gadget yang mumpuni untuk mensupport kegiatan belajar mengajar. Dengan begitu, kegiatan belajarnya dapat maksimal dan tidak membuang-buang kuota internet saja.

Baik orang tua maupun pihak sekolah perlu menyiapkan gadget untuk sekolah online. Gadget yang dimaksud tidak termasuk alat elektronik yang ada di sekolah, melainkan gadget untuk kelas daring. Berikut gadget yang harus disiapkan untuk sekolah online.

Berikut daftar gadget untuk keperluan sekolah online guru dan murid versi HMCTool.

Laptop / Komputer

Laptop maupun komputer sangat diperlukan oleh guru untuk menunjang kegiatan kelas online. Dengan laptop dan komputer guru bisa menyiapkan materi pembelajaran dan menyiapkan chanel untuk zoom meeting. Meski sebenarnya menggunakan smartphone sudah cukup, akan tetapi peforma dari laptop dan komputer tentunya lebih powerfull.

Dengan laptop ataupun komputer guru bisa membuat powerpoint yang menarik sebagai media pembelajaran. Semakin menarik maka siswa tidak akan bosan walaupun harus sekolah secara daring.

Keunggulan dengan menggunakan komputer adalah, layarnya yang besar dan luas. Dengan layar yang besar dan luas, guru bisa memperhatikan murid-muridnya dalam aplikasi zoom ataupun meeting. Dengan begitu guru bisa memantau proses belajar peserta didik dengan seksama.

Smartphone

baik guru ataupun siswa mereka harus mempunyai smartphone agar bisa mengikuti kelas online. Tidak mempunyai smartphone sama saja tidak megikuti pelajaran. Untuk itulah banyak orang tua yang bekerja keras demi membelikan smartphone agar anaknya bisa ikutan kelas online.

Baca Juga :  Daftar HP Oppo Dengan Kamera Lensa Telephoto

Siswa menggunakan smartphone agar bisa tehubung lewat aplikasi zoom ataupun google meet. Selain itu, guru biasanya memberikan tugas dengan mengirim file tugas ke group Whatsapp. Jadi, smartphone adalah hal yang paling wajib agar siswa bisa mengikuti pelajaran meski secara daring.

Modem / Akses Internet

Namanya juga sekolah online, tentu semua membutuhkan akses internet agar bisa saling terkoneksi. Salah satu gadget yang bisa digunakan sebagai sumber jaringan internet adalah modem. Modem merupakan semacam alat yang dapat membagikan akses internet ke smartphone ataupun laptop.

Dengan menggunakan modem, 5 orang murid dapat belajar bersama tanpa harus membeli kuota masing-masing, jadi keunggulan modem adalah lebih hemat biaya kuota internet.

Selain itu, manfaat yang didapat dari menggunakan modem adalah jaringan internet lebih cepat dan lebih stabil. Murid perlu jaringan yang cepat dan stabil agar tidak ketinggalan penjelasan dari guru secara daring. Jadi, orang tua juga harus memperhatikan, apakah internet yang digunakan untuk kels onlie lancar atau tidak.

Itulah daftar gadget untuk sekolah online, semoga semua pihak bisa memenuhi kebutuhan tersebut demi menunjang kegiatan belajar secara online.

Image by Karolina Grabowska from Pixabay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Daftar HP Oppo Dengan Kamera Lensa Telephoto

pada artikel yang sebelumnya tipsrom membahas daftar hp xiaomi dengan lensa telephoto.…

Daftar HP Xiaomi Dengan Lensa Thelephoto

TIPSROM – Kebanyakan HP android saat ini hadir dengan dual kamera, satu…