tips menulis artikel

albabbarrosa Selain tampilan blog yang menarik dan elegan, sebuah blog dikatakan besar atau sukses jika sudah memiliki banyak pengunjung tetap. Selain tampilan blog yang friendly, nilai sebuah konten juga menjadi pendorong visitor berdatangan. Mereka yang mencari informasi di google tentu akan memilih blog atau website dengan artikel yang penuh isi dan manfaat, dan dengan itu pula mereka akan betah berlama-lama di blog untuk membaca sampai habis atau membaca artikel lainnya.

Namun sayangnya, membuat sebuah artikel yang padat berisi penuh informasi cukup susah juga, apalagi bagi blogger yang hanya fokus dengan tampilannya saja dengan kemampuan menulisnya yang kurang mumpuni, bisa dikatakan menulis sampai 500 kata adalah hal yang mengagumkan bagi mereka, karena biasanya tulisannya hanya mencapai 500 kata.

Kalau saya sendiri sudah saya terapkan konsistensi menulis artikel harus 500 kata, dan tidak akan saya publish sebelum artikel tersebut mencapai total 500 kata. Bahkan kadang kalau lagi dalam mood moodnya saya bisa mencapai 800 kata dalam satu artikel, dan pernah beberapa kali mencapai 1000 kata. Sesuatu yang menjadi kepuasan sendiri bagi seorang blogger.

Sebenarnya tidak ada tips khusus sih dalam menulis sebuah artikel agar mencapai 800 kata, yang penting hanyalah ketekunan dan keinginan yang besar untuk menulis sebuah artikel yang padat beirisi. Namun beberapa orang tidak bisa seperti itu, meskipun sudah niat, dan sungguh sungguh untuk menulis artikel yang kaya informasi, tiba-tiba ditengah tengah pikiran jadi blank, bingung apa yang mau diketik. Dari situ saya berniat baik untuk memberikan tips agar membuat artikel yang kaya informasi dan minimal mencapai 500 kata itu tidak menjadi kesulitan lagi bagi blogger.

Pastikan Kamu Menguasai Niche Artikel

Setiap orang mempunyai hobi, kebiasaan, tingkat pengetahuan, Wawasan masing masing, untuk itu jika kamu ingin menulis sebuah artikel, maka tulislah sebuah artikel yang dimana kamu mempunyai pengetahuan yang luas tentang judul artikel atau niche artikel yang akan kamu tulis. Jika kamu seorang yang hobi membaca atau membahas tentang teknologi, tentu tidak akan sulit bagi kamu untuk menulis artikel tentang teknologi, karena kamu sudah mempunyai pengetahuan dan wawasan yang cukup.

Wawasan dan pengetahuan yang luas tentang artikel yang akan kamu tulis bisa kamu dapatkan dengan membaca terlebih dahulu artikel artikel yang berkaitan dengan judul atau isi artikel yang akan kamu tulis. Semakin banyak informasi yang kamu dapat, maka proses menulis akan menjadi lebih mudah karena otakmu (maaf kalau kasar) sudah mendapatkan refleksi terlebih dahulu.

Usahakan blog atau situsmu tidak membahas terlalu banyak niche, fokuslah kebeberapa niche yang kamu kuasai saja. Karena itu akan menjadi ciri khas dari blogmu, dan para pengunjung akan mengingat blog atau situsmu berdasarkan ciri khas tersebut.

Serius Dalam Menulis Artikel

Seperti yang sudah saya katakan diatas, hal yang paling utama adalah niatmu, keseriusanmu dalam menulis sebuah artikel. Jika kamu serius untuk menulis artikel dengan jumlah kata minimal 500 kata, maka sebelum artikelmu mencapai 500 kata pasti kamu tidak akn mengakhiri tulisanmu itu, apalagi untuk mempublikasikannya. Niat adalah kunci utama, sesungguhnya setiap perbuatan apapun itu bergantung pada niatnya.

Kalau sudah membahas yang namanya niat, ya tidak perlu panjang lebar lagi saya menjelaskan, cukup satu paragraph saja sudah maksimal, ehehe.

Buatlah Prolog atau Informasi Pengantar Minimal 150 Kata

Prolog biasanya terdapat pada naskah naskah drama sebagai pengantar, yang menceritakan terlebih dahulu baik berupa dialog ataupun kilas balik. Kalau dalam menulis sebuah karya tulis ilmiah ada yang namanya latar belakang masalah, bagian dari bab pertama yang membahas kenapa karya tersebut ditulis dan atas dasar apa penulis mengangkat tema tersebut.

Begituhalnya dalam menulis sebuah artikel bebas, jangan langsung masuk ke materi, berilah beberapa paragraph pengantar sebagai refleksi tentang isi yang akan kamu  tulis. Hal tersebut juga membantu pembaca lebih memahami konteks dari isi artikelmu, yang membuat pembaca tidak merasa bingung ketika membaca isi artikel.

Dan baiknya lagi pembaca akan merasa terhipnotis hingga tak sadar sudah mencapai akhir dari tulisanmu, karena tak jarang ada pembaca yang belum sampai akhir, alias baru sampai tengah artikel tapi sudah bosan untuk melanjutkan membaca.

Saya sendiri sudah menerapkan prinsip ini disetiap artikel yang saya tulis. Selain membantu pembaca agar memahami isi artikel, juga membantu saya dalam mencapai target minimal 500 kata. Jika prolog saja sudah mencapai 150 kata, maka untuk membahas isin artikel kita hanya butuh 350 kata saja, sukur kalau bisa lebih. dan itu jelas jelas sangat membantu.

Mungkin cukup 3 ini dulu, insya Allah akan saya tambahkan lagi di lain waktu, karena jari jemari saya sudah terasa cenut cenut heheh. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu, dan sangat diperbolehkan untuk menshare artikel ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya…

Featured Image Source : Image by nile from Pixabay

9 comments
  1. bagi yang suka nulis mungkin enteng aja kalo menuhin 500 kata mah, tapi yang kurang bisa menulis mungkin rada kesulitan. lumayan juga infonya buat nambah info gan,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Cara Membuat Menu Scroll Ke Samping Simpel di Blog

Cara Membuat Menu Scroll Ke Samping – albabbarrosa.com Halo sobat blogger semua,…

Bagaimana Artikel Berkualitas Itu dan Apa Manfaatnya

Jika kemarin saya sudah membahas tentang cara mendongkrak popularitas blog dengan Artikel…

Tips Memilih Judul Artikel Blog Agar mudah Terindeks Google

Image by Photo Mix from Pixabay   Dalam menulis sebuah artikel, selain…

Script Membuat Menu Melayang di Blog Simpel

Halo sobat blogger semua, kali ini albabbarrosa akan memberikan tutorial membuat menu…